28
Sat, May
42 New Articles

Top Stories

Grid List

SIMANTAB.COM, Tanah Jawa – Perseteruan antara masyarakat dengan manajemen afdeling I Kebun Bah Joga, pasca dugaan penganiayaan tiga orang terduga pencuri sawit, yang sempat memicu terjadinya aksi unjuk rasa akhirnya diselesaikan secara kekeluargaan.

 

Kapolsek Tanah Jawa, Kompol Sejahtera Sembiring dalam keterangannya mengamini perkara tersebut telah dituntaskan secara kekeluargaan oleh kedua belah pihak, yang diprakarsai personil Bhabinkamtibmas Polsek Tanah Jawa, Aiptu Boby W. “Benar telah didamaikan oleh anggota kita. Ini juga bagian dari program police serve problem solving,” kata Kapolsek.

Sembiring mengatakan, persoalan antara kedua belah pihak in, sejatinya berawal pada Rabu (26/05/2016) lalu, di afdeling 1 Kebun Bah Jambi, di Huta Bukit Bayu, Nagori Bah Joga.  Ketika itu, pihak pengamanan kebun mengamankan 3 orang terduga pencuri sawit, yang kemudian diserahkan ke Polsek Tanah Jawa.

“Waktu pengamanan itu, diduga terjadi penganiayaan terhadap terduga pencuri sawit tersebut. Warga protes, dan sempat memicu terjadinya aksi unjuk rasa ke kantor afdeling 1. Mereka menuntut asisten bertanggung jawab atas dugaan tindak pidana penganiayaan itu,” jelas Kapolsek.

Saat aksi unjuk rasa berlangsung, menurut Kapolsek, Aiptu Bobi W, yang kebetulan merupakan personil Bhabinkamtibmas untuk daerah tersebut melakukan pengamanan, dan memediasi warga, serta melakukan komunikasi dengan perkebunan untuk mencari solusi atas persoalan tersebut.

Nah, hari ini sudah dilakukan mediaasi antara masyarakat dengan pihak perkebunan. Pertemuan dilakukan di kantor Pangulu Nagori Bah Joga. Hasilnya; kedua belah pihak sepakat, perkara ini disudahi dengan cara kekeluargaan. Dan, masing-masing pihak berjanji untuk saling menahan diri,” jelas Sembiring, Sabtu (29/05/2016) siang tadi. (Jerry)

 

SIMANTAB.COM, Raya - Peredaran uang palsu menjelang bulan suci Ramadhan harus menjadi perhatian serius. Seperti yang terjadi di salah satu mini market Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. 

Salah satu karyawan mini market mengatakan, uang palsu ini sudah beredar selama tiga hari terhitung mulai dari tanggal 24-27 Mei, dengan nominal yang sama.

“Mulai tanggal 24 mei kemarin bang kami temukan uang palsu 50 ribuan, tadi (27/5), juga baru aja kami temukan,” ungkap Tuti.

Dia menduga, uang palsu pecahan 50 ribu itu beredar pada malam hari, dan petugas yang menjaga tidak terlalu memperhatikan pelanggan yang membawa uang palsu tersebut.

“Kami rasa malam hari uang ini dibawa bang. Dan karena rame itu, jadi gak kami perhatikan konsumen yang membawa uang palsu ini,” Katanya.

Dia berharap setelah di ketetahui oleh media hal serupa tidak terulang lagi di mini market tempat dia bekerja.

“Mudah-mudahan lah setelah dimasukkan ke media, besok-besok gak ada lagi uang palsu masuk kesini,” tutupnya. (Kevin Sinaga)

SIMANTAB.COM, Lubuk Pakam – ID (14), seorang siswi kelas II SMP di Kecamatan Sibirubiru menjadi korban kebiadapan sekelompok pemabuk. Bahkan, remaja putri yang satu ini berulangkali pingsan, ketika sekelompok pemuda yang mabuk menggilirnya di Desan Penen, Kecamatan Sibirubiru.

Korban diperkosa secara massal setelah dicekoki minuman keras (miras) hingga mabuk berat. Setelah pakaiannya dipreteli, korban digilir oleh pelaku hingga pingsan. Meski korban sudah tergeletak pingsan, para pelaku yang belum mendapat ‘jatah’ tetap menggilirnya. Informasi di Polres Deli Serdang, Jumat (27/05/2016), seperti dikutip dari Medan Satu.com menyebutkan, akibat aksi biadap sekelompok pemabuk itu, ID kini mengalami truma berat. Bahkan, tak jarang ia berteriak histeris, seolah tengah berhalusinasi.

Peristiwa memilukan ini terjadi pada Kamis malam (19/05/2016). Saat itu sekira pukul 20.00 WIB, dia berboncengan sepeda motor bersama temannya menuju tempat wisata pemandian air panas di Desa Penen. Saat sedang berendam di kolam air panas, korban dipanggil sekelompok pemuda yang menggelar pesta miras di salah satu gubuk di tempat wisata itu.

Karena ada satu pemuda yang dikenalnya, korban pun datang ke gubuk itu. Mereka lalu ngobrol dan bercanda. Lalu sekira pukul 22.30 WIB, seorang pelaku memaksa korban menenggak miras. Alasannya untuk menghangatkan badan. Korban menolak, tapi pemuda tersebut tetap memaksanya. Dibantu pelaku lainnya, korban berhasil dicekoki miras.

Setengah jam setelah miras itu masuk ke perutnya, korban pun merasa pusing dan tak bisa mengontrol dirinya. Saat itulah para pelaku beraksi. Mereka beramai-ramai menggerayangi korban, dan mempreteli pakaiannya satu per satu hingga tanpa sehelai benang. Mereka mencumbu korban beramai-ramai. Aksi para pemuda berandal itu sempat dipergoki warga dan langsung ditegur. Tapi ternyata aksi biadab itu tak berhenti

Di gubuk itu, pakaian korban kembali dipreteli, lalu kembali digerayangi. Satu per satu dari puluhan pemuda itu menggilirnya hingga korban pingsan. “Pas pertama, saya masih sadar, tapi gak bisa melawan, karena pusing kali kepala. Banyak kali pelakunya, ada puluhan kayaknya, tapi cuma satu orang yang saya kenal,” ujar korban kepada wartawan.

Puas memperkosa, korban ditinggalkan para pelaku terkapar di gubuk itu dalam kondisi telanjang. Dini hari sekira pukul 03.00 WIB, korban tersadar. Ia menangis sejadinya. Setelah mengenakan pakaiannya, ia berjalan kaki di kegelapan malam menuju rumah neneknya di Desa Penungkiren, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deliserdang.

Neneknya pun terkejut melihat korban datang malam-malam dengan kondisi tak karuan. Korban pun menceritakan peristiwa kelam yang baru saja dialaminya. Kejadian itu tak langsung dilaporkan ke polisi.(Sn-01)

 

SIMANTAB.COM, Jorlang Hataran – Pemerintah Kabupaten Simalungun akan kembali memberlakukan  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) 6 hari belajar efektif dalam sepekan di seluruh sekolah di Kabupaten Simalungun. Dinas Pendidikan merencanakan, mulai tahun ajaran baru nanti, kebijakan ini sudah berjalan.

Rencana ini, sekaligus menjadi moment akhir bagi kebijakan hari belajar efektif Senin – Jumat, yang berlaku selama ini di Kabupaten Simalungun. Hal ini ditegaskan Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Simalungun, Lurinim Purba, saat menghadiri pertemuan di Kecamatan Jorlan Hataran, baru-baru ini.

Lurinim, dalam kesempatan pertemuan itu mengatakan, selain akan memberlakukan enam hari belajar efektif, Dinas pendidikan juga berencana meniadakan tenaga pendidik berstatus honorer di sekolah-sekolah. Ini menyusul kebijakan pemerintah pusat, melakukan pertukaran tenaga pendidik. Yang mana, tenaga pendidik berstatus PNS yang selama ini diperbantukan di sekolah swasta, akan ditarik ke sekolah negeri.

 “Perlu diketahui, kendala yang paling utama yang kami alami selama ini adalah kurangnya koordinasi dan komuni kasi baik dari tingkat Dinas sampai kepada kepala sekolah,” tutur Lurinim.

Menanggapi rencana penghapusan tenaga pendidik honorer, Kasek SMPN 3 Kecamatan Dolok Panribuan R  Sitompul menyampaikan keberatannya. Kata dia, tenaga guru di sekolahnya sangat kurang. Hanya ada 3 guru berstatus PNS, sedangkan selebihnya adalah honorer. “Saya sebagai kepala sekolah memohon kepada Dewan dan juga Kadis agar memperhatikan keluhan ini agar sekolah tersebut dapat berkembang dan lebih maju lagi,” pinta R Sitompul.(Lud)

 

SIMANTAB.COM, Jakarta - Penyidik Subdit Jatanras Polda Metro Jaya, Jumat (27/5/2016) ini, menyerahkan Jessica Kumala Wongso tersangka kasus kematian Wayan Mirna, Salihin ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat setelah berkas perkara kasus tersebut dinyatakan lengkap atau P21.

Selain menyerahkan tersangka, penyidik juga melimpahkan 37 barang bukti dalam kasus tersebut ke Kejari Jakarta Pusat.

"Barang bukti terkait dengan kasus saudara Jessica ada 37 barang bukti yang akan kita serahkan ke Kejari Jakarta Pusat," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (27/5/2016) sebagaimana diwartakan tribunnews.com

Adapun barang bukti yang diserahkan tersebut meliputi:

1. Satu gelas yang berisi sisa cairan minuman Ice Vietnamese Coffee. 
2. Satu botol yang berisi sisa cairan minuman Ice Vietnamese Coffee. 
3. Satu buah tas perempuan merk Charles& Keith warna coklat. 
4. Pakain atas wanita warna coklat. 
5. Beberapa potong rambut.

6. Satu buah botol cairan Bioderma. 
7. Satu kotak obat sentraline sandoz 50 Mg berisi 3 lembar (30 tablet)
8. Satu botol merk 2 Tang yang berisi sisa obat cina
9. Tablet obat Razole 20 Mg 
10. Dua tablet obat Maxpharm 15 Mg

11. Tiga tablet obat Provelyn 75 Mg. 
12. Satu buah iPhone 5 warna putih berikut sim card 
13. Simcard optus nomor 04033711888
14. Tiga buah botol berisi cairan dibungkus kertas warna putih diikat pita warna merah, berlabel kertas motif kotak-kotak merah putih bertuliskan bath & body works dan tiga buah tas kertas belanja motif warna biru putih bertuliskan bath & body works, yang masing-masing tas kertas belanja berisi satu buah botol berisi cairan dibungkus kertas warna putih diikat pita warna merah, berlabel kertas motif kotak-kotak merah putih bath & body works.
15. Satu buah iPhone 6S warna rose gold berikut simcard.

16. Satu unit flashdisk Toshiba 32 GB warna abu-abu serial number: 1430ATA412CA rekaman CCTV dari restaurant Olivier west Mall Grand Indonesia. 
17. Satu unit mesin penggiling kopi.
18. Satu unit Jug Stainless untuk air panas. 
19. Satu unit teko lock and lock plastik untuk tempat susu.
20. Satu set meja kursi Table 54.

21. Dua kaleng contoh susu kental manis. 
22. Satu bungkus contoh kopi Robusta dalam kemasan pelastik hitam.
23. Satu buah contoh gelas yang di gunakan untuk penyajian ice Vietnam Coffee.
24. Satu buah contoh saucer atau piring kecil atau lepek. 
25. Dua buah contoh sedotan warna hitam.

26. Tiga lembar contoh kertas penyaring kopi.
27. Satu unit DVR (Decoder Video Record) merk telview model FD 161s serial number 474895448 warna hitam.
28. Satu unit kabel power DVR warna hitam. 
29. Satu unit hardisk eksternal merk WD my passport Ultra 500GB warna hitam 
30. Dua buah sampel celana panjang tersangka yang hilang

31. Satu bendel print out transaksi IVC.
32. Satu bendel print out WhatsApp Group Billy Blue.
33. Satu berkas laporan lengkap tentang Jessica yang dibuat oleh NSW Police Head quarter 1 Charles St.Paramatta NSW ada 15 Laporan 
34. Tujuh lembar surat keterangan dari kantor NSW Ambulance Australia berupa dokumen No.IB16/XX nla dengan lampirannya. 
35. Satu berkas print out percakapan Jessica mengancam Kristie Louise Carter dan percakapan lainnya.

36. Email dari Kristie Louise Carter kepada This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tentang email Jessica Kumala Wongso
37. Satu bendel kronologis dan surat email yang berisi pemberitahuan tentang pemberhentian Jessica dari NSW Ambulance.

Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta sebelumnya memastikan unsur pembunuhan berencana dalam berkas perkara Jessica terpenuhi.

Kepastian itu disampaikan setelah berkas perkara pembunuhan Mirna dinyatakan lengkap atau P 21.

Dalam kasus ini, Mirna tewas setelah minum es kopi vietnam di Kafe Olivier, Grand Indonesia, pada 6 Januari 2016.

Ketika itu, ia sedang bersama dengan dua temannya, Jessica dan Hani.

Hasil pemeriksaan laboratorium forensik menunjukkan, kopi yang diminum Mirna mengandung racun sianida.

Polisi kemudian menetapkan Jessica sebagai tersangka kasus pembunuhan itu pada Jumat (29/1/2016) malam dan menangkap Jessica keesokan harinya, Sabtu (30/1/2016) pagi. (SN-09)

 SIMANTAB.COM, Tanah Jawa – Bupati Simalungun, DR JR Saragih menyempatkan diri meninjau pelaksanaan Pelayanan Kesehatan dan Pelayanan Kependudukan yang dilakukan Pemkab Simalungun, di Kampung Melayu, Kecamatan Tanah Jawa, Jumat (27/05/2016).

Kunjungan Bupati ke lokasi pelaksanaan kegiatan sosial tersebut, terbilang di luar agenda. Sebelumnya, Bupati bersama keluarga sedang mengikuti upacara pemberkatan pernikahan keponakannya, di Aek Bottar, Kecamatan Hatonduhan. Usai menghadiri upacara pernikahan itu, Bupati Simalungun, didampingi sejumlah pejabatnya, termasuk Camat Tanah Jawa, Basaia Samosir langsung menuju lokasi.

    KUNJUNGAN BUPATI

Dalam kunjungan itu, Bupati disambut hangat oleh ratusan warga berkumpul di lokasi pelaksanaan pelayanan kesehatan, dan pelayanan administrasi kependudukan. Di tempat ini, Bupati pun menyempatkan diri berdialog dengan masyarkat, yang secara umum menilai kegiatan tersebut harus dilanjutkan, karena sangat memudahkan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun lantas memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan, dr Jan Maurisdo Purba untuk melakukan penanganan lanjut terhadap dua orang pasien remaja, yakni Arianto (14), dan Arpan (10). Kedua remaja ini, saat pemeriksaan dilakukan, diketahui menderita penyakit yang terbilang serius, hingga dirasa butuh penanganan yang lebih intensif.

Sementara itu, dr Jan Maurisdo, usai menerima arahan dari Bupati mengatakan, kedua pasien tersebut diperkirakan menderita gangguan pada saraf punggung. Keduanya, direncanakan akan dirawat di RS Efarina Etaham, di Berastagi. Hanya saja, keduanya akan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan awal di RSUD Rondahaim, Pamatang Raya. “Rencananya ke RS Efarina, Berastagi. Namun, akan dibawa ke RSUD Raya dulu,” jelas dr Koteng, panggilan akrab dr Jan Maurisdo. (Lud)

 

SIMANTAB.COM, Tanah Jawa – Perseteruan antara masyarakat dengan manajemen afdeling I Kebun Bah Joga, pasca dugaan penganiayaan tiga orang terduga pencuri sawit, yang sempat memicu terjadinya aksi unjuk rasa akhirnya diselesaikan secara kekeluargaan.

 

Kapolsek Tanah Jawa, Kompol Sejahtera Sembiring dalam keterangannya mengamini perkara tersebut telah dituntaskan secara kekeluargaan oleh kedua belah pihak, yang diprakarsai personil Bhabinkamtibmas Polsek Tanah Jawa, Aiptu Boby W. “Benar telah didamaikan oleh anggota kita. Ini juga bagian dari program police serve problem solving,” kata Kapolsek.

Sembiring mengatakan, persoalan antara kedua belah pihak in, sejatinya berawal pada Rabu (26/05/2016) lalu, di afdeling 1 Kebun Bah Jambi, di Huta Bukit Bayu, Nagori Bah Joga.  Ketika itu, pihak pengamanan kebun mengamankan 3 orang terduga pencuri sawit, yang kemudian diserahkan ke Polsek Tanah Jawa.

“Waktu pengamanan itu, diduga terjadi penganiayaan terhadap terduga pencuri sawit tersebut. Warga protes, dan sempat memicu terjadinya aksi unjuk rasa ke kantor afdeling 1. Mereka menuntut asisten bertanggung jawab atas dugaan tindak pidana penganiayaan itu,” jelas Kapolsek.

Saat aksi unjuk rasa berlangsung, menurut Kapolsek, Aiptu Bobi W, yang kebetulan merupakan personil Bhabinkamtibmas untuk daerah tersebut melakukan pengamanan, dan memediasi warga, serta melakukan komunikasi dengan perkebunan untuk mencari solusi atas persoalan tersebut.

Nah, hari ini sudah dilakukan mediaasi antara masyarakat dengan pihak perkebunan. Pertemuan dilakukan di kantor Pangulu Nagori Bah Joga. Hasilnya; kedua belah pihak sepakat, perkara ini disudahi dengan cara kekeluargaan. Dan, masing-masing pihak berjanji untuk saling menahan diri,” jelas Sembiring, Sabtu (29/05/2016) siang tadi. (Jerry)

 

SIMANTAB.COM, Raya - Peredaran uang palsu menjelang bulan suci Ramadhan harus menjadi perhatian serius. Seperti yang terjadi di salah satu mini market Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. 

Salah satu karyawan mini market mengatakan, uang palsu ini sudah beredar selama tiga hari terhitung mulai dari tanggal 24-27 Mei, dengan nominal yang sama.

“Mulai tanggal 24 mei kemarin bang kami temukan uang palsu 50 ribuan, tadi (27/5), juga baru aja kami temukan,” ungkap Tuti.

Dia menduga, uang palsu pecahan 50 ribu itu beredar pada malam hari, dan petugas yang menjaga tidak terlalu memperhatikan pelanggan yang membawa uang palsu tersebut.

“Kami rasa malam hari uang ini dibawa bang. Dan karena rame itu, jadi gak kami perhatikan konsumen yang membawa uang palsu ini,” Katanya.

Dia berharap setelah di ketetahui oleh media hal serupa tidak terulang lagi di mini market tempat dia bekerja.

“Mudah-mudahan lah setelah dimasukkan ke media, besok-besok gak ada lagi uang palsu masuk kesini,” tutupnya. (Kevin Sinaga)

SIMANTAB.COM, Jorlang Hataran – Pemerintah Kabupaten Simalungun akan kembali memberlakukan  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) 6 hari belajar efektif dalam sepekan di seluruh sekolah di Kabupaten Simalungun. Dinas Pendidikan merencanakan, mulai tahun ajaran baru nanti, kebijakan ini sudah berjalan.

Rencana ini, sekaligus menjadi moment akhir bagi kebijakan hari belajar efektif Senin – Jumat, yang berlaku selama ini di Kabupaten Simalungun. Hal ini ditegaskan Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Simalungun, Lurinim Purba, saat menghadiri pertemuan di Kecamatan Jorlan Hataran, baru-baru ini.

Lurinim, dalam kesempatan pertemuan itu mengatakan, selain akan memberlakukan enam hari belajar efektif, Dinas pendidikan juga berencana meniadakan tenaga pendidik berstatus honorer di sekolah-sekolah. Ini menyusul kebijakan pemerintah pusat, melakukan pertukaran tenaga pendidik. Yang mana, tenaga pendidik berstatus PNS yang selama ini diperbantukan di sekolah swasta, akan ditarik ke sekolah negeri.

 “Perlu diketahui, kendala yang paling utama yang kami alami selama ini adalah kurangnya koordinasi dan komuni kasi baik dari tingkat Dinas sampai kepada kepala sekolah,” tutur Lurinim.

Menanggapi rencana penghapusan tenaga pendidik honorer, Kasek SMPN 3 Kecamatan Dolok Panribuan R  Sitompul menyampaikan keberatannya. Kata dia, tenaga guru di sekolahnya sangat kurang. Hanya ada 3 guru berstatus PNS, sedangkan selebihnya adalah honorer. “Saya sebagai kepala sekolah memohon kepada Dewan dan juga Kadis agar memperhatikan keluhan ini agar sekolah tersebut dapat berkembang dan lebih maju lagi,” pinta R Sitompul.(Lud)

 

 SIMANTAB.COM, Tanah Jawa – Bupati Simalungun, DR JR Saragih menyempatkan diri meninjau pelaksanaan Pelayanan Kesehatan dan Pelayanan Kependudukan yang dilakukan Pemkab Simalungun, di Kampung Melayu, Kecamatan Tanah Jawa, Jumat (27/05/2016).

Kunjungan Bupati ke lokasi pelaksanaan kegiatan sosial tersebut, terbilang di luar agenda. Sebelumnya, Bupati bersama keluarga sedang mengikuti upacara pemberkatan pernikahan keponakannya, di Aek Bottar, Kecamatan Hatonduhan. Usai menghadiri upacara pernikahan itu, Bupati Simalungun, didampingi sejumlah pejabatnya, termasuk Camat Tanah Jawa, Basaia Samosir langsung menuju lokasi.

    KUNJUNGAN BUPATI

Dalam kunjungan itu, Bupati disambut hangat oleh ratusan warga berkumpul di lokasi pelaksanaan pelayanan kesehatan, dan pelayanan administrasi kependudukan. Di tempat ini, Bupati pun menyempatkan diri berdialog dengan masyarkat, yang secara umum menilai kegiatan tersebut harus dilanjutkan, karena sangat memudahkan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun lantas memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan, dr Jan Maurisdo Purba untuk melakukan penanganan lanjut terhadap dua orang pasien remaja, yakni Arianto (14), dan Arpan (10). Kedua remaja ini, saat pemeriksaan dilakukan, diketahui menderita penyakit yang terbilang serius, hingga dirasa butuh penanganan yang lebih intensif.

Sementara itu, dr Jan Maurisdo, usai menerima arahan dari Bupati mengatakan, kedua pasien tersebut diperkirakan menderita gangguan pada saraf punggung. Keduanya, direncanakan akan dirawat di RS Efarina Etaham, di Berastagi. Hanya saja, keduanya akan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan awal di RSUD Rondahaim, Pamatang Raya. “Rencananya ke RS Efarina, Berastagi. Namun, akan dibawa ke RSUD Raya dulu,” jelas dr Koteng, panggilan akrab dr Jan Maurisdo. (Lud)

 

SIMANTAB.COM, Siantar – Mobil Dinas Kesbangpol Simalungun terjaring razia saat melintas di Jalan Merdaka, Pematangsiantar. Sang supir tidak kena sanksi tilang, hanya terkena sanksi teguran oleh petugas Kepolisian Polres Siantar. 

Informasi dihimpun, pengendara tersebut langsung diminta oleh petugas Polres Siantar untuk mengganti plat kendaraan tersebut dengan plat merah. Selanjutnya, dengan cekatan sang supir langsung mengganti plat dengan plat yang semestinya.

Dalam akun facebook yang diunggah oleh Ando Maraja Paga dituliskannya “Terkena razia supir pegawai dinas yang satu ini terpaksa harus buru buru mengganti plat aslinya (merah) yang sebelumnya terpasang plat hitam saat terkena Ops Toba di Jalan Sudirman Pematangsiantar......ada ada saja!”.

Terlihat dalam akun tersebut mobil dinas warna biru tersebut sedang diganti platnya oleh sang supir. (Sn-07)

SIMANTAB.COM, Siantar – Isak tangi puluhan warga Jalan Nias Belakang, mengiringi penggusuran puluhan rumah yang dibangun di bantaran Sungai Toge, Kamis (26/5/2016). Hanya saja, isak tangis, bahkan teriakan histeris warga tak mampu menghentikan jalannya eksekusi.

Kakan Satpol PP Pematangsiantar, Julham Situmorang mengatakan, penggusuran terhadap puluhan rumah di bantaran kali, merupakan kebijakan dari pemerintah Kota Pematangsiantar, untuk mensterilkan bantaran sungai dari bangunan liar. " Ini perintah untuk sterilisasi. Sebelumnya, sudah disosialisasikan, dan sudah kami peringatkan secara tertulis lewat pemberitahuan,” jelas Julham.

Amatan wartawan di lokasi, kedatangan ratusan personil Satpol PP, yang dibantu prajurit TNI-AD, plus sejumlah alat berat sempat membuat warga heboh. Mereka tidak menduga, jika surat peringatan yang mereka terima beberapa waktu lalu, akan dieksekusi langsung pada hari ini. Mereka pun sempat melakukan perlawanan. Namun, hal tersebut tidak menghalangi eksekusi yang dikomandoi Satpol PP.

Setelah satu persatu rumah warga dirubuhkan dengan eskavtor, sejumlah warga yang menjadi  korban penggusuran terlihat mengumpulkan material bangunan bekas rumah mereka. Seperti seng, broti, bahkan beberapa batang besi.(Lud)

 

SIMANTAB.COM, Lubuk Pakam – ID (14), seorang siswi kelas II SMP di Kecamatan Sibirubiru menjadi korban kebiadapan sekelompok pemabuk. Bahkan, remaja putri yang satu ini berulangkali pingsan, ketika sekelompok pemuda yang mabuk menggilirnya di Desan Penen, Kecamatan Sibirubiru.

Korban diperkosa secara massal setelah dicekoki minuman keras (miras) hingga mabuk berat. Setelah pakaiannya dipreteli, korban digilir oleh pelaku hingga pingsan. Meski korban sudah tergeletak pingsan, para pelaku yang belum mendapat ‘jatah’ tetap menggilirnya. Informasi di Polres Deli Serdang, Jumat (27/05/2016), seperti dikutip dari Medan Satu.com menyebutkan, akibat aksi biadap sekelompok pemabuk itu, ID kini mengalami truma berat. Bahkan, tak jarang ia berteriak histeris, seolah tengah berhalusinasi.

Peristiwa memilukan ini terjadi pada Kamis malam (19/05/2016). Saat itu sekira pukul 20.00 WIB, dia berboncengan sepeda motor bersama temannya menuju tempat wisata pemandian air panas di Desa Penen. Saat sedang berendam di kolam air panas, korban dipanggil sekelompok pemuda yang menggelar pesta miras di salah satu gubuk di tempat wisata itu.

Karena ada satu pemuda yang dikenalnya, korban pun datang ke gubuk itu. Mereka lalu ngobrol dan bercanda. Lalu sekira pukul 22.30 WIB, seorang pelaku memaksa korban menenggak miras. Alasannya untuk menghangatkan badan. Korban menolak, tapi pemuda tersebut tetap memaksanya. Dibantu pelaku lainnya, korban berhasil dicekoki miras.

Setengah jam setelah miras itu masuk ke perutnya, korban pun merasa pusing dan tak bisa mengontrol dirinya. Saat itulah para pelaku beraksi. Mereka beramai-ramai menggerayangi korban, dan mempreteli pakaiannya satu per satu hingga tanpa sehelai benang. Mereka mencumbu korban beramai-ramai. Aksi para pemuda berandal itu sempat dipergoki warga dan langsung ditegur. Tapi ternyata aksi biadab itu tak berhenti

Di gubuk itu, pakaian korban kembali dipreteli, lalu kembali digerayangi. Satu per satu dari puluhan pemuda itu menggilirnya hingga korban pingsan. “Pas pertama, saya masih sadar, tapi gak bisa melawan, karena pusing kali kepala. Banyak kali pelakunya, ada puluhan kayaknya, tapi cuma satu orang yang saya kenal,” ujar korban kepada wartawan.

Puas memperkosa, korban ditinggalkan para pelaku terkapar di gubuk itu dalam kondisi telanjang. Dini hari sekira pukul 03.00 WIB, korban tersadar. Ia menangis sejadinya. Setelah mengenakan pakaiannya, ia berjalan kaki di kegelapan malam menuju rumah neneknya di Desa Penungkiren, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deliserdang.

Neneknya pun terkejut melihat korban datang malam-malam dengan kondisi tak karuan. Korban pun menceritakan peristiwa kelam yang baru saja dialaminya. Kejadian itu tak langsung dilaporkan ke polisi.(Sn-01)

 

SIMANTAB.COM, Medan – Seoarng Polisi wanita berpangkat Brigadir berinisial IV yang bertugas di Polresta Medan diamankan petugas Badan Narkotika Nasional Porvinsi (BNNP) Sumatera Utara, saat menggelar razia di karaoket Stroom, Gedung Selecta, Jalan Listrik, Kamis (26/05/2016).

 

"Benar, ada kami amankan. Sekarang, yang bersangkutan masih diperiksa,” kaa Kasi Brantas BNNP Sumut, AKBP Agus Halimuddin, seperti dikutip dari Tribun Medan, Jumat (27/5/2016) siang.

Menurut Agus, Brigadir IV diamankan, ketika pihaknya tengah berburu seorang bandar ekstasi kelas wahid di Kota Medan. Malam itu, kata Agus, pihaknya mendapat informasi, orang yang dicari tengah berada di Stroom. "Saat kami melakukan pengembangan, di tempat itu ada saudara IV. Tapi, tidak ada barang bukti dari tangannya,” jelas mantan Wakapolres Simalungun ini.

Lantas, apa hubungan antara Brigadir IV dengan gembong narkoba yang tengah diburuh BNNP itu, Agus Halimuddin mengatakan, sesuai informasi yang mereka terima, konon, kedua sejoli itu memang saling mengenal.  "(Informasinya), hubungannya mereka berteman. Tapi kalau intensnya gimana, saya tidak tahu," kata Agus. 

Hingga saat ini, sambung Agus, hasil tes urine Brigadir IV belum diketahui. Kemungkinan, sore nanti hasil urine Brigadir IV bisa diketahui. Informasi berkembang di lapangan menyebutkan, BNNP Sumut tengah memburu bandar berinisial N. Diduga kuat, N adalah pemasok ekstasi di Kota Medan.(Sn-03)

 

SIMANTAB.COM, Medan - Peradaban baru Bangsa Indonesia dimulai dari Desa. Untuk itu, dana desa yang dikucurkan dapat dikelola secara baik dan untuk kepentingan masyarakat desa, bukan untuk diselewengkan.

Demikian diungkapkan pimpinan KPK Saut Situmorang dalam sambutannya saat  membuka sosialisasi acara Sosialisasi Pencegahan Korupsi, Pengawalan Bersama Pengelolaan Keuangan Dana Desa, di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Kamis (26/5/2016).

“Dana desa ini jangan dianggap sederhana. Mari kita bangun Indonesia lagi dari awal sekali lagi. Kita mulai dari desa. Jangan main-main dengan dana desa ini. Jangan sampai diselewengkan,” pesan Saut seperti dilansir bataktoday.

Saut juga berpesan agar pembangunan desa dilakukan secara gotong-royong dan bersama-sama. Dalam tatanan kehidupan di desa, terdapat satu nilai yang tidak bisa diukur besarnya, yakni nilai kekerabatan, gotong-royong dan musyawarah membicarakan program secara bersama. Masyarakat desa juga diminta untuk melakukan berbagai inovasi untuk membangun desa.

“KPK saat ini sedang merancang suatu program agar dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat sampai kepada hal yang sekecil-kecilnya. Dengan demikian pembangunan dan pengelolaan dana desa dengan baik dan pembangunan yang berkelanjutan akan bisa terlaksana demi kepentingan masyarakat khususnya warga desa,” katanya.

Sementara Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi mengimbau aparatur pemerintah desa menggunakan dana desa untuk kegiatan padat karya, bukan menjadi ajang korupsi untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.  Imbauan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi dalam acara Sosialisasi Pencegahan Korupsi, Pengawalan Bersama Pengelolaan Keuangan Dana Desa di Aula Martabe, Kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Kamis (26/5/2016).

Gubenur Sumut Tengku Erry Nuradi menyerahkan cinderamata kepada para peserta dalam acara Sosialisasi Pencegahan Korupsi Pengawalan Bersama Pengelolaan Keuangan Dana Desa di Aula Martabe, Kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Kamis (26/5/2016). (bataktoday/afr)

Gubenur Sumut Tengku Erry Nuradi menyerahkan cinderamata kepada para peserta dalam acara Sosialisasi Pencegahan Korupsi Pengawalan Bersama Pengelolaan Keuangan Dana Desa di Aula Martabe, Kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Kamis (26/5/2016).

Erry menegaskan, sumber daya manusia masyarakat desa harus memiliki kapabilitas dalam pengelolaan dana desa. Dengan demikian, dana desa dapat digunakan tepat sasaran, baik jumlah, waktu penggunaan, ekonomis, serta digunakan untuk sektor produktif dan padat karya.

“Pengalokasian dana desa cukup besar, meningkat setiap tahun. Dana desa juga untuk merubah paradigma dari Membangun Desa menjadi Desa Membangun. Oleh karenanya, desa juga harus terdorong untuk menggali, menemukan dan mengembangakan potensi desa dalam membangun dan meningkatkan ekonomi masyarakat desa demi peningkatan kesejahteraan,” paparnya.

Menurut Gubernur Erry, pengelolaan keuangan desa kerap menjadi persoalan akibat pelaksanaan tidak mengacu pada pedoman atau peraturan perundang-undangan, tidak sesuai dengan dokumen perencanaan desa yaitu RPJM Desa dan Rencana Kerja Pembangunan Desa. Tidak jarang penyusunan dan pelaksanaa program tanpa melalui musyawarah desa. Akibatnya, tidak sesuai rencana anggaran biaya.

“Pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa dapat terlebih dahulu menyusun perencanaan, kemudian melaksanakan, mempertanggungjawabkan, serta melaporkan kegiatan yang dilaksanakan di desa secara tertib kepada masyarakat dan jajaran pemerintah diatasnya,  sehingga terhindar dari penyimpangan,” pesan Erry.

Dengan tegas dingatkannya, pengelolaan dana desa mendapat pengawasan ketat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berkerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan stakeholder terkait, guna mengantisipasi penyalahgunaan dana desa oleh pihak tidak bertanggungjawab.

“Gunakan dana desa untuk program bermanfaat, jangan asalan saja. Dana desa harus dimanfaatkan seoptimalkan mungkin, sehingga desa sebagai entitas lokal dapat bertenaga secara sosial, berdaulat secara politik, berdaya secara ekonomi, dan bermartabat secara budaya,” harap Erry.

Turut hadir pada acara sosialisasi, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumut, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III BPKP Iskandar Novianto, Direktur Usaha Ekonomi Desa Kementerian Desa Tertinggal Sugeng, perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ida, Kepala BPKP Sumut Mulyana, Sekdaprov Sumut Hasban Ritonga, dan pimpinan SKPD Pemprov Sumut. (SN-09)

SIMANTAB.COM, Sibolga Diusianya yang masih sangat belia, R br Silalahi (4), sama sekali tidak mendapatkan kasih sayang sebagai mana mestinya. Alih-alih menjadi kesayangan keluarga, balita yang beralamat di Jalan Kopral Galung, Kecamatan Sibolga Selatan ini malah menjadi korban kekerasan yang dilakukan ibu, dan kakak tirinya.

Dikutip dari Suara Tapanuli, R br S mengalami sejumlah luka dan lebam di tubuhnya. Ia juga menderia pembengkakan di bawah kelopak matanya.  Selain itu, di punggung bocah ini juga ditemukan luka lebam, dan bekas luka yang telah mengering. Temuan ini juga dikuatkan oleh hasil pemeriksaan tim medis RSUD DR FL Tobing yang melakukan tindakan visum terhadap bocah ini.

Terungkapnya kasus penganiayaan ini, bermula setelah R br S didapati keluarganya tengah meringis kesakitan di belakang rumahnya. Kondisi tersebut kemudian dilaporkan para jiran tetangga kepada Kepling Setempat, Zendrato, yang kemudian meneruskan temuan tersebut ke kantor Polisi.

 “Adek ini (R br S) ngaku sering dipukuli abang dan ibu tirinya,” jelas Yusri Lubis, seorang tetangga korban yang ikut mendampingi ke Polres Sibolga.

Kata Yusri, penganiayaan itu dilakukan para pelaku sewaktu ayah korban pergi melaut selama berbulan-bulan lamanya. “Dua hari lalu anak ini juga mengadu kepada saya, bahwa punggung dan kepala pening setelah disepak abangnya,” kata dia.

Yusri bilang,  korban sendiri diketahui memang tinggal bersama ibu dan abang tirinya tersebut setelah ayah kandung korban menikah lagi. “Ibu kandung korban tidak diketahui keberadaannya hingga kini setelah mereka berpisah,” jelas Yusri. Untuk kasus ini, Kapolsek Sibolga, AKBP Didi Wahyudi memastikan, jika terbukti bersalah, ibu dan abang tiri korban akan dijerat dengan pasar berlapis.(Sn-03)

 

SIMANTAB.COM – Polda Sumatera Utara berhasil mengagalkan bawang merah selundupan asal India. Bawang tersebut diangkut dengan menggunakan tiga truk Cold Diesel dan para pengemudi sudah diamankan oleh pihak kepolisian. 

Penangkapan berawal saat pihak Subdit I/Industri dan Perdagangan (Indag) Direktorat Reskrimsus Poldasu mendapatkan informasi bahwa ada penyelundupan bawang merah tanpa dokumen di Jalan Arteri (depan SPBU) Kelurahan Sirantau Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai, Rabu (25/5/2016) malam pukul sekitar pukul 22.00 WIB.

Setiap karungnya bawang ilegal tersebut seberat 9 kilogram diangkut dengan menggunakan Cold Diesel BK 9811 VP dikemudikan TS dan AM, BK 9480 YE dikemudikan K dan TB serta BK 8126 XV dikendarai AS dan MY dan setiap truknya berisi 800 karung.

Wadir Reskrimsus Polda Sumut AKBP Maruli Siahaan didampingi Kasubdit I/Indag AKBP Ichwan Lubis SH mengatakan, hasil pemeriksaan bawang import itu diduga milik HB yang masuk melalui perairan/pelabuhan tikus Teluk Nibung Tanjung Balai. "Bawang ini diangkut dari gudang/tangkahan di Jalan PT Timur Jaya Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai tujuan Kota Medan," kata Maruli seperti yang dilansir www.tribun_medan.com. (Sn-07)

SIMANTAB.COM, Pakpak Barat – Proyek perbaikan jalan di Desa Mungkur, Kabupaten Pakpak Barat, masih menjadi pertanyaan dari mana sumber dana pekerjaan proyek tersebut. Pasalnya, di lokasi pekerjaan dan juga dari keterangan pekerja, tidak diketahui sumber dana pekerjaan tersebut berasal. 

Pantauan awak media di lokasi pekerjaan, Rabu (25/05/2016) truk pengangkut matrial terlihat hilir mudik mengangkut matrial proyek berupa batu. Diduga batu tersebut bukan berasal dari Kabupaten Pakpak Barat melainkan dari Kabupaten Dairi. Proyek perbaikan jalan tersebut, sampai saat ini belum ada dipasang plank pemberitahuan asal muasal dana perbaikannya. Dan menurut salah seorang pekerja, ia sendiri tidak mengetahui dari mana sumber anggaran pekerjaan tersebut. "Kami hanya pekerja dan tidak mengerti dari mana sumber dana kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara salah seorang warga, A Padang juga mengaku tidak mengetahui hal tersebut. Ia sendiri merasa bingung mengenai status jalan di daerah tersebut. “Sumber anggarannya mungkin dari Provinsi atau dari Kementerian, saya juga kurang tahu,” ungkapnya. (Cbm)

SIMANTAB.COM, Jakarta - Penyidik Subdit Jatanras Polda Metro Jaya, Jumat (27/5/2016) ini, menyerahkan Jessica Kumala Wongso tersangka kasus kematian Wayan Mirna, Salihin ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat setelah berkas perkara kasus tersebut dinyatakan lengkap atau P21.

Selain menyerahkan tersangka, penyidik juga melimpahkan 37 barang bukti dalam kasus tersebut ke Kejari Jakarta Pusat.

"Barang bukti terkait dengan kasus saudara Jessica ada 37 barang bukti yang akan kita serahkan ke Kejari Jakarta Pusat," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (27/5/2016) sebagaimana diwartakan tribunnews.com

Adapun barang bukti yang diserahkan tersebut meliputi:

1. Satu gelas yang berisi sisa cairan minuman Ice Vietnamese Coffee. 
2. Satu botol yang berisi sisa cairan minuman Ice Vietnamese Coffee. 
3. Satu buah tas perempuan merk Charles& Keith warna coklat. 
4. Pakain atas wanita warna coklat. 
5. Beberapa potong rambut.

6. Satu buah botol cairan Bioderma. 
7. Satu kotak obat sentraline sandoz 50 Mg berisi 3 lembar (30 tablet)
8. Satu botol merk 2 Tang yang berisi sisa obat cina
9. Tablet obat Razole 20 Mg 
10. Dua tablet obat Maxpharm 15 Mg

11. Tiga tablet obat Provelyn 75 Mg. 
12. Satu buah iPhone 5 warna putih berikut sim card 
13. Simcard optus nomor 04033711888
14. Tiga buah botol berisi cairan dibungkus kertas warna putih diikat pita warna merah, berlabel kertas motif kotak-kotak merah putih bertuliskan bath & body works dan tiga buah tas kertas belanja motif warna biru putih bertuliskan bath & body works, yang masing-masing tas kertas belanja berisi satu buah botol berisi cairan dibungkus kertas warna putih diikat pita warna merah, berlabel kertas motif kotak-kotak merah putih bath & body works.
15. Satu buah iPhone 6S warna rose gold berikut simcard.

16. Satu unit flashdisk Toshiba 32 GB warna abu-abu serial number: 1430ATA412CA rekaman CCTV dari restaurant Olivier west Mall Grand Indonesia. 
17. Satu unit mesin penggiling kopi.
18. Satu unit Jug Stainless untuk air panas. 
19. Satu unit teko lock and lock plastik untuk tempat susu.
20. Satu set meja kursi Table 54.

21. Dua kaleng contoh susu kental manis. 
22. Satu bungkus contoh kopi Robusta dalam kemasan pelastik hitam.
23. Satu buah contoh gelas yang di gunakan untuk penyajian ice Vietnam Coffee.
24. Satu buah contoh saucer atau piring kecil atau lepek. 
25. Dua buah contoh sedotan warna hitam.

26. Tiga lembar contoh kertas penyaring kopi.
27. Satu unit DVR (Decoder Video Record) merk telview model FD 161s serial number 474895448 warna hitam.
28. Satu unit kabel power DVR warna hitam. 
29. Satu unit hardisk eksternal merk WD my passport Ultra 500GB warna hitam 
30. Dua buah sampel celana panjang tersangka yang hilang

31. Satu bendel print out transaksi IVC.
32. Satu bendel print out WhatsApp Group Billy Blue.
33. Satu berkas laporan lengkap tentang Jessica yang dibuat oleh NSW Police Head quarter 1 Charles St.Paramatta NSW ada 15 Laporan 
34. Tujuh lembar surat keterangan dari kantor NSW Ambulance Australia berupa dokumen No.IB16/XX nla dengan lampirannya. 
35. Satu berkas print out percakapan Jessica mengancam Kristie Louise Carter dan percakapan lainnya.

36. Email dari Kristie Louise Carter kepada This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tentang email Jessica Kumala Wongso
37. Satu bendel kronologis dan surat email yang berisi pemberitahuan tentang pemberhentian Jessica dari NSW Ambulance.

Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta sebelumnya memastikan unsur pembunuhan berencana dalam berkas perkara Jessica terpenuhi.

Kepastian itu disampaikan setelah berkas perkara pembunuhan Mirna dinyatakan lengkap atau P 21.

Dalam kasus ini, Mirna tewas setelah minum es kopi vietnam di Kafe Olivier, Grand Indonesia, pada 6 Januari 2016.

Ketika itu, ia sedang bersama dengan dua temannya, Jessica dan Hani.

Hasil pemeriksaan laboratorium forensik menunjukkan, kopi yang diminum Mirna mengandung racun sianida.

Polisi kemudian menetapkan Jessica sebagai tersangka kasus pembunuhan itu pada Jumat (29/1/2016) malam dan menangkap Jessica keesokan harinya, Sabtu (30/1/2016) pagi. (SN-09)

 

SIMANTAB.COM, Jakarta - Kembali tertangkapnya hakim karena kasus korupsi, semakin memperburuk citra lembaga peradilan.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengaku menyayangkan hal tersebut.

"Ya tentu menyedihkan memang kalau benteng hukum itu jebol juga," ujar Wakil Presiden, kepada wartawan di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2016) seperti dilansir tribunnews.com

Ia mendorong agar reformasi lembaga peradilan, termasuk Mahkamah Agung, untuk terus melaksanakan agenda reformasi lembaga peradilan, sehingga bisa semakin transparan.

Upaya perbaikkan lembaga peradilan menurutnya juga harus didukung oleh masyarakat.

Karena harus diakui juga, salah satu faktor penyebab masih berlangsungnya praktik korupsi di pengadilan adalah masyarakat.

"Yang bikin kan masyarakat jugakan, yang ingin cepat dan dikurangi dia punya hukuman," ujarnya.

Masyarakat juga harus membantu dengan ikut mengawasi lembaga peradilan, agar transparansinya bisa terus ditingkatkan.

Dengan demikian, segala praktik koruptif bisa diantsipasi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan pada Senin lalu (23/5).

Petugas KPK mengamankan dua hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bengkulu, Janner Purba dan Toton, serta Panitera Pengadilan Negeri Bengkulu, Badaruddin Amsori Bachsin alias Billy.

Kini ketiganya sudah ditetapkan sebagai tersangka.(SN-08)

SIMANTAB.COM - Normalnya, anak laki-laki berusia 10 tahun memiliki berat badan sekitar 30 kg. Namun, bobot  Aria Permana (10) mencapai 140 kg. Buah cinta pasangan Ade Somantri (42), dan Rokayah (37) itu sulit bergerak. Sang juara kelas itu kini sudah tidak sekolah karena kesulitan berjalan.

Bagaimana tanggapan dokter anak atas kasus yang menimpa Aria? Dokter spesialis anak National Hospital Surabaya dr Achmad Yuniari Heryana SpA menganjurkan Aria dibawa ke dokter anak konsultan gizi dan penyakit metabolis atau ahli endokrin. 

Hal itu ditujukan untuk mencari penyebabnya. ’’Sebabnya itu bisa jadi kelainan genetis, hormonal, atau kondisi sebelumnya,’’ kata dokter Achmad, sebagaimana dikutip dari JPNN.

Dengan kondisi Aria yang mudah lelah, Boy menduga ada masalah pada jantungnya. Bisa jadi sudah pada tahap gagal jantung. Selain masalah jantung, menurut dia, obesitas berisiko menimbulkan penyakit lain. ’’Bisa diabetes melitus tipe dua, hipertensi, batu empedu, dan hiperkolesterolemia,’’ tambahnya.

Dokter Irma Lestari Paramastuty SpA Mbiomed juga mendukung pernyataan Boy. Pola hidup yang buruk, menurut dia, bisa menjadi penyebabnya. Asupan lebih banyak daripada pengeluaran kalori. ’’Sering nonton televisi atau main game, lalu makannya banyak. Akhirnya gendut,’’ ujarnya.

Untuk membantu mengurangi berat badan Aria, Irma menyarankan untuk mengubah gaya hidup. Anak bisa melakukan diet. Namun, diet pada anak harus disertai konsultasi ahli gizi. Sebab, diet anak berbeda dengan diet orang dewasa

’’Ingat, anak masih tumbuh,’’ tutur dokter yang berpraktik di RSK St Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya itu. Keluarga pun harus mendukung. Caranya, memberikan contoh hidup sehat.

Aria yang hanya bisa beraktivitas di tempat tidur pun tetap harus melakukan gerakan. Adanya bantuan fisioterapi akan jauh lebih baik. Gerakan bisa membantu tubuh Aria melakukan pembakaran. Diharapkan, bobot Aria bisa turun. Setelah bisa meninggalkan tempat tidur, Aria disarankan untuk melakukan olahraga ringan.  Kegemukan bisa juga terjadi karena faktor keturunan. Nah, Irma memberikan tip bagi keluarga yang mempunyai potensi keturunan gemuk, yakni pemberian air susu ibu (ASI).(SN-04)

 

SIMANTAB.COM - Para peminat kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih punya waktu untuk mempersiapkan diri. Pemerintah menyatakan akan membuka penerimaan CPNS pada Agustus mmendatang.

Proses pendaftaran akan didahului penetapan kuota masing-masing instans, baik pusat maupun daerah. Penetapan kuota ini sendiri, direncanakan telah tuntas hingga akhir Juli mendatang. Sementara, pelaksaan tes akan digelar sekitar September-Oktober 2016, dengan sistem computer assisted test (CAT).

Persaingan juga dipastikan ketat. Pasalnya, rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) merekrut 151.042 CPNS yang akan mengisi 108 jenis jabatan, tidak mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan.

MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi menyebut, kemenkeu hanya menyetujui perekrutan sebanyak 81 ribuan CPNS.  "Awalnya kami ajukan kebutuhan formasi 150 ribuan. Namun, yang sudah disetujui Kementerian Keuangan dan telah disiapkan anggarannya hanya 81 ribu," ujar Yuddy Chrisnand, sebagaimana dikutip dari JPNN.

Kata Yudhi, dari 81 ribuan kursi yang diperbutkan itu, mayoritas sudah diplot untuk lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan yang diurus kemenkes, guru GTT yang berada dalam nauangan kemendikbud., dan aparat penegak hukum. 

"Yang prioritas tahun ini lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan, pendidik, dan penegak hukum," ujarnya. Sementara, untuk jalur pelamar umum hanya tersedia maksimal 15 ribu orang. Nah, untuk jalur umum ini pun, sebagian bakal diperuntukan bagi lulusan cumlaude dari PTN berakreditasi A.

"Seluruh pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT). Tidak ada ?yang tanpa tes," ujar Yuddy. ?Dia mengakui, penerimaan CPNS tahun ini sangat ketat karena jumlah yang diterima sedikit. Yakni hanya untuk mengisi pos-pos jabatan yang sangat dibutuhkan.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja pernah menyampaikan, tahun ini hampir 600 instansi pusat dan daerah mengajukan kebutuhan pegawai baru. Hanya saja, dari usulan kebutuhan yang diajukan lewat e-formasi, setengahnya tidak memenuhi syarat.

"Kami terpaksa menolak usulan tambahan formasi yang disampaikan instansi pusat dan daerah. Sebab, 50? persen usulannya bukan menempati jabatan prioritas (108 jabatan yang sudah ditetapkan, red)" kata Setiawan Wangsaatmadja.

Dia mengaku heran melihat usulan tambahan formasi yang diajukan didominasi tenaga administrasi. Padahal, KemenPAN-RB sudah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah terkait pengadaan CPNS 2016. (SN-03)

 

SIMANTAB.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo  telah menandatangani peraturan pemerintah pengganti undang-undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang perrubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 

Perppu ini memperberat sanksi bagi pelaku kejahatan seksual, yakni hukuman mati, penjara seumur hidup, maksimal 20 tahun penjara dan minimal 10 tahun penjara. 

Perppu juga mengatur tiga sanksi tambahan, yakni kebiri kimiawi, pengumuman identitas ke publik, serta pemasangan alat deteksi elektronik. 

Perppu ini mengubah dua pasal dari UU sebelumnya yakni pasal 81 dan 82, serta menambah satu pasal 81A. Berikut ini isi dari Perppu Nomor 1 Tahun 2016:

1. Ketentuan Pasal 81 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 81

(1) Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah). 

(catatan: Pasal 76D dalam UU 23/2004 berbunyi "Setiap Orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan memaksa Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.")

(2) Ketentuan pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku pula bagi setiap Orang yang dengan sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.

(3) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh orang tua, wali, orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga, pengasuh anak, pendidik, tenaga kependidikan, aparat yang menangani perlindungan anak, atau dilakukan oleh lebih dari satu orang secara bersama-sama, pidananya ditambah 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

(4) Selain terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (3), penambahan 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana juga dikenakan kepada pelaku yang pernah dipidana karena melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D.

(5) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D menimbulkan korban lebih dari 1 (satu) orang, mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggu atau hilangnya fungsi reproduksi, dan/atau korban meninggal dunia, pelaku dipidana mati, seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 10 (sepuluh) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun.

(6) Selain dikenai pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5), pelaku dapat dikenai pidana tambahan berupa pengumuman identitas pelaku.

(7) Terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dan ayat (5) dapat dikenai tindakan berupa kebiri kimia dan pemasangan cip.

(8) Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (7) diputuskan bersama-sama dengan pidana pokok dengan memuat jangka waktu pelaksanaan tindakan.

(9) Pidana tambahan dan tindakan dikecualikan bagi pelaku Anak.

2. Di antara Pasal 81 dan Pasal 82 disisipkan 1 (satu) pasal yakni Pasal 81A yang berbunyi sebagai berikut:

Pasal 81A

(1) Tindakan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 81 ayat (7) dikenakan untuk jangka waktu paling lama 2 (dua) tahun dan dilaksanakan setelah terpidana menjalani pidana pokok.

(2) Pelaksanaan tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) di bawah pengawasan secara berkala oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum, sosial, dan kesehatan.

(3) Pelaksanaan kebiri kimia disertai dengan rehabilitasi.

(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pelaksanaan tindakan dan rehabilitasi diatur dengan Peraturan Pemerintah.

3. Ketentuan Pasal 82 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:


Pasal 82

(1) Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76E dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah)

(Catatan: Bunyi pasal 76E dalam UU 23/2004 berbunyi" Setiap Orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan, memaksa, melakukan tipu muslihat, melakukan serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul." )

(2) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh orang tua, wali, orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga, pengasuh anak, pendidik, tenaga kependidikan, aparat yang menangani perlindungan anak, atau dilakukan oleh lebih dari satu orang secara bersama-sama, pidananya ditambah 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

(3) Selain terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (2), penambahan 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana juga dikenakan kepada pelaku yang pernah dipidana karena melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76E.

(4) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76E menimbulkan korban lebih dari 1 (satu) orang, mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggu atau hilangnya fungsi reproduksi, dan/atau korban meninggal dunia, pidananya ditambah 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

(5) Selain dikenai pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (4), pelaku dapat dikenai pidana tambahan berupa pengumuman identitas pelaku.

(6) Terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sampai dengan ayat (4) dapat dikenai tindakan berupa rehabilitasi dan pemasangan cip.

(7) Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (6) diputuskan bersama-sama dengan pidana pokok dengan memuat jangka waktu pelaksanaan tindakan.

(8) Pidana tambahan dikecualikan bagi pelaku Anak.

4. Di antara Pasal 82 dan Pasal 83 disisipkan 1 (satu) pasal yakni Pasal 82A yang berbunyi sebagai berikut:


Pasal 82A

(1) Tindakan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 82 ayat (6) dilaksanakan selama dan/atau setelah terpidana menjalani pidana pokok.

(2) Pelaksanaan tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) di bawah pengawasan secara berkala oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum, sosial, dan kesehatan.

(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pelaksanaan tindakan diatur dengan Peraturan Pemerintah. (SN-01)

SIMANTAB..COM, Jakarta – Energy Watch Indonesia berpendapat bahwa tidak

sampai 10 persen dari total jumlah menteri kabinet kerja yang bekerja mendekati

harapan rakyat. Ketidakbecusan kinerja menteri sepertinya tidak akan menuju

perbaikan meski sudah berjalan 19 bulan atau hampir genap 2 tahun sejak kabinet

kerja ini dilantik.

Direktur Eksekutif EWI Ferdinand Hutahaean mengatakan, hanya segelintir menteri

yang mampu bekerja mendekati harapan rakyat, selebihnya bekerja entah untuk apa

dan sibuk entah untuk apa.

Bahkan, kata dia, Presiden Jokowi menilai bahwa ekonomi yang terseok-seok

sekarang ini disebabkan oleh karena menteri-menterinya tidak melakukan

instruksinya. Namun, Jokowi tidak merinci instruksi mana yang dia maksudkan.

Jokowi hanya menyampaikan ada sekitar tiga orang menterinya yang bekerja,

selebihnya berarti tidak.

Ferdinand mempertanyakan, bukankah menteri-menteri itu adalah pilihan Jokowi?

Artinya, presiden gagal memilih menteri, salah pilih, atau sekedar sinyalemen untuk

melakukan reshufle dan bagi-bagi jatah menteri kepada semua partai politik

pendukung pemerintahan saat ini.

“Kita soroti paling utama Menteri BUMN Rini Soemarno. Menteri yang masa

kepemimpinannya hampir 2 tahun ini tidak bisa mengurus BUMN secara keseluruhan,

dan hanya tergiur mengurus BUMN yang besar seperti BUMN Migas, Energi dan

Bank,” ujar Ferdinand Hutahaean di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Menurut dia, Menteri Rini hanya sekedar mengganti direksi BUMN saja, tidak jelas

konsep dan arah BUMN ke depannya. Berdasarkan catatan EWI, dari seratus lebih

BUMN sudah puluhan direksi dan komisaris yang diganti.

“Itu pun hanya BUMN yang punya nilai kapital besar, di luar itu banyak BUMN yang

hidup segan mati tak mau tetapi dibiarkan Rini sebagai menteri,” ujar dia.

Dari fakta tersebut, menurut dia, Rini dikategorikan sebagai menteri gagal dan layak

direshufle. “Karena kehadiran BUMN seharusnya untuk memberi pemasukan bagi

negara, bukan sebaliknya menggerogoti keuangan negara,” tegasnya.

Bahkan, dia berpendapat, sejak lama PDI Perjuangan sebagai partai utama pengusung

Jokowi sudah pernah mengusulkan penggantian Menteri Rini. Demikian halnya DPR

RI sesuai dengan rekomendasi Pansus telah meminta Presiden Jokowi segera

mengganti Menteri Rini lantaran munculnya kasus PT Pelindo II.

Dia pun mempertanyakan, mengapa Jokowi tak kunjung mengganti Menteri Rini? Ada

apa, Menteri Rini masih dipertahankan Jokowi bahkan semakin terlihat disayang

Presiden? Apakah Jokowi ingin terus bertahan tetap menempatkan Rini sebagai

menteri?

“Opini publik bisa saja berkembang makin liar yang menyimpulkan bahwa Rini, menteri

gagal yang disayang Jokowi,” pungkas Ferdinand. (Edo)

SIMANTAB.COM – Ajang bergengsi Yamaha Sunday Race (YSR) akan menuju puncaknya Sabtu-Minggu (28-29 Mei 2016) di Sentul International Circuit. Ajang balap yang diselenggarakan oleh Yamaha untuk mengakomodir hobi balap pengguna R Series ini telah sukses dalam dua seri sebelumnya pada Maret dan April lalu.

Pertarungan sengit dipastikan mewarnai race untuk menjadi jawara di YSR 2016 ini. “Antusias rider baik pro maupun dari komunitas sangat besar terhadap YSR. Seri 1 dan 2 bisa kita lihat semakin bertambah jumlah rider yang ikut berpartisipasi. Rider yang ikut juga punya ambisi untuk menang. Di seri 3 atau putaran final kali ini bisa saya pastikan akan semakin seru perebutan juara di seluruh kelas,” kata Robby Winaldy, Koordinator YSR PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), seperti dikutip dari viva.co.id

Seperti diketahui pada hasil seri 1 dan 2, persaingan juara di seluruh kelas selalu berubah. Ini menunjukkan peluang seluruh rider untuk menjadi sama besar. Apalagi, pada ajang YSR, Yamaha konsisten dan berkomitmen dalam meningkatkan riding skill rider melalui program Yamaha Riding Analyzer. Program yang ditujukan untuk menganalisis kemampuan riding pembalap ini banyak diminati oleh rider dan dijadikan pedoman evaluasi untuk menghadapi race selanjutnya.

”Skill rider di tiap seri semakin meningkat. Program Yamaha Riding Analyzer banyak memberikan kontribusi yang sangat baik terhadap riding skill pembalap. Setelah dua seri memahami skill berkendara dari Yamaha Riding Analyzer, di seri 3 ini akan banyak kejutan dari seluruh rider untuk bersaing menjadi nomor satu,” ungkap Supriyanto, Manager Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Di final YSR 2016, Yamalube juga akan memberikan reward untuk peserta yang menggunakan Oli Yamalube Racing dan pemenang (juara 1) dalam setiap kelasnya akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,5 juta dan special price.(SN-09)

SIMANTAB.COM – Manajemen Manchester United akhirnya mencapai kesepakatan dengan Jose Mourinho, untuk menangani The Red Devil musim depan. Pihak MU merencanakan, akan mengumumkan pengangkatan The Spesial One sebagai manajer baru, hari ini, Jumat (27/05/2016).

 

Disadur dari Tribun Medan, yang mengutip laporan kantor berita BBC, disebutkan, negosiasi alot selama tiga hari antara pihak Manchester United dan agen Mourinho, Jorge Mendes, berakhir Kamis (26/05/2016). Kedua belah pihak mencapai kata sepakat, tetapi belum ada penandatanganan kontrak. Alotnya negoisasi antara kedua belah pihak, dikabatkan karena citra pelatih asal Portugal.

 

Atas dasar itu jualah, manajemen Setan Merah mempercepat proses negosiasi dengan Mourinho. Mereka terbang ke London agar perekrutan Mourinho bisa rampung pekan ini.

Sky Sports melansir Mourinho dan terlihat bertemu dengan wakil presiden Man United, Ed Woodward, di salah satu hotel di London, Kamis (26/5/2016). Dia dipercaya sudah sepakat melatih di Setan Merah untuk tiga tahun ke depan.

Dari pengamatan Sky Sports, Mourinho meninggalkan rumah pukul 14.50 atau 20.50 WIB menuju sebuah hotel di pusat Kota London. Pukul 17.20 atau 23.20 WIB, Mourinho keluar dari hotel dengan menenteng boto anggur merah dan sejumlah dokumen. Posisi manajer MU tengah kosong sejak Senin (23/05/2016) seusai pemecatan Louis van Gaal. (Sn-02)

 

SIMANTAB.COM - Semakin tingginya teknologi yang terus meningkat dalam industri otomotif sedikit banyak membuat para pengrajin otomotif mau tak mau harus mengikuti trend yang ada saat ini termasuk juga para pembut motor trail yang saat ini bisa di bilang cukup banyak di gemari masyarakat di Indonesia. Memiliki sebuah motor trail atau cross tentunya menjadi sebuah pilihan yang tepat dan pas untuk anda yang hobi melintasi jalanan off-road yang begitu banyak memiliki rintangan dan halangan.

Tetapi menariknya, dengan memiliki motor cross anda juga bisa menggunakan kendaraan tersebut bukan hanya di jalanan terjal yang penuh dengan rintangan melainkan anda juga bisa menggunakan motor yang satu ini di jalanan yang halus dan rata. Dilain sisi, saat ini bisa di bilang Indonesia banyak di penuhi dengan pilihan motor trail dari yang berharga puluhan juta rupiah hingga harga motor trail murah yang siap menggoda para pecinta motor trail dengan beraneka ragam kemampuan dan teknologi yang di sertakannya.

Dan bila berbicara soal motor trail, mungkin hampir semua masyarakat di Indonesia tahu betul dengan motor trail keluaran Kawasaki yang sudah terbukti cukup handal dalam melewati semua medan jalanan. Mulai dari Kawasaki seri KX hingga Kawasaki KLX dua seri tersebut cukup mencuri perhatian para pecinta motor trail di Indonesia. Selain harga motor trail kawasaki yang di bandrol cukup terjangkau, beragam teknologi canggih pun diselipkan di dalamnya sehingga membuat handling terasa nyaman dan aman. Bukan saja hanya Kawasaki, di Indonesia juga terdapat beberapa motor trail murah sepereti motor buatan Honda, Viar dan juga Suzuki, yang mana semua motor trail tersebut bisa menjadi satu pilihan cocok bagi anda yang saat ini sedang mencari motor trail murah dengan kualitas terbaik. Oya ada satu lagi nih motor trail yang juga cukup populer di Indonesia yakni motor trail dari KTM dengan seri KTM 250 SX-F. Nah bagi sobat otomotif yang lagi bingung mungkin rekomendasi Harga Motor Trail Murah berikut bisa bermanfaat.

 Motor Trail Murah Terbaik

6 Motor Trail Murah Terbaik

6 Motor Trail Murah Terbaik

1. Kawasaki KLX 150

Kawasaki KLX 150 menjadi salah satu motor trail murah dan terlaris di Indonesia yang cocok untuk anda pilih, dimana dengan harganya yang saat ini di bandrol Rp 26.800.000 juta rupiah, Kawasaki membuat kendaraan ini dengan membawa mesin 4 tak berteknologikan SOHC serta memiliki sistem pendingin berupa Air cooled serta mempunyai kubikasi mesin 144 cc yang dipadukan dengan transmisi dengan 5 speed. Dirangkainya motor yang satu ini dengan deretan teknokogi canggih terebut menjadikan Kawasaki KLX 150 dapat menyemburkan power maksimum 12 PS pada setiap putaran mesin 8000 rpm dan mampu memberikan daya torsi maksimum hingga 11.3 N.m setiap berada pada putara 6,500 rpm.

2. Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX 250

Bukan saja hanya memiliki motor Kawasaki KLX 150, Kawasaki ini juga memiliki motor trail murah lain yakni Kawasaki KLX 250. Motor ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi adventure karena kendaraan ini memiliki power serta akselarasi yang cukup seimbang. Dimana power dan akseslerasi yang akan didapat berasal dari mesin 4 tak berekapasitas 249 cc berteknologi DOHC dengan 4 katup yang memiliki pendingin cairan serta di milikinya transimi dengan 6 percepatan. Sehingga tak heran bila motor trail murah ini bisa menyemburkan maksimum power 18.0 Kw per 9000 rpm serta torsi maksimum 21Nm per 7000rpm. Dan bila becakap masalah harga, anda harus membayar sekitar Rp 61.900.000 juta rupiaah untuk bisa membawanya pulang. 

3. Kawasaki KX 65

Kawasaki KX 65

Kawasaki KX 65

Masih dari koleksi motor trail murah kawasaki, kali ini ada Kawasaki KX 65 yang bisa menjadi pilihan baru untuk sobat otomotit yang sedang mencari motor cross murah. Selain desainnya yang ringan dan juga mungil, motor ini juga ditenagai mesin berkapasitas 64 cc dengan tipe mesin 2 tak. Yang menariknya dengan harga sekitar Rp 36.900.000, Kawasaki juga melengkapi kendaran ini dengan fitur hi-tech yang mana fitur ini sudah terbukti dalam dunia balap, jadi tak heran saat ini banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan motor trail murah kawasaki KX 65 ini sebagai motor balap off-road. Terlebih selain tangguh dalam urusan mesin motor ini juga di buat menggunakan suspensi yang cukup sempurna untuk dapat melalui semua jalanan off-road yang di lalui.

4. Suzuki Trail DR200S

Suzuki Trail DR200S

Suzuki Trail DR200S

Diposisi keempat motor trail murah ada motor keluaran Suzuki dengan seri Suzuki Trail DR200S, motor ini hadir dengan mesin berkapasitas 199 cc dengan membawa 1 buah silinder 4 tak yang diperkuat dengan beberpa teknoklogi canggih, sehingga mampu membuat semburan tenaga yang cukup besar dan pastinya cocok untuk berpetualang di medan yang berat. Suzuki Train DR200S sebenarnya merupakan satu motor lawas yang di keluarkan Suzuki pada tahun 2014 lalu, namun dengan harga $4,499 atau sekitar 34 juta rupiah kendaraan ini masih cukup populer menjadi motor trail murah yang banyak di idolakan masyarakat Indonesia. Apalagi ditambahnya transmisi dengan 5 percepatan tentusaja membuatnya semakin gahar.

5. Viar Croos X200

Viar Croos X200

Viar Croos X200

Jangan salah, Indonesia juga punya salah satu pabrikan motor trail yang cukup ternama yakni Viar, yang mana pabrikan otomotoif ini berhasil menghadirkan Viar Cross X200 sebagai seri motor trail murah dimana bagi anda yang tertarik memilikinya saat ini andaharus mengeluarkan budget sekitar Rp 18.300.000 juta rupiah. Harga tersebut memang sangat pas dan cocok untuk sebuah motor besutan anak bangsa karena Viar Cross X200 sendiri memiliki mesin 4 tak dengan teknologi SOHC dan sudah menggunakan 5 percepatan. Kendati harganya jauh lebih murah di bandingkan dengan seri motor diatas, namun motor ini sama-sama memiliki tenaga 200 cc yang mampu membuat motor ini cukup mudah melalui berbagai jalanan.

6. Honda CRF250L

Honda CRF250L

Honda CRF250L

Bukan saja hanya Kawasaki, Suzuki dan juga Viar, anda juga bisa menjadikan Honda CRF250L sebagai pilihan tepat motor trail murah dengan tenaga yang prima. Pasalnya memiliki harga sekitar 60 jutaan, kendaraan ini mampu memberikan setiap penggunanya mearsakan kenyamanan. Hal ini tentu saja karena seperti namaya Honda CRF250L memiliki mesin berkapasitas 250 cc yang di perkuat dengan tipe mesin 4 tak berpendingin liquid dengan perbandingan kompresi 13.5 : 1. Tenaga yang di hasikan dari motor trail murah ini tentu saja tak usah lagi anda ragukan, apalagi Honda CRF250L juga di lengkapi dengan kerangka dan juga kaki-kaki yang cukup kokoh sehingga siap menerjang semua medan jalan yang. Sebenarnya masih cukup banyak seri motor trail murah yang dapat sobat otomotof pilih dan jadikan sebagai motor kesayangnya. Namun dari sekian banyak mungkin seri diataslah yang cukup banyak di gandrungi dan di incar pada pecinta motor cross, bukan saja hanya karena harganya yang murah, namun dari keenam motor trail murah yang ada di atas, hampir semuanya memiliki performa yang tangguh dan juga mantap karena memang didalamnya setiap masing-masing vendor memberikan serangkaian spesifiaksi dan juga mesin yang berkualitas. Nah bagaimana tertarik membeli motor trail murah yang mana sobat otomotif ?? “SALAM OTOMOTIF”

SIMANTAB.COM – Manajemen Manchester United akhirnya mencapai kesepakatan dengan Jose Mourinho, untuk menangani The Red Devil musim depan. Pihak MU merencanakan, akan mengumumkan pengangkatan The Spesial One sebagai manajer baru, hari ini, Jumat (27/05/2016).

 

Disadur dari Tribun Medan, yang mengutip laporan kantor berita BBC, disebutkan, negosiasi alot selama tiga hari antara pihak Manchester United dan agen Mourinho, Jorge Mendes, berakhir Kamis (26/05/2016). Kedua belah pihak mencapai kata sepakat, tetapi belum ada penandatanganan kontrak. Alotnya negoisasi antara kedua belah pihak, dikabatkan karena citra pelatih asal Portugal.

 

Atas dasar itu jualah, manajemen Setan Merah mempercepat proses negosiasi dengan Mourinho. Mereka terbang ke London agar perekrutan Mourinho bisa rampung pekan ini.

Sky Sports melansir Mourinho dan terlihat bertemu dengan wakil presiden Man United, Ed Woodward, di salah satu hotel di London, Kamis (26/5/2016). Dia dipercaya sudah sepakat melatih di Setan Merah untuk tiga tahun ke depan.

Dari pengamatan Sky Sports, Mourinho meninggalkan rumah pukul 14.50 atau 20.50 WIB menuju sebuah hotel di pusat Kota London. Pukul 17.20 atau 23.20 WIB, Mourinho keluar dari hotel dengan menenteng boto anggur merah dan sejumlah dokumen. Posisi manajer MU tengah kosong sejak Senin (23/05/2016) seusai pemecatan Louis van Gaal. (Sn-02)

 

SIMANTAB.COM – Ajang bergengsi Yamaha Sunday Race (YSR) akan menuju puncaknya Sabtu-Minggu (28-29 Mei 2016) di Sentul International Circuit. Ajang balap yang diselenggarakan oleh Yamaha untuk mengakomodir hobi balap pengguna R Series ini telah sukses dalam dua seri sebelumnya pada Maret dan April lalu.

Pertarungan sengit dipastikan mewarnai race untuk menjadi jawara di YSR 2016 ini. “Antusias rider baik pro maupun dari komunitas sangat besar terhadap YSR. Seri 1 dan 2 bisa kita lihat semakin bertambah jumlah rider yang ikut berpartisipasi. Rider yang ikut juga punya ambisi untuk menang. Di seri 3 atau putaran final kali ini bisa saya pastikan akan semakin seru perebutan juara di seluruh kelas,” kata Robby Winaldy, Koordinator YSR PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), seperti dikutip dari viva.co.id

Seperti diketahui pada hasil seri 1 dan 2, persaingan juara di seluruh kelas selalu berubah. Ini menunjukkan peluang seluruh rider untuk menjadi sama besar. Apalagi, pada ajang YSR, Yamaha konsisten dan berkomitmen dalam meningkatkan riding skill rider melalui program Yamaha Riding Analyzer. Program yang ditujukan untuk menganalisis kemampuan riding pembalap ini banyak diminati oleh rider dan dijadikan pedoman evaluasi untuk menghadapi race selanjutnya.

”Skill rider di tiap seri semakin meningkat. Program Yamaha Riding Analyzer banyak memberikan kontribusi yang sangat baik terhadap riding skill pembalap. Setelah dua seri memahami skill berkendara dari Yamaha Riding Analyzer, di seri 3 ini akan banyak kejutan dari seluruh rider untuk bersaing menjadi nomor satu,” ungkap Supriyanto, Manager Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Di final YSR 2016, Yamalube juga akan memberikan reward untuk peserta yang menggunakan Oli Yamalube Racing dan pemenang (juara 1) dalam setiap kelasnya akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,5 juta dan special price.(SN-09)

SIMANTAB.COM - Semakin tingginya teknologi yang terus meningkat dalam industri otomotif sedikit banyak membuat para pengrajin otomotif mau tak mau harus mengikuti trend yang ada saat ini termasuk juga para pembut motor trail yang saat ini bisa di bilang cukup banyak di gemari masyarakat di Indonesia. Memiliki sebuah motor trail atau cross tentunya menjadi sebuah pilihan yang tepat dan pas untuk anda yang hobi melintasi jalanan off-road yang begitu banyak memiliki rintangan dan halangan.

Tetapi menariknya, dengan memiliki motor cross anda juga bisa menggunakan kendaraan tersebut bukan hanya di jalanan terjal yang penuh dengan rintangan melainkan anda juga bisa menggunakan motor yang satu ini di jalanan yang halus dan rata. Dilain sisi, saat ini bisa di bilang Indonesia banyak di penuhi dengan pilihan motor trail dari yang berharga puluhan juta rupiah hingga harga motor trail murah yang siap menggoda para pecinta motor trail dengan beraneka ragam kemampuan dan teknologi yang di sertakannya.

Dan bila berbicara soal motor trail, mungkin hampir semua masyarakat di Indonesia tahu betul dengan motor trail keluaran Kawasaki yang sudah terbukti cukup handal dalam melewati semua medan jalanan. Mulai dari Kawasaki seri KX hingga Kawasaki KLX dua seri tersebut cukup mencuri perhatian para pecinta motor trail di Indonesia. Selain harga motor trail kawasaki yang di bandrol cukup terjangkau, beragam teknologi canggih pun diselipkan di dalamnya sehingga membuat handling terasa nyaman dan aman. Bukan saja hanya Kawasaki, di Indonesia juga terdapat beberapa motor trail murah sepereti motor buatan Honda, Viar dan juga Suzuki, yang mana semua motor trail tersebut bisa menjadi satu pilihan cocok bagi anda yang saat ini sedang mencari motor trail murah dengan kualitas terbaik. Oya ada satu lagi nih motor trail yang juga cukup populer di Indonesia yakni motor trail dari KTM dengan seri KTM 250 SX-F. Nah bagi sobat otomotif yang lagi bingung mungkin rekomendasi Harga Motor Trail Murah berikut bisa bermanfaat.

 Motor Trail Murah Terbaik

6 Motor Trail Murah Terbaik

6 Motor Trail Murah Terbaik

1. Kawasaki KLX 150

Kawasaki KLX 150 menjadi salah satu motor trail murah dan terlaris di Indonesia yang cocok untuk anda pilih, dimana dengan harganya yang saat ini di bandrol Rp 26.800.000 juta rupiah, Kawasaki membuat kendaraan ini dengan membawa mesin 4 tak berteknologikan SOHC serta memiliki sistem pendingin berupa Air cooled serta mempunyai kubikasi mesin 144 cc yang dipadukan dengan transmisi dengan 5 speed. Dirangkainya motor yang satu ini dengan deretan teknokogi canggih terebut menjadikan Kawasaki KLX 150 dapat menyemburkan power maksimum 12 PS pada setiap putaran mesin 8000 rpm dan mampu memberikan daya torsi maksimum hingga 11.3 N.m setiap berada pada putara 6,500 rpm.

2. Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX 250

Bukan saja hanya memiliki motor Kawasaki KLX 150, Kawasaki ini juga memiliki motor trail murah lain yakni Kawasaki KLX 250. Motor ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi adventure karena kendaraan ini memiliki power serta akselarasi yang cukup seimbang. Dimana power dan akseslerasi yang akan didapat berasal dari mesin 4 tak berekapasitas 249 cc berteknologi DOHC dengan 4 katup yang memiliki pendingin cairan serta di milikinya transimi dengan 6 percepatan. Sehingga tak heran bila motor trail murah ini bisa menyemburkan maksimum power 18.0 Kw per 9000 rpm serta torsi maksimum 21Nm per 7000rpm. Dan bila becakap masalah harga, anda harus membayar sekitar Rp 61.900.000 juta rupiaah untuk bisa membawanya pulang. 

3. Kawasaki KX 65

Kawasaki KX 65

Kawasaki KX 65

Masih dari koleksi motor trail murah kawasaki, kali ini ada Kawasaki KX 65 yang bisa menjadi pilihan baru untuk sobat otomotit yang sedang mencari motor cross murah. Selain desainnya yang ringan dan juga mungil, motor ini juga ditenagai mesin berkapasitas 64 cc dengan tipe mesin 2 tak. Yang menariknya dengan harga sekitar Rp 36.900.000, Kawasaki juga melengkapi kendaran ini dengan fitur hi-tech yang mana fitur ini sudah terbukti dalam dunia balap, jadi tak heran saat ini banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan motor trail murah kawasaki KX 65 ini sebagai motor balap off-road. Terlebih selain tangguh dalam urusan mesin motor ini juga di buat menggunakan suspensi yang cukup sempurna untuk dapat melalui semua jalanan off-road yang di lalui.

4. Suzuki Trail DR200S

Suzuki Trail DR200S

Suzuki Trail DR200S

Diposisi keempat motor trail murah ada motor keluaran Suzuki dengan seri Suzuki Trail DR200S, motor ini hadir dengan mesin berkapasitas 199 cc dengan membawa 1 buah silinder 4 tak yang diperkuat dengan beberpa teknoklogi canggih, sehingga mampu membuat semburan tenaga yang cukup besar dan pastinya cocok untuk berpetualang di medan yang berat. Suzuki Train DR200S sebenarnya merupakan satu motor lawas yang di keluarkan Suzuki pada tahun 2014 lalu, namun dengan harga $4,499 atau sekitar 34 juta rupiah kendaraan ini masih cukup populer menjadi motor trail murah yang banyak di idolakan masyarakat Indonesia. Apalagi ditambahnya transmisi dengan 5 percepatan tentusaja membuatnya semakin gahar.

5. Viar Croos X200

Viar Croos X200

Viar Croos X200

Jangan salah, Indonesia juga punya salah satu pabrikan motor trail yang cukup ternama yakni Viar, yang mana pabrikan otomotoif ini berhasil menghadirkan Viar Cross X200 sebagai seri motor trail murah dimana bagi anda yang tertarik memilikinya saat ini andaharus mengeluarkan budget sekitar Rp 18.300.000 juta rupiah. Harga tersebut memang sangat pas dan cocok untuk sebuah motor besutan anak bangsa karena Viar Cross X200 sendiri memiliki mesin 4 tak dengan teknologi SOHC dan sudah menggunakan 5 percepatan. Kendati harganya jauh lebih murah di bandingkan dengan seri motor diatas, namun motor ini sama-sama memiliki tenaga 200 cc yang mampu membuat motor ini cukup mudah melalui berbagai jalanan.

6. Honda CRF250L

Honda CRF250L

Honda CRF250L

Bukan saja hanya Kawasaki, Suzuki dan juga Viar, anda juga bisa menjadikan Honda CRF250L sebagai pilihan tepat motor trail murah dengan tenaga yang prima. Pasalnya memiliki harga sekitar 60 jutaan, kendaraan ini mampu memberikan setiap penggunanya mearsakan kenyamanan. Hal ini tentu saja karena seperti namaya Honda CRF250L memiliki mesin berkapasitas 250 cc yang di perkuat dengan tipe mesin 4 tak berpendingin liquid dengan perbandingan kompresi 13.5 : 1. Tenaga yang di hasikan dari motor trail murah ini tentu saja tak usah lagi anda ragukan, apalagi Honda CRF250L juga di lengkapi dengan kerangka dan juga kaki-kaki yang cukup kokoh sehingga siap menerjang semua medan jalan yang. Sebenarnya masih cukup banyak seri motor trail murah yang dapat sobat otomotof pilih dan jadikan sebagai motor kesayangnya. Namun dari sekian banyak mungkin seri diataslah yang cukup banyak di gandrungi dan di incar pada pecinta motor cross, bukan saja hanya karena harganya yang murah, namun dari keenam motor trail murah yang ada di atas, hampir semuanya memiliki performa yang tangguh dan juga mantap karena memang didalamnya setiap masing-masing vendor memberikan serangkaian spesifiaksi dan juga mesin yang berkualitas. Nah bagaimana tertarik membeli motor trail murah yang mana sobat otomotif ?? “SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

Top Stories

Grid List

SIMANTAB.COM, Jakarta -  Raffi Ahmad dan Nagita Slavina telah menikah lebih dari satu tahun lamanya. Dari rumah tangga itu, keduanya dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Rafathar Malik Ahmad. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memang selalu menjadi sorotan publik karena kehidupan pernikahannya yang terlihat sempurna.

Namun, dibalik hubungan mereka, banyak juga masyarakat yang menilai hubungan mereka terlihat berlebihan, termasuk Ayu Ting Ting. Hal ini ia tunjukkan kala tampil di sitkom di salah satu stasiun televisi swasta seperti dilansir liputan6

Seakan-akan iri dengan kemesraan Raffi dan Gigi, Ayu Ting Ting melontarkan kalimat pedas terkait hubungan pernikahan sahabatnya. "Eh dasar norak lu, laki-bini (suami-istri) sok-sokan romantis lu, entar juga lama-lama lu bubar," ujar Ayu Ting Ting.

Memang, ketidaksukaan yang ditunjukan oleh Ayu Ting Ting tidak bermaksud benar alias bercanda. Tapi, karena candaannya yang termasuk kelewatan ini, ia malah dihujat oleh netizen.Mendengar perkataan Ayu Ting Ting, membuat para penonton serta Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung kaget dibuatnya. Gigi pun langsung mengatakan,"Allahuakbar!" Sambil memeluk sang suami, Gigi tampak sangat terkejut mendengar kalimat yang terlontar dari salah satu sahabat sang suami. Raffi Ahmad pun tak kalah kaget. Wajahnya menunjukkan ekspresi ketakutan. 

Beberapa netizen pun langsung menuliskan kekesalannya karena omongan Ayu Ting Ting yang kelewatan. Kebanyakan dari netizen menyesalkan perkataan Ayu Ting Ting yang mungkin hanya sebatas bercanda saja.

Seperti salah satu netizen menuliskan, "Satu aja mba, kalo mau ngelucu ya ngelucu yg sehat, masa dari kemarin alasannya mau ngelucu atau apa kena imbasnya (kasus yg Katanya mau "ngelucu") anda dibayar loh, artis itu panutan fansnya, jd jangan buat kecewa fans2 kamu dengan perbuatan, jgn ujung2nya bilang khilaf, kasian mereka yg kena imbas dengan kata2 kamu, itu aja sih, ini kritik loh, bukan bashing ya, makasih." 

"Mgkn niatnya bercanda... tnp tau becandaan nya itu kelewat batas atau tidak... yaaa semoga raffi dan gigi bisa makhlumi aja terutama buat gigi pst bener kaget dgr becandaan dr ayu bgitu sabar yah gigi... mudah2an raffi dan gigi baik2 aja dan buat kak ayu sdkit dirubah yah tutur kata becandanya, goodluck buat kalian," tulis akun @putriaurellia13.

"Sekedar kritik aja smg ayu ting ting bisa menerima...candaan atau lawakan ny jgn brlebihan...niatny brcanda tp beda ora lain org beda persepsi saya lihat juga kaget..ko sampai ngomong bgtu yaa...giginya kaget bgt," tulis @asmarina0109.

Atau salah satu netizen yang merasa jengah dengan candaan Ayu Ting Ting yang semakin kelewatan, "kok mulut ayu makin hari makin ngejablak aja .. Ngehibur2 sih tapi gak segituny juga."(SN-02)

 

Upcoming Events

Advertisement