Dr. H. Anton Saragih (berkaca mata) diapit Mangapul Purba (Ketua Bappilu dan Penjaringan DPD PDIP Sumut) dan Samrin Girsang (Ketua DPC PDIP Kab, Simalungun) serta didampingi beberapa fungsionaris DPC PDIP Kab Simalungun seperti Rospita Sitorus dan Mariono

SIMANTAB – Laporan Babang SB

Kamis, 17 Desember 2019, sebuah peristiwa politik bersejarah telah diukir oleh Dr. H. Anton Achmad Saragih. Beliau telah memulai sebuah tahapan awal untuk terjun menjadi seorang politikus dan secara resmi mengikrarkan diri bergabung dengan partai PDIP. Sebuah pilihan yang sulit bagi seorang akademisi untuk meninggalkan indahnya dunia kampus dan memulai petualangan di dunia politik.

baca juga : https://www.facebook.com/pg/antonachmadsaragih

PDIP adalah Partai Pilihanku untuk memulai pergerakan politik

Penulis menjadi seorang yang beruntung karena mendapat kesempatan pertama kali untuk berdiskusi dengan Haji Anton (biasa beliau dipanggil) tentang pilihannya tersebut. Haji Anton memulai ceritanya tentang pergerakan berbasis agama seperti pengajian dan organisasi keagamaan seperti IKEIS yang sudah lama menjadi organisasi yang diikutinya. IKEIS merupakan sebuah cikal bakal ketertarikan beliau tentang simalungun dan keinginannya untuk ikut membangun simalungun. Momen pilkada serentak yang akan digelar pada tahun 2020 merupakan sebuah kesempatan bagi semua putra/i simalungun untuk ikut bertarung.

Haji Anton sebagai Ketua Umum IKEIS secara rutin hadir dalam kegiatan pengajian yang diselenggarakan oleh IKEIS baik ditingkat kabupaten maupun ditingkat kecamatan bahkan sampai ke desa. Dalam perjalanan panjang yang sudah dilaluinya beliau mendapat banyak informasi bahkan alterntif solusi terhadap permasalahan masyarakat. Kebiasannya sebagai seorang akademisi untuk menjalankan penelitian membuatnya memiliki ketertarikan untuk terlibat langsung sebagai eksekutor dalam pemerintahan kabupaten simalungun. Dan cara satu satunya yang sah dan sesuai hukum untuk mencapai impiannya adalah dengan mengikuti Pilkada Serentak 2020.

baca juga : https://sumut.idntimes.com/news/sumut/doni-hermawan-1/abang-bupati-jr-saragih-mendaftar-ke-pdip-untuk-pilkada-simalungun/full

Namun masifnya pemberitaan tentang Dinasti Politik sempat menimbulkan keragu raguan dalam dirinya untuk melangkah. Hubungan saudara kandung beliau dengan JR Saragih (Bupati Simalungun sekarang.red) ini menjadi sebuah tantangan bagi beliau untuk menentukan sikap. Akhirnya beliau menyerahkan pergumulan ini ke tangan Tuhan melalui zikir dan tahajud yang dilakoninya. Dan hari ini, setelah mendapatkan ketetapan ilahi, beliau akhirnya secara mantab mendaftarkan diri ke panitia penjaringan PDI Perjuangan dan menyatakan bersedia untuk mencalonkan diri menjadi Bupati Simalungun 2021 – 2026. Beliau juga menyadari bahwa pencalonan dirinya ini akan ikut menggiring opini yang merugikan JR Saragih dengan isu isu dinasti politik yang dibangun oleh kompetitornya. Namun beliau menyakini bahwa adiknya JR Saragih merupakan sosok petarung yang tangguh yang sanggup menghadapi terpaan isu yang didesain oleh lawan politiknya.

Pelayanan Rawat Inap dan Puskesmas 24 Jam yang digagas JR merupakan sebuah kebijakan yang akan dilanjutkan oleh Haji Anton jika diberi kesempatan untuk memimpin simalungun, Banyak program JR Saragih yang berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat simalungun.

Baca juga : https://medan.tribunnews.com/2017/10/06/sekarang-puskemas-buka-24-jam-masyarakat-di-simalungun-tidak-sulit-lagi-berobat?page=2

Selanjutnya beliau berharap semua masyarakat simalungun untuk membedakan dirinya dengan sosok JR Saragih. JR Saragih merupakan sosok adik yang menurut beliau, adik yang sangat inovatif dan tahan banting. JR Saragih merupakan tipikal pemimpin yang bisa dijadikan menjadi rujukan bagi pemimpin selanjutnya. Haji Anton sambil tersenyum menyatakan bahwa Program JR yang melayani dokumen kependudukan secara real time hingga sampai ke pintu rumah warga merupakan sebuah contoh inovasi berkelas dari pemimpin yang berani seperti JR.

Sikap nekat JR Saragih untuk melaksanakan pelayanan rawat inap dan pelayanan 24 Jam di Puskesmas puskesmas se kabupaten simalungun merupakan sebuah terobosan yang menurutnya layak dicontoh oleh kabupaten lain. Banyak kebijakan JR yang akan menjadi warna utama kebijakannya nantinya jika diberi kepercayaan untuk memimpin kabupaten simalungun pasca JR Saragih.

Obrolan santai dengan beliau ini akhirnya mengarah ke pertanyaan menggelitik, apakah Haji Anton maju disuruh JR ? Beliau dengan santai sambil tersenyum menyatakan bahwa JR Saragih yang dia kenal adalah seorang adik yang tidak pernah berani menyuruh abangnya. Dengan suasana santai, beliau sampaikan bahwa JR Saragih merupakan seorang adik yang dia banggakan.

JR Saragih Merupakan Adik Yang Saya Banggakan

Mau tau obrolan selanjutnya …

Tinggalkan Balasan