SIMANTAB.COM – Untuk menuju Lembaga Pemasyarakatan Bersih Narkoba (Bersinar), seluruh pegawai di Lapas Narkotika Klas IIA Siantar, yang berada di Jalan Pemasyarakatan, Kelurahan Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, menjalani tes urin, Rabu (24/06/2020) pagi.

Tes urin yang dilaksanakan oleh BNN Kabupaten Simalungun ini diikuti 44 pegawai yang hadir dan yang tidak hadir akan diarahkan ke BNN Kabupaten Simalungun. “Total pegawai ada 58 dan berhubung karena ada pegawai yang lepas dinas, maka kita akan arahkan ke BNN guna melakukan tes di sana,” kata EP Prayer Manik, Kalapas Narkotika Klas IIA Siantar usai mengikuti tes.

Ia menambahkan, tes ini dilakukan sesuai dengan MoU antara BNN Kabupaten Simalungun dengan Lapas Narkotika Klas IIA Siantar untuk menciptakan Lapas Bersinar. “Nanti kita akan lakukan secara rutin. Kedepannya kita ingin lapas ini bebas narkoba,” terangnya seraya menyatakan akan melaporkan hasil tes tersebut ke Kanwil Kemenkum HAM Sumut.

Kompol Suhana boru Sinaga, Kepala BNN Kabupaten Simalungun mengatakan dari hasil pemeriksaan terhadap pegawai lapas Narkotika Klas IIA Siantar seluruh pegawai dinyatakan negatif narkoba. “Untuk yang tes di lapas hasilnya negatif semua. Semoga ini menjadi awal yang baik agar terciptanya Lapas Bersinar,” terang perwira melati emas ini.

Ia menambahkan, akan membentuk relawan relawan anti narkoba dimana nantinya relawan akan melibatkan pegawai dan kedepannya akan ada Warga Binaan yang juga menjadi relawan untuk menyuarakan bahaya narkoba. “Harus ada yang menyuarakan anti narkoba di lingkungan Lapas ini. Kita harap nantinya relawan terbentuk sebagaimana semestinya,” tambahnya. (Lud)

Tinggalkan Balasan