Jakarta, Simantab

Penanganan pendemi corona di setiap daerah memiliki cara cara yang berbeda. Para tokoh terbelah antara pilihan lockdown dan tidak. Seperti walikota malang yang menetapkan lockdown hingga jakarta dengan PSBB seperti yang diterapkan oleh kementerian kesehatan dan gubernur DKI anies baswedan.

Kabupaten simalungun yang dipimpin oleh politisi PDI Perjuangan Dr. JR Saragih, SH, MM memilih cara yang berbeda dalam menangani persebaran corona di kabupaten simalungun. JR berimprovisasi dengan menetapkan isolasi berbasis desa.

Kepada medanpos.id (member of simantab) JR Saragih menyatakan isolasi berbasis nagori (desa-red) bertujuan untuk mencegah penyebaran corona dengan tidak membunuh ekonomi masyarakat. Isolasi berbasis desa ini juga disertai dengan pemberdayaan masyarakat dimana warga desa dilatih menjahit dan diberikan bahan menjahit masker kain. Masker kain tersebut akan dibeli kembali oleh pemkab simalungun dan dibagi bagikan ke masyarakat secara gratis.

Usaha pendampingan ala kabupaten simalungun ini layak dijadikan contoh untuk kabupaten lain, sehingga penanganan pencegahan corona tidak menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Masyarakat di desa yang diisolasi harus memiliki penghasilan yang dipersiapkan oleh pemerintah. selain stimulus berupa sembako dan bantuan langsung tunai, masyarakat harus diberdayakan dengan memberikan bekal pelatihan dan skill sehingga ekonomi masyarakat tetap tumbuh.

Presiden Jokowi dalam twitternya mengapresiasi kebijakan yang dikeluarkan oleh JR Saragih dan menyatakannya sebagai sebuah kebijakan yang baik dan lebih efektif daripada kebijakan isolasi kota atau kabupaten.

Tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat kabupaten simalungun ketika kebijakan kebijakan yang diterapkan di kabupaten simalungun dijadikan sebuah percontohan bagi daerah daerah lain.

Tinggalkan Balasan