Digadang-gadang Jadi Wakil Wali Kota Siantar, Ini Profil Sondi Silalahi

Kantor Berita Simantab - 07/04/2021
Digadang-gadang Jadi Wakil Wali Kota Siantar, Ini Profil Sondi Silalahi
Sondi Silalahi dan istri. - (Foto: Instagram Sondi Silalahi)
Editor

Siantar – Namanya mendadak muncul sepeninggal Asner Silalahi, Wali Kota Pematangsiantar terpilih yang mangkat pada Januari 2021 lalu. 

Sondi Pittor Manahan Silalahi, pria kelahiran 24 Februari 1993, putra sulung alm Asner didorong sejumlah pihak untuk menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar mendampingi dr Susanti Dewayani, Wakil Wali Kota Pematangsiantar terpilih yang bakal naik menjadi wali kota. 

Sondi pun menyambut dinamika politik yang berkembang dan kemudian mendorongnya untuk maju. Menduduki jabatan wakil wali kota bukan hadiah, tetapi melalui sejumlah tahapan.

Proses pemilihan tetap dilakukan. Bedanya, kalau pilkada pasangan calon dipilih oleh warga pemilih, maka posisi wakil yang lowong atau ditinggalkan pejabat sebelumnya dipilih oleh 30 anggota DPRD Pematangsiantar.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota  yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 12 April 2018, mengatur tentang tata cara pengisian kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Sondi Silalahi dan alm ayahnya Asner Silalahi. (Foto: Instagram Sondi Silalahi)

Menurut PP ini, salah satu tugas dan wewenang DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota adalah memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah dalam hal terjadi kekosongan untuk sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan.

Selain itu, DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota juga berwenang mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur kepada Presiden melalui Menteri, pengangkatan dan pemberhentian Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Walikota kepada Menteri melalui Gubernur untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian.

Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah sebagaimana dimaksud diselenggarakan dalam rapat paripurna, dan hasilnya ditetapkan dengan Keputusan DPRD sesuai Pasal 24 Ayat 1 dan 2 PP ini.

Lantas bagaimanakah sosok Sondi sebelum digadang-gadang sebagai calon wakil wali kota? Sesuai data yang diterima Simantab.com, Sondi selama ini dikenal sebagai pengusaha.

Pria yang baru menikah dengan Maria Karina Aprillia Siagian pada 20 Februari 2021 tersebut, berkecimpung dalam sejumlah usaha yang digelutinya.

Sondi Silalahi saat melangsungkan pernikahan. (Foto: Instagram Sondi Silalahi)

Sondi tercatat sebagai Komisaris dan Founder Of Purwalenta dengan anak perusahaan PT Purwa Kreasi Bangsa sejak tahun 2018 hingga saat ini.  Purwalenta merupakan aplikasi yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan vokasi atau ilmu keahlian terapan.

Purwalenta menjadi wadah untuk mempertemukan mentor dan murid atau users secara virtual untuk mempelajari sebuah keahlian.

Dia juga tercatat sebagai Komisaris PT Media Enam Dua sejak tahun 2020 sampai saat ini. Plus Sixty Two (+62) merupakan Jaringan Komunitas Indonesia yang terhubung dengan agensi bakat pemasaran influencer dengan pengalaman gabungan 16 tahun di industri digital.

Bentuk pemasaran media sosial yang melibatkan dukungan dan penempatan produk dari influencer, orang, dan organisasi yang memiliki tingkat pengetahuan ahli atau pengaruh sosial di bidangnya.

Selain itu, Sondi juga menjadi owner dari Unjuk Coffee sejak 2019. Coffee shop ini berlokasi di komplek pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Baca juga:

Sondi juga bergelut di usaha jasa transportasi material untuk wilayah perairan dengan armada tongkang, distributor material konstruksi pasir dan batu split di bawah bendera PT Senapati Segara Nusantara sejak 2016.

Di luar aktivitas usaha, Sondi aktif berorganisasi termasuk di gereja. Dia tercatat sebagai anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya sejak tahun 2018.

Tercatat sebagai Wakil Ketua Kepemudaan Naposo HKBP Kebayoran Lama DKI Jakarta sejak 2014 – 2016, anggota Himpunan Mahasiswa Tambang tahun 2013 – 2015, dan Wakil Ketua HKBP Youth Competition se- Jabodetabek tahun 2015.

Sondi saat ini tengah mengikuti program Pascasarjana di Universitas Prof. DR. Moestopo, jurusan sumber daya manusia. 

Sebelumnya, dia menamatkan S1 di Universitas Veteran Republik Indonesia jurusan Jurusan Teknik Pertambangan tahun 2011 – 2016. Mengecap pendidikan di SMP Kristen Kalam Kudus Jayapura, dan SD YPPK Gembala Baik Jayapura.()

Tinggalkan Komentar

Arsip Berita

Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 60
  • Page views today : 63
  • Total visitors : 60,901
  • Total page view: 67,542
Jelajahi
IKLAN PARIWARA