Kepala BIN Papua Tewas Ditembak KKB, Jansen Sitindaon Teringat Abangnya

Kantor Berita Simantab - 26/04/2021
Kepala BIN Papua Tewas Ditembak KKB, Jansen Sitindaon Teringat Abangnya
Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha. - (Foto: Instagram)

Jakarta – Kepala BIN Daerah Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha tewas dalam baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua pada 25 April 2021. Politisi Partai Demokrat Jansen Sitindaon justru berduka.

Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat itu menjadi teringat dengan kisah abangnya seorang militer, yang juga gugur dalam menjalankan tugas.

Lewat akun Twitter @jansen_jsp, pria asal Kabupaten Dairi, Sumatra Utara itu menjelaskan tentang kesedihan setiap kali mendengar ada tentara gugur di medan tugas.

“Selalu sedih setiap mendengar tentara meninggal di medan tugas. Teringat beberapa tahun lalu abang kami Brigjen (Anumerta) Ontang Sitindaon yang juga dari korps Kopassus meninggal dalam operasi Tinombala di Poso karena helinya jatuh,” tulisnya dilihat Simantab.com, Senin (26/4/2021).

Makam Brigjen Ontang Sitindaon. (Foto: Twitter Jansen Sitindaon)

“Bang Ontang Sitindaon sendiri lulusan Akmil 90. Sejak lulus, masuk pasukan elite Kopassus. Ini yang membuat kami semua Sitindaon bangga sekali. Dialah sang “serba pertama” di marga kami. Dialah Sitindaon pertama jadi Kopassus, yang pertama jadi Dandim dan banyak serba pertama lainnya,” sambungnya.

Di Batak, ungkap Jansen, Sitindaon ini masuk kategori marga kecil. Jumlahnya tidak banyak dibanding marga besar lainnya. 

BACA

Di tengah kecilnya jumlah marga tersebut, sejak dulu Bang Ontang inilah yang menjadi kebanggaan dan harapan mereka kelak menjadi jenderal pertama dari marga Sitindaon. 

“Bang Ontang memang akhirnya jadi jendral. Dan sekarang kami marga Sitindaon sudah punya jenderal pertama melalui dia.  Namun proses jadi jenderal-nya ini yang meninggalkan kesedihan bagi kami semua. Bang Ontang meninggal di Poso dinaikkan pangkatnya satu tingkat jadi Brigjen Anumerta,” tuturnya.

“Itu sedikit cerita saya tentang abang kami Brigjen Ontang Sitindaon yang gugur dalam operasi Tinombala. Saya bisa merasakan ketika gugurnya Brigjen I Gusti Putu Danny dikabarkan semalam secara resmi oleh TNI AD. Pasti keluarga serasa tak percaya. Selamat Jalan Pahlawan,” tukas dia.

Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan pers, Senin (26/4/2021).

Perihal gugurnya Kepala BIN Daerah Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dalam baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua pada 25 April 2021, juga disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangan pers pada Senin (26/4/2021).

“Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan,” kata Jokowi didampingi wapres, panglima dan kapolri.

Kepada Brigjen TNI I Gusti Danny Karya Nugraha, presiden menyatakan negara juga memberikan kenaikan pangkat satu tingkat atas pengabdian dan pengorbanan.

Presiden menyebut, pihaknya sudah memerintahkan panglima dan kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB.

“Tidak ada tempat bagi kelompok-kelompok kriminal bersenjata di Tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air,” tukas Jokowi. () 

Tinggalkan Komentar

Arsip Berita

Pengunjung

  • Users online: 2 
  • Visitors today : 370
  • Page views today : 412
  • Total visitors : 133,750
  • Total page view: 150,374
Jelajahi
IKLAN PARIWARA