Budaya  

Wayang Dimusnahkah, Ini Kedegilan

Budaya, Wayang kembali menjadi kontroversi. Kontroversi terjadi setelah statement Ustaz Khalid Basalamah dalam akun youtube – nya menyebar dan menjadi sorotan publik. Ustaz Khalid Basalamah di akun youtubenya menjawab pertanyaan dari salah seorang jamaah yang hadir dalam pengajiannya.

Hal ini tidak terlepas dari pengamatan Yoki Rajagoek goek,  salah seorang pemuda muslim di Kota Siantar, Sumatera Utara yang menyatakan bahwa wayang berperan dalam sejarah perkembangan islam di Indonesia.

Dirinya mengutip bagaimana Sunan Kalijaga konon menggunakan wayang yang sangat digemari oleh masyarakat pada jamannya untuk melakukan giat dakwahnya. Bahkan, profil Sunan Kalijaga seringkali diidentikkan dengan dakwah yang menggunakan pendekatan budaya dan salah satunya melalui wayang kulit.

Terbaru, Ustaz Khalid Basalamah sudah menyampaikan klarifikasi pasca viralnya statementnya tersebut. Melalui akun youtube Khalid Basalamah Official.

 

Dalam video klarifikasi tersebut, ustaz Khalid Basalamah menyatakan permohonan maaf atas viralnya video tersebut dan menjelaskan bahwa pada awalnya ada jamaah yang bertanya kepadanya tentang wayang menurut perspektif islam dan tobat yang dilakukan oleh para dalang.

Dalam kesempatan tersebut beliau menyatakan:

“Kalo masalah tobat ya, tobat nasuha, dan kalo dia mempunyai wayang ya lebih baik dimusnahkan dan lebih baik dihilangkan”

Ucapan inilah yang kemudian membuat sekelompok dalang yang bergabung dalam Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) menyatakan keberatannya dan mengancam untuk mengadukan ustaz Khalid Basalamah ke Bareskrim Polri.

Tinggalkan Balasan