Gedung Juang Siantar Untuk Veteran, Dugem dan Gereja

Pematang Siantar, Pernah tahu Gedung Juang 45 Pematang Siantar? Gedung perjuangan yang menjadi  sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Gedung juang 45 terletak di jalan Merdeka tepatnya di seberang Siantar Plaza. Gedung juang 45 bersebelahan dengan kantor pariwisata Pematang Siantar.

Di seputaran Gedung Juang ini terdapat juga tugu becak BSA yang sudah menjadi ikon kota Pematang Siantar.

Dan berjarak hanya 50 meter dari Gedung Juang 45 terdapat taman kota yang terbuka untuk umum, “taman merdeka”. Taman merdeka adalah tempat nongkrong yang sejuk dan dilengkapi dengan fasilitas bermain anak serta jogging track.

Gedung Juang 45 Pematang Siantar merupakan tempat pertemuan dan fasilitas pendukung untuk legiun veteran Indonesia.

Beberapa tahun yang lalu Gedung Juang 45 disewakan dan dikelola oleh siantar hotel. Siantar Hotel menjadikan gedung juang sebagai tempat karaoke dan hall. Dan beredar sinyalamen bahwa tempat tersebut menjadi tempat dugem bagi penggemar music ajeb ajeb.

Pada tahun 2013, Bupati Simalungun Dr. JR Saragih, SH, MM tidak memperpanjang sewa kepada Siantar Hotel dan menyerahkan pengelolaannya kepada forkominda Kabupaten Simalungun. Pada saat itu, Dandim 0207 menutup tempat hiburan dan memberikan ruang yang lebih besar kepada organisasi kemasyarakatan untuk menggunakan fasilitas publik tersebut.

Terakhir Gereja Bethel Indonesia (GBI) menggunakan Gedung Juang 45 untuk kegiatan kerohanian. Transformasi perubahan Gedung Juang 45 ini menuju kearah positif. Namun pemerintah kabupaten Simalungun sebagai pemilik aset ini memiliki planning untuk Gedung Juang 45?

Tinggalkan Balasan