Pematang Siantar Atau Pematangsiantar?

Fokus, Penulisan nama kota Pematang Siantar yang benar seperti apa? itu adalah perdebatan yang sedang ngetrend di Kota Pematangsiantar. Kisruhnya hampir menguras pemikiran semua tokoh dengan lintas ilmu yang berbeda pula. Yang menjadi perdebatan, nama kota ini ditulis Pematang Siantar atau Pematangsiantar?

Berdasarkan jejak historical dan landasan pendirian kota Pematangsiantar bahwa dahulu Kota Pematang Siantar merupakan ibukota dari Kabupaten Simalungun. Kabupaten Simalungun didirikan berdasarkan Undang Undang Darurat No. 7 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kabupaten Dalam Lingkungan Daerah Propinsi Sumatera Utara.

Dalam UU Darurat No. 7 Tahun 1956 Bab I Pasal 1 Point ke 15 dituliskan penulisan Kota Besar Pematang Siantar. Menurut Undang Undang ini, penulisan nama kota yang benar adalah dipisah sehingga tertulis Kota Pematang Siantar.

Lalu pada tahun 1986, Presiden Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 15 tahun 1986 tentang Perubahan Batas Wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Pematang Siantar dan Kabupaten Daerah Tingkat II SImalungun.

Dalam penulisan berdasarkan Peraturan Pemerintah ini, jelas dinyatakan bahwa penulisan nama kota yang digunakan adalah Pematang Siantar. Penulisan nama kota dalam peraturan pemerintah ini sama dan identik dengan Undang Undang Darurat No. 7 Tahun 1956.

Dan terbaru Plt. Walikota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A mengeluarkan Surat Edaran tertanggal 23 Juli 2022, Nomor: 180/1335/VII/2022 tentang penulisan Kota Pematang Siantar. Dalam edaran tersebut Plt. Walikota Pematang Siantar meminta semua Organisasi Perangkat Daerah dan BUMD di lingkungan Pemko Pematang Siantar mulai menggunakan penulisan berdasarkan Undang Undang Darurat No. 7 Tahun 1956.

Namun ada sumber referensi yang berbeda yaitu wikipedia. Dalam wikipedia, penulisan kota Pematang Siantar dituliskan digabung sehingga di wikipedia tertulis Kota Pematangsiantar. Wikipedia merupakan layanan terbuka dan setiap orang bisa melaksanakan pengeditan tentang informasi yang terkandung didalamnya. Namun hingga berita ini dirilis oleh simantab pada hari Jumat, 22 Februari 2022 pukul 15.02 belum ada pengeditan yang dilakukan tentang penulisan Kota Pematangsiantar.

Wikipedia adalah platform open source, jadi buat anda yang setuju dengan penulisan Kota Pematang Siantar, silahkan lakukan pengeditan secara langsung di wikipedia karena wikipedia masih mengakui penulisan Kota Pematangsiantar.

Link : Profil Kota Pematangsiantar di wikipedia

Tinggalkan Balasan