Dairi  

Kecamatan Siempat Nempu Hulu Laksanakan Mini Lokakarya Percepatan Penurunan Stunting.

DAIRI-Dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting prioritas nasional, kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi melaksanakan mini lokarkarya, pada Kamis (28/07/2022).

Camat Siempat Nempu Hulu, Koko Mulyanto Angkat mengatakan, bahwa Stunting merupakan program prioritas nasional yang memiliki beberapa strategi penanganan yang terus diusahakan hingga sekarang.

“Program Prioritas Nasional ini tidak akan berjalan apabila tidak ada kerjasama antara seluruh pemangku kepentingan baik Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Desa maupun dari masyarakat”, Kata Camat Siempat Nempu Hulu Jumat (29/07/2022).

Koko menerangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi Dr. Eddy Berutu, sangat berkomitmen dalam hal pencegahan dan penurunan stunting sejak Kabupaten Dairi ditetapkan sebagai Lokus Stunting tahun 2022. “Hal ini bisa kita buktikan dengan beberapa penghargaan maupun apresiasi dari tingkat nasional maupun provinsi terhadap penanganan stunting di Kabupaten Dairi di tahun 2021 dan 2022,” Katanya.

Untuk itu Camat Siempat Nempu Hulu, Koko Mulyanto Angkat mengajak seluruh Pihak, baik Pemerintah Kecamatan, PKK Kecamatan, PKK Desa, Forkopimca, UPT Puskesmas, PPL Pertanian, PLKB, KUA, LPM, Kader KPM, Kader Posyandu, PAUD, Bidan Desa hingga Kelompok Dasawisma di Kecamatan Siempat Nempu Hulu agar meningkatkan peran masing-masing dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kecamatan Siempat Nempu Hulu, sehingga target nasional di angka 14% dapat terealisasi.

Ketua TP PKK Kecamatan Siempat Nempu Hulu Ny. Novlentina Koko Mulianto Angkat menekankan peran PKK dalam penurunan Stunting yaitu bahwa PKK adalah duta yg artinya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pendampingan kesasaran (Calon Pengantin, Ibu Hamil, Ibu Nifas dan Baduta).

” Kita harus melakukan pendataan umum kelompok sasaran, melakukan penyuluhan intensif pada kelompok sasaran, menggerakkan peran serta atau partisipasi masyarakat agar mau tahu, dan mampu, melakukan pendampingan terhadap kelompok sasaran.” tuturnya.

Tinggalkan Balasan