Mahasiswa Universitas Indonesia lulusan SMA N 1 SidikalangTampilkan Tarian Sumut di Depan Dubes Rusia dan Filipina

 

DAIRI – 8 Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) asal Kabupaten Dairi menampilkan 8 tarian daerah Provinsi Sumatera Utara di depan Duta Besar Rusia dan Duta Besar Filipina dalam acara festival budaya bertajuk ASRAMAC UI “INTERNATIONAL CULTURE FEST 2022” di Makara Art Center UI, Kota Depok Provinsi Jawa Barat, Minggu (25/9/2022).

Adapun 8 mahasiswa UI asal Sidikalang tersebut yakni, Josafat Pasaribu, Siti Banurea dari Fakultas Teknik, Diliaty Sitohang, Joana Tampubolon, Gresya Sirait, Yohana Sinaga berasal dari Vokasi, Yosita Kacaribu dari Fakultas Hukum, dan Imelda Napitupulu dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

“Ini seperti kebetulan bagi kami, karena kami semua juga lulusan dari SMAN 1 Sidikalang, ” Ujar Yosafat Pasaribu.

Dikatakannya, dalam tampilan tersebut, mereka membawakan 8 tarian asal Provinsi Sumatera Utara diantaranya suku Melayu, Karo, Simalungun, Pakpak, Mandailing, Angkola, Nias dan Batak Toba.

Dalam pegelaran festival tersebut, turut disaksikan oleh Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia- Mrs. Lyudmila Vorobieva, Wakil Konsul Kedutaan Besar Republik Filipina untuk Indonesia-Mr. Glenn Joseph D. The, mewakili Rektor Universitas Indonesia, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan-Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, dan Anggota DPR-RI-Rieke Diah Pitaloka.

Atas penampilan memukau mereka, pihak kedutaan besar Rusia sangat tertarik dengan tarian yang mereka bawakan. Bahkan, Dubes Rusia itu akan mengundang para mahasiswa asal Kabupaten Dairi untuk menampilkan tarian daerah dalam acara Festival Budaya di Kota Moscow, Rusia.

“Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia-Mrs. Lyudmila Vorobieva memberikan undangan secara tidak resmi kepada kami yang mewakili Sumatera Utara untuk mengikuti festival budaya di Moscow, Rusia yang akan berlangsung pada bulan Januari 2023,” Terangnya.

Selain Negara Rusia, Negara tetangga, Filipina juga turut mengundang para mahasiswa untuk mengikuti festival budaya di Negara di Filipina.

“Begitu pula dengan Atase Sekretaris III dan Wakil Konsul Kedutaan Besar Republik Filipina untuk Indonesia-Mr. Glenn Joseph D. The. Beliau memberikan undangan secara tidak resmi kepada mahasiswa yang mewakili Sumatera Utara untuk tampil di Kedutaan Besar Republik Philipina untuk Indonesia pada bulan November yang akan datang, ” Ungkapnya.

” Hanya perwakilan dari Sumatera Utara yang mendapatkan undangan tersebut, ” Tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain menampilkan budaya Indonesia, perwakilan dari Negara Rusia juga turut menampilkan tarian dan lagu khas mereka.

Begitu pula dengan Kedutaan Besar Republik Philipina untuk Indonesia yang menampilkan tarian serta masakan khas negara yang dijuluki Lumbung Padi Asia.

Exit mobile version