Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Erick Thohir: Sejak Dulu, SDA Sumut Sudah Terkenal

Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah memberi keterangan kepada wartawan.

Medan – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, sejak zaman dahulu Sumatera Utara (Sumut) sudah terkenal akan sumber daya alamnya (SDA).

“Sumut sejak dahulu memang sudah terkenal akan sumber daya alamnya, untuk itu sekarang kita perlu melakukan hilirisasi. Saya tadi juga melihat beberapa pabrik yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, yang bisa meningkatkan ekonomi dan membuka lapangan kerja,” kata Erick Thohir usai dijamu makan malam bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah di kediaman pribadi keluarga Wakil Ketua I TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari, di Jalan Medan Area Selatan, Jumat (25/6/2021) malam.

Erick Thohir hadir di Medan usai siang harinya mengunjungi Kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga) milik PT Socfindo Indonesia di Desa Martebing, Kecamatan Dolok Masihul, Serdang Bedagai, dan juga mengunjungi KEK Sei Mangkei.

Dia mengaku sudah meminta kepada BUMN yang mengelola KEK Sei Mangkei, agar dapat menjadikan tanah-tanah yang berada disekitaran kawasan tersebut, bisa menjadi investasi yang murah bagi para pabrik yang ingin membangun pabriknya di sana, jangan malah dipersulit.

 

BACA JUGA

Baca Juga:

Pasar Ikan Tanjung Tiram Diresmikan Sebagai Pasar Tertib Ukur

Alat Ukur Berstandart Nasional Untuk Nelayan Akan Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Kepada Nelayan Batu Bara

Hinca IP Panjaitan Gagas Komunitas Ekonomi Baru di Simalungun

Komunitas Ekonomi Berbasis Pohon Aren Untuk Menjaga Kelestarian Bah Bolon

Curhat Pelaku UMKM Diperiksa Polisi

Diperiksa Polisi Karena Kemas Kopi

 

“Laporan dari pihak SEI Mangkei, insyaallah, akan ada tambahan 60 hektar lahan untuk investasi baru, tetapi harus ada yang diperbaiki seperti layanan kereta api dan lainnya,” katanya.

Mengenai Kebun Tanaman Obat Keluarga, Erick mengatakan hal itu harus didukung. “Kebetulan kami melalui Indofarma sekarang sudah fokus untuk memastikan supply chain (rantai pasokan) untuk obat-obatan herbal, karena rumah sakit yang berada dibawah naungan BUMN, saya sudah minta untuk terbuka dengan obat-obat herbal, tidak hanya tergantung pada obat kimia,” ujarnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi berharap dengan kehadiran Menteri BUMN ke Sumut, terjalin kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian yang ada di Sumut.

“Beliau (Menteri BUMN Erick Thohir) adalah perwakilan dari pemerintah pusat yang sedang melihat Sumut. Pastinya dengan kunjunganya kali ini ke Sumut, bisa melihat langsung kesulitan yang ada, dan bisa meningkatkan perekonomian kita,” harapnya. ()

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi