Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Mau Token Listrik PLN Gratis? Ini Caranya

Simantab, Rilis

Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus menyelenggarakan stimulus kepada pelanggannya. Stimulus yang dirancang untuk mengurangi beban pelanggan PLN karena terkena dampak pandemi Covid 19. PLN membagi bagi token listrik gratis untuk bulan oktober 2021 sampai dengan Desember 2021.

PLN menyebut program ini dengan sebutan Program Subsidi Listrik Gratis berdasarkan kategori tertentu. Jadi untuk memperoleh subsidi ini, simantabers harus memenuhi syarat syarat tertentu. Penasaran?

Berikut ini adalah syarat untuk memperoleh Subsidi dari PLN untuk Bulan Oktober 2021.

  • Pelanggan PLN untuk kategori rumah tangga, bisnis dan industri yang memiliki daya 450 VA
  • Pelanggan listrik yang tergolong rumah tangga dengan ketegori daya listrik sebesar 900 VA besubsidi yang sudah didata pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Bagi pelanggan listrik PLN yang memiliki daya 450 VA, maka akan memperoleh bantuan subsidi diskon token listrik PLN gratis sebesar 50%. Bantuan juga akan diberikan kepada para pelanggan dengan kategori daya 450 VA dengan maksimal pemakaian 720 jam per bulan.

Lalu, untuk pelanggan dengan kategori daya sebesar 900 VA akan memperoleh subsidi diskon token listrik PLN gratis sebesar 25%. Tapi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk pelanggan degan kategori daya 900 VA harus terdaftar terlebih dahulu dalam DTKS Kemensos guna memperoleh bantuan subsidi PLN gratis.

Bila sudah memenuhi syarat yang sudah disebutkan, pelanggan PLN dapat memperoleh bantuan subsidi diskon token listrik PLN gratis.

Seperti dilansir oleh msn.com berikut ini adalah tata caranya:

Seharusnya Anda Tau

Mau Kemana Kabupaten Simalungun

Sense Of Crisis Radiapo H Sinaga, Cs NOL BESAR

Tidak Di Vaksin, Dokter Tolak Tangani Pasien

Vaksin Untuk Kesehatan Masyarakat Bukan Hanya Kesehatan Pribadi

Cara Mendapatkan Token PLN Gratis

Berbeda dengan periode-periode sebelumnya, untuk subsidi PLN gratis periode Oktober dan kedepannya pelanggan tidak melewati situs resmi PLN atau WhatsApp. Karena, untuk periode September-Desember 2021, token PLN gratis akan diberikan langsung kepada para pelanggan sesuai dengan jenjang pembayaran setiap bulan.

Untuk pelanggan PLN dengan metode pembarayan pascabayar, maka token PLN gratis periode Oktober akan diberikan langsung dengan cara memotong tagihan rekening listrik setiap bulan. Kemudian untuk pelanggan dengan metode pembayaran prabayar, maka token PLN gratis periode Oktober akan diberikan pada saat pelanggan membeli token listrik.

Cara Mengetahui Bantuan PLN Gratis

Bila pelanggan belum yakin apakah mendapatkan bantuan PLN gratis atau tidak, maka pelanggan bisa mengecek melalui situs resmi program Stimulus PLN. Adapun untuk cara mengeceknya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser pada ponsel kamu, kemudian ketik stimulus.pln.co.id.
  2. Setelah terbuka, masukkan nomor ID pelanggan dan captcha, lalu pilih β€œCari”.
  3. Kemudian tambahkan nomor KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat lengkap, dan kode Captcha.
  4. Setelah data terisi dengan benar dan sesuai, pilih β€œSimpan”.

Bila kamu termasuk kategori pelanggan yang menerima diskon, maka akan muncul besaran diskon yang diberikan. Tapi, bila pelanggan tidak termasuk sebagai kategori penerima diskon listrik, maka akan muncul bahwa ID pelanggan tidak menerima diskon.

Layanan Stimulus PLN

Bila kamu mengalami kendala mengenai program Stimulus PLN gratis, maka kamu dapat menghubungi layanan berikut:

  • Nomor layanan pengaduan PLN: 123
  • Layanan pengaduan bisa dengan aplikasi PLN Mobile
  • Layanan pengaduan konsumen listrik Kementrian ESDM: konsumen.listrik@esdm.go.id
Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi