Kantor Berita Simantab
Pusat informasi dan berita politik, ekonomi, hukum, budaya dari kabupaten karo, pakpak, dairi, toba, melayu, simalungun dan budaya jawa.

Tilang Elektronik di Siantar, 2 Kamera Pengawas Ditempatkan di Sini

Siantar – Satuan Lalu Lintas Polres Pematangsiantar telah memberlakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Ada dua kamera pengawas atau CCTV dipasang, yakni di Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka.

“Ada dua, tapi masih kami ajukan karena alatnya mahal. Soal bulannya belum pasti juga, tapi di daerah lain sudah banyak yang terpasang,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas AKP Muhammad Hasan, Selasa (20/4/2021) sore.

Selain itu, sejumlah personel juga dilengkapi kamera portabel penindakan pelanggaran kendaraan bermotor (Kopek) yang dipasang pada helm. 

Hasan menambahkan, sasaran utama ETLE nantinya adalah pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm.

BACA JUGA

Baca Juga:

Tentara Langit Syarifin Bangun Dipenjara Kedua Kalinya Dalam 1 Tahun

Polres Karo Abaikan SK 3 Menteri tentang UU ITE

Viral, Pedagang Ikan Korban Pajero

Netizen: Pajero Berubah Jadi Angkot

Mendorong Perda Sapangambei Manoktok Hitei di Siantar

Rencana Bukaan Bareng Teman, 2 Gadis Siantar Tabrakan Motor

“Sebelum diberlakukan secara resmi, kami sudah pantau, sosialisasi kepada masyarakat perlahan. Saya yakin, pelanggaran paling banyak itu nanti pasti pengendara sepeda motor yang tidak pakai helm. Karena sejauh ini aja uda banyak,” tukasnya.

Berita sebelumnya disebutkan, sistem tilang online atau ETLE akan berlaku di Kota Pematangsiantar awal April 2021. Nantinya, pelanggar aturan lalu lintas yang terkena tilang online tidak perlu ikut sidang.  Mereka cukup membayar besaran denda pelanggaran tilang online. 

Seharusnya Anda Tau

Baitul Muslimin Indonesia Sampaikan Belasungkawa

Minta Pihak Kepolisian Usut Tuntas

Pembunuh Owen Bukan Orang Gila?

Pelaku Mengantongi Uang Jutaan Rupiah Dan Membunuh Karena Dendam

Bang Hefri Belajarlah Dari Anies Baswedan

Gubernur Sumatera Utara Minta Walikota Pematang Siantar Jalankan Putusan Mahkamah Agung

Selain untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas, tilang online juga untuk meminimalisir petugas yang melakukan pemerasaan saat melakukan penindakan.

Tilang online akan berlaku dan mendapatkan sanksi sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. ().

Top Radio Banner
Comments
Loading...

Situs ini menggunakan kuki untuk memberikan pengalaman terbaik bagi anda dalam menggunakan layanan kami. Kami memegang komitmen untuk melindungi privasi anda dan menjadikan keamanan data menjadi prioritas kami SetujuBaca Lagi