Iklan JR Saragih

Berita Populer Sepekan

Berita populer selama sepekan pada akhir bulan Januari 2023 masih berkutat dengan persoalan politis dan kriminalitas. Dimulai dengan dugaan mengalirnya dana APBD Kabupaten SImalungun ke rekening pribadi sekda Esron Sinaga.

Dugaan penyalahgunaan ini diendus pertama kali oleh inews melalui wartawannya Ricky Hutapea. Dimana sinyalemen mengalirnya dana tersebut berdasarkan informasi dari beberapa ASN dilingkungan sekretariat daerah Kabupaten SImalungun.

Sampai dengan berita ini dirilis, belum terdapat tindakan dari Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga untuk melakukan klarifikasi.

Informasi ini menjadi berita dengan peringkat ke 6.

Baca:

  1. Simantab ajukan permohonan informasi publik ke Bupati SImalungun

  2. Gemapsi surati BPK dan PPATK

Selanjutnya berita terpopuler di peringkat 5 adalah kasus ditabraknya mahasiswa Universitas Indonesia oleh pensiunan polisi hingga meninggal dunia. Muhammad Hasya Attalah meninggal dunia setelah ditabrak oleh kendaraan seorang purnawirawan polisi berpangkat AKBP. Mirisnya Hasya justru ditetapkan sebagai tersangka.

Keluarga menyatakan bahwa mereka kerap diminta untuk berdamai oleh aparat kepolisian. Dan saat ini, keluarga sedang berjuang untuk menuntut oknum purnawirawan polisi tersebut supaya diproses sesuai hukum.

Terbaru Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran menyatakan bahwa telah mendapat perintah dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk membuka ulang kasus tersebut dan dirinya sudah membentuk tim independen untuk menyelidiki kasus tersebut.

Baca: Kapolda Metro Jaya bentuk tim asistensi dan konsultasi kasus meninggalnya Mahasiswa UI

Berita populer selanjutnya adalah tentang keputusan Partai Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden. Penegasan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono melalui rilis yang disebarkan kepada awak media.

Selanjutnya Sekjen Partai Demokrat Teuku Rifky Hasya setelah menghadiri pertemuan tim kecil di rumah Anies Baswedan menguatkan rilis tersebut. Dalam konfrensi pers yang disaksikan oleh Anies Baswedan, Sohibul Imam dan Sudirman Said.

Pasca deklarasi dari Partai Demokrat tersebut, Sohibul Imam sebagai perwakilan Partai Keadilan Sejahtera di tim kecil langsung berangkat ke Istambul Turki untuk mendapatkan arahan dari Ketua Majelis Syuro dan Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera.

Esok harinya Sohibul Imam langsung melakukan konfrensi pers di Bandara Soekarno Hatta. Dalam konfrensi pers tersebut, Sohibul Imam menyatakan bahwa Partai Keadilan Sejahtera juga sudah sepakat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada pemilihan Presiden tahun 2024.

Dengan deklarasi tersebut maka Anies Baswedan sudah memenuhi persyaratan pencalonan yaitu dukungan dari gabungan partai politik sebesar 20%.

Baca: Anies Baswedan Kantongi Tiket Nyapres

Selanjutnya berita populer berasal dari Jawa Timur. Berita tentang keterlibatan mantan Walikota Blitar Samanhudi Anwar dalam perampokan Rumah Dinas Walikota Blitar Santoso. Samanhudi Anwar adalah pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Blitar.

Samanhudi Anwar dicokok KPK dalam operasi tangkap tangan karena dugaan suap pembangunan atau proyek yang bersumber dari APBD Kota Blitar. Setelah ditangkap KPK, Wakil Walikota Blitar Santoso menjadi Walikota Blitar.

Penangkapan Samanhudi Anwar oleh aparat kepolisian setelah aparat kepolisian berhasil menciduk 3 perampok yang merampok rumah Walikota Blitar Santoso. Dari ketiga tersangka inilah nama Samanhudi Anwar diperoleh sebagai salah satu orang yang turut serta dalam perampokan tersebut.

Baca: Jejak Samanhudi dalam perampokan rumah dinas Walikota Blitar

Runner up untuk berita terpopuler di akhir bulan Januari 2023 ini adalah kisah seorang anak, Rahmat Aulia di Aceh yang mengendarai becak sejauh 160 Km untuk membawa ayahnya berobat. Sang anak yang berusia 11 tahun setiap 10 hari sekali mengendarai becak barangnya dari Pidie menuju ke Aceh Utara yaitu RSUD Cut Meutia.

Sang anak dengan semangat membawa ayahnya dan menidurkan sang ayah di gerobaknya.

KIsah ini terpublikasi setelah seorang netizen melihat dirinya dipinggir jalan sedang beristirahat. Setelah mengetahui tujuannya, sang netizen membantu Rahmat Aulia dan mengusahakan ambulance dan sekalian mempublikasinya ke media sosial.

Kisah tersebut menjadi viral dan akhirnya banyak orang yang bersimpati dan memberikan dukungan moral dan material kepada Rahmad Aulia.

Baca: Sosok Rahmat Aulia, Bocak Acek yang antar ayahnya berobat naik becak

Dan berita terpopuler yang menjadi jawara dalam minggu ini adalah desas desus reshufle kabinet oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi. Dimana reshufle ini banyak dikaitkan dengan sikap Partai Nasdem yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon Presiden di Pemilihan Presiden tahun 2024 nanti.

Desakan kepada Presiden Jokowi untuk melakukan reshufle demikian kuat terutama dari politikus yang berasal dari PDI Perjuangan.

Baca: Tentang Reshufle Kabinet pada Rabu Pon, Jokowi persilahkan wartawan untuk menunggu besok

Kompilasi dari berita berita tersebut disajikan simantab dalam sebuah video yang dapat ditonton.

Berikut ini adalah video kompilasi berita populer

YouTube player
Silverius Bangun
Author: Silverius Bangun

Penulis magang dengan pengalaman paripurna. Mulai dari mbecak hingga mbakwan dilakoni dengan riang gembira. Jika anda menginginkan inspirator untuk kehidupan yang penuh lika liku maka anda berada pada penyedia konten yang tepat

Iklan RS Efarina
Iklan Anies Imin
Exit mobile version