Bersantai di Istana Maimooon, Kota Medan

Istana Maimoon adalah salah satu destinasi wisata edukatif di Kota Medan. Istana Maimoon merupakan kediaman resmi dari Sultan Deli. Kesultanan Deli sendiri merupakan salah satu kesultanan yang berdiri di tanah deli.

Bermula dari perluasan wilayah yang dilakukan oleh Kerajaan Aceh pada tahun 1632. Kesultanan Deli didirikan oleh Tuanku Gocah Pahlawan. Kesultanan Deli pada awal pendiriannya berada dibawah Kerajaan Aceh.

Kesultanan Deli berdiri sendiri pada abad ke 19 dann memisahkan diri dari Kerajaan Aceh dan Siak.

Kesultanan Deli pasca Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lagi memiliki kekuatan politik. Sehingga aktivitas kesultanan lebih banyak bergerak dibidang pelestarian budaya melayu.

Saat ini, Kesultanan Deli diperintah oleh Sultan Mahmud Lemanjiji Perkasa Alam. Sultan Mahmud Lemanjiji Perkasa Alam naik tahta pada tahun 2005.

Adapun peninggalan Kesultanan Deli yang masih ada sampai dengan sekarang adalah:

  1. Istana Maimoon
  2. Mesjid Raya Al Maksum
  3. Mesjid Raya Al Osmani
  4. Taman Sri Deli

Dan saat ini, pengunjung dapat memasuki areal Istana Maimoon setiap hari. Dimana pada pukul 08. 00 – 17.00 setiap harinya pengunjung dapat memasuki areal Istana Maimon. Sedangkan di sore hingga malam hari, pengunjung dapat menikmati indahnya bintang dari pekarangan Istana Maimon.

Pihak Istana Maimoon saat ini sudah menyediakan ragam permainan anak anak dan wahana yang dapat disewa,

Istana Maimoon terletak di Jalan Brigjend Katamso, Kota Medan,

Anda dapat menyaksikan video wisata berikut ini yang mengupas tentang Istana Maimoon di malam hari.

YouTube player

 

Lowongan Kerja Simantab oleh www.simantab.com
Exit mobile version