2 Bulan Pencuri TV Menghilang, Akhirnya Ketangkap Juga

0
465

SIMANTAB.COM, Medan – Hampir dua bulan menghilang usai menggondol TV layar datar dari rumah Parlindungan Marbun (50) di Jalan Rakyat, Pasar III, Gang Cendrawasih No 2 Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Medan Perjuangan. Akhirnya, pelaku yang diketahui bernama Saut Maruli Rumapea (34) warga Jalan Rakyat, Pasar III, Gang Merpati, Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Medan Perjuangan, akhirnya ditangkap korban bersama warga sekitar.

Sebelum diamankan ke kantor polisi, pria pengangguran itu pun sempat dihajar warga dan diarak ke kantor Lurah Medan Perjuangan, pada Sabtu (11/2) pukul 23.30 WIB.

Informasi yang diperoleh dari sorot daerah. Net, aksi pencurian yang dilakukan Saut pada Minggu (1/1) jam 12.00 WIB, lalu.

Saat itu, Parlindungan meninggalkan rumahnya di Jalan Rakyat, Pasar III, Gang Cendrawasih, dalam keadaan tak berpenghuni. Korban sengaja pergi, beribadah ke gereja.

Begitu tiba di rumahnya, Parlindungan mendapati gembok pintu sudah dirusak maling. Lebih terkejut lagi, TV layar datar merk Samsung di dalam rumahnya pun raib.

Korban terkejut bercampur geram. Tanya punya tanya ke tetangga, ternyata si Saut pelakunya. Parlindungan sengaja tak melapor kala itu. Ia berharap bisa meringkus pelaku sendiri.

Hampir dua bulan mencari keberadaan Saut, akhirnya Parlindungan mendapati pelaku sedang berada di kawasan rumahnya. Bersama warga, korban langsung menangkapnya. Takut, terjadi aksi main hakim sendiri, warga kemudian menggiring tersangka ke kantor Lurah Medan Perjuangan.

Petugas kepolisian Polsek Medan Timur yang mendengar adanya pelaku pencurian diamankan di kantor Lurah pada malam itu, langsung turun ke lokasi. Dengan mudah, polisi pun berhasil memboyong pelaku untuk dijebloskan ke penjara.

“Personil kita turun ke TKP setelah diinformasikan masyarakat tentang diamankannya tersangka. Setelah diinterogasi, tersangka mengakui perbuatannya, telah mencuri TV layar datar milik korban,” kata, Kanit Reskrim Polsek Medan Timur, Iptu Ainul Yaqin, Selasa (14/2) sore.

Di kantor polisi, pelaku mengaku telah menjual barang curiannya itu seharga Rp 1.500.000 kepada seorang wanita bernama Juraidah Matondang (38) warga Jalan Mesjid Taufik, No 24 Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Medan Perjuangan.

“Kita sudah mendatangi rumah Juraidah dan menyita barang bukti tersebut berupa satu unit TV Merk Samsung 32 inci. Ibu Juraidah memang mengakui bahwa tersangka ada menjual satu unit TV tersebut kepadanya,” terang, Ainul Yaqin.

Ternyata, lanjut perwira polisi berpangkat 2 balok emas ini lagi, pelaku tak bisa mungkir dari aksi pencurian itu. Sebab, tetangga rumah korban melihat pelaku menggondol TV milik korban.

“Ada saksi yang melihat kejadian itu bernama Amos Loi. Setelah korban mengetahui dari saksi, korban tidak langsung membuat Laporan Polisi, tapi korban bersama temannya berusaha mencari keberadaan tersangka. Hingga sampai pada hari Sabtu kemarin, tersangka ditemukan korban lalu ditangkap untuk dibawa ke kantor lurah,” jelasnya.

Saat ini, korban telah resmi membuat laporannya. Dan pihaknya mengaku telah memasukan Saut ke dalam sel, Mapolsek Medan Timur, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.