Kepedulian Sosial, DPD IPK Paluta ‘Bedah Rumah’ Warga Kurang Mampu

0
21

PALUTA – Untuk mewujudkan rasa kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat yang kurang mampu, Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bersama Pimpinan Anak Cabang IPK (PAC IPK) kecamatan Padang Bolak melakukan ‘bedah rumah’ salah seorang warga yang kurang mampu atas nama Arman Simamora (42) dan istrinya Tiarba Siregar (40) di desa Rampa Julu, kecamatan Padang Bolak, Rabu (25/8).

Kegiatan ‘bedah rumah’ warga tersebut dipimpin langsung oleh koordinator wilayah IPK Tabagsel Darwin Lubis bersama ketua PAC IPK Padang Bolak Syahrul Fahmi Siregar didampingi oleh wakil ketua DPD IPK Paluta Harif S Harahap beserta sejumlah kader IPK Paluta lainnya.

Ketua DPD IPK Paluta Erando Mustuapari Harahap melalui ketua PAC IPK Padang Bolak Syahrul Fahmi Siregar mengatakan bahwa kegiatan ‘bedah rumah’ sebagai wujud rasa kepedulian organisasi IPK terhadap kondisi sosial masyarakat khususnya di kabupaten Paluta.

“Ini merupakan wujud rasa kepedulian IPK kepada masyarakat untuk berbagi tali asih dengan membantu merenovasi rumah warga yang tidak layak huni untuk jadi lebih baik,” ujar Fahmi.

Katanya, kegiatan ‘bedah rumah’ ini diprakarsai oleh IPK Paluta setelah menerima informasi dari petugas dari Dinas Sosial Paluta yakni pendamping PKH kecamatan Padang Bolak atas nama Parlin Harahap tentang adanya kondisi rumah warga yang sudah tidak layak huni.

Lanjutnya, segala bentuk material dan bahan yang dibutuhkan, disediakan oleh para kader IPK dan dikerjakan oleh kader IPK Paluta dibantu oleh warga sekitar yang anggarannya dioeroleh dari bantuan sukarela para pengurus DPD IPK Paluta maupun PAC IPK Padang Bolak.

“Untuk dananya kita peroleh dari sumbangsih para kader IPK Paluta seperti dari penasehat IPK Paluta Oluto Tobing, Korwil Darwin Lubis, ketua IPK Paluta Erando Mustuapari Harahap beserta rekan-rekan juang kader IPK Paluta yang lain,” ungkapnya.

Fahmi yang juga merupakan ketua harian DPD IPK Paluta ini menambahkan bahwa pengerjaan ‘bedah rumah’ ini dijadwalkan selesai dalam waktu 3-4hari kedepan dan nantinya akan dilanjutkan dengan penyerahan kunci kepada pemilik rumah.

Ia juga menyampaikan bahwa ketua DPD IPK Paluta Erando Mustuapari Harahap tidak bisa ikut turun kelapangan karena kondisi kesehatan beliau yang saat ini sedang menjalani operasi dan perawatan di salah satu RS di Medan.

Senada, Korwil IPK Tabagsel Darwin Lubis mengapresiasi kegiatan ‘bedah rumah’ warga yang dilakukan oleh kader IPK Paluta yang menjadi inisiator kegiatan sosial membantu warga kurang mampu ini.

Dikatakannya, karya dan kegiatan seperti ini merupakan langkah yang menunjukkan jati diri seorang kader IPK yang begitu peduli terhadap masyarakat sekitar sesuai motto IPK yakni karya nyata dan bukan karya kata.

“Saya yakin setiap niat baik yang dilandasi rasa ikhlas akan memberi manfaat yang berguna. Rasa salut dan bangga jepada pengurus IPK Kecamatan Padang Bolak dan IPK Paluta serta seluruh kader IPK di wilayah Paluta yang selama ini sudah begitu aktif dalam memajukan  organisasi dengan tetap menunjukkan rasa kepeduliannya terhadap sesama. Hidup IPK., Karya Nyata dan Bukan Karya Kata,” ucapnya.

Sementara, kepala desa Rampa Julu Henni Marida Siregar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran pengurus dan kader IPK Paluta yang telah memberikan sumbangsih biaya dan tenaga sehingga bisa meringankan beban salah seorang warganya yang kurang mampu.

“Kami atas nama pemerintah desa dan seluruh lapisan masyarakat kepada seluruh kader IPK Paluta yang telah meringankan beban warga kami yang kurang mampu. Semoga IPK semakin jaya dan tetap peduli terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Paluta,” ucapnya.

Adapun warga yang dibedah rumahnya, Arman Simamora didampingi istrinya Tiarba Siregar dengan rasa haru mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam atas perhatian dan bantuan dari para pengurus dan kader IPK Paluta.

Katanya, dirinya bersama istrinya yang kesehariannya bekerja sebagai petani menempati rumah ini bersama 2 orang anaknya.

“Terima kasih banyak kepada seluruh pengurus IPK Paluta atas bantuan ini, saya hanya bisa berterima kasih dan mendoakan semoga rezekinya semakin berkah dan IPK semakin jaya di Paluta,” katanya dengan rasa haru.

Pantauan, kondisi rumah lama yang ditempati oleh Arman beserta istri dan dua orang anaknya sudah tidak layak huni dan sudah reot serta nyaris rubuh. Dan selain melakukan pengerjaan ‘bedah rumah’ warga, kader IPK Paluta juga memberikan santunan sejumlah uang tunai yang diserahkan oleh Korwil IPK Tabagsel Darwin Lubis didampingi ketua PAC IPK Padang Bolak Syahrul Fahmi Siregar kepada Arman Simamora bersama istrinya Tiarba Siregar. (Febri M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.