Amerika Lirik Persoalan Sanitasi Kota Pematang Siantar

0
179
Ilustrasi USAID

SIMANTAB.COM, Siantar –  Persoalan sanitasi, dan ketersediaan air bersih di Kota Pematang Siantar menjadi perhatian dunia internasional. Ini dibuktikan dengan dijadikannya kota ini sebagai tempat pelaksanaan proyek Indonesian Urban Water Sanitation and Hygiene.

Proyek ini, merupakan bagian dari program kerja Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika, atau United States Agency International Development (USAID). Sebagaimana dilaporkan kantor berita Antara, perwakilan USAID yakni Regional Manager IUWASH Plus Muhammad Yagi, Irwansyah sebagai Urbant Sanitation Specialist, dan Adi Rahman selaku Raw Water Specialist telah bertemu dengan Pj Walikota Pematang Siantar, Senin (29/08/2016) tadi untuk membahas rencana tersebut.

Tidak sebatas persoalan sanitasi, usai pertemuan dengan Jumsadi Damanik, pihak USAID memaparkan ada berbagai komponen program ini yang akan dijalankan seiring dengan proyek utama tersebut. Antara lain; peningkatan layanan di tingkat rumah tangga, penguatan kinerja institusi pengelola di tingkat kota/kabupaten, penguatan aspek pembiayaan, serta advokasi, koordinasi, dan komunikasi.

Jumsadi sendiri, dalam kapasitasnya sebagai Pj Walikota Pematang Siantar menyambut baik kerja sama tersebut. Dia berpendapat, persoalan sanitasi merupakan persoalan yang seharusnya diberi perhatian khusus. “Masalah sanitasi ini memang sangat vital sekali, karena kaitannya dengan khalayak. Apalagi, masih banyak rakyat yang kurang memperhatikan hal seperti ini. Contohnya: ada yang abai terhadap kualitas sanitasi rumah tangga, ada pula yang tidak membiasakan diri berperilaku higienis atau hidup bersih dan sehat,” katanya.(Sn-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.