Asahan Tetapkan Tiga Kecamatan KLB Demam Berdarah

0
201
Seorang petugas melakukan pengasapan di permukiman penduduk, guna meminimalisir perkembangan nyamuk penyebar wabah demam berdarah dengue. Di Kabupaten Asahan, 3 Kecamatan ditetapkan berstatus KLB demam berdarah. (Simantab.com/Int)

SIMANTAB.COM –  Pemerintah Kabupaten Asahan menetapkan 3 Kecamatan berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Dinkes juga mencatat, ditemukan 12 korban meninggal akibat DBD sepanjang tahun ini.

Fakta menarik lainnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan menyatakan, persebaran kasus DBD kini sudah merata di hampir seluruh Kecamatan yang ada di bumi Rambate Rata Raya tersebut.  Selain itu, terjadi peningkatan jumlah kasus yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu.

“Hingga September 2016 berjalan ini, kasus DBD yang terjadi di Asahan tercatat sejumlah 355 kasus. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan kasus yang sama di tahun sebelumnya, yakni 2015 lalu yang hanya 174 kasus,” kata Kepala seksi P2P Dinas Kesehatan Asahan, Safrin Hutahaen, seperti dikutip dari Antara Sumut.

Merujuk pada hasil penelitian di lapangan, menurut Safrin, pihaknya menyimpulkan ada beberapa alasan logis yang membuat kasus DBD kian tinggi. Dan salah satunya ialah, kurangnya kesadaran, serta pemahaman masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Tidak kita pungkiri bahwa masih sangat banyak masyarakat kita yang seolah enggan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” kata dia.

Mengenai peran pemerintah dalam upaya meminimalisir kasus DBD seperti yang terjadi sekarang, Hutahaean mengatakan, Dinas memiliki program yang bersifat kontinyu untuk masalah yang satu ini, yakni, menggiatkan sosialisasi berjadwal ke masyarakat, serta melakukan tindakan pengasapan (fogging).

“Namun yang perlu di ingat, peran serta dan kesadaran masyarakat adalah yang utama untuk menekan tingginya kasus DBD ini. Dan sebagai informasi, Dinkes baru-baru ini melakukan fogging dan luas cakupan 6.300 rumah warga di beberapa tempat,” katanya.(Sn-09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.