Bawaslu Minta Pleno Ditunda, KPUD Siantar Tetapkan Pemenang Pilkada Hari ini

0
180
Bawaslu Minta Pleno Ditunda, KPUD Siantar Tetapkan Pemenang Pilkada Hari ini

SIMANTAB.COM, Pematangsiantar – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) tetap melakukan pleno penetapan pemenang Pilkada Kota Pematangsiantar meski Bawaslu Sumatera Utara meminta agar pleno tersebut ditunda.

Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) kemarin, Rabu (14/12/2016). Penetapan pemenang Pilkada Kota Pematangsiantar yaitu pasangan calon nomor urut 2, Hulman Sitorus dan Hefriansyah yang dilakukan di Hotel Sapadia Pematangsiantar, Kamis (15/12/2016) sore.

Ketua KPUD Pematangsiantar, Mangasi Purba mengatakan meski ada gugatan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut dan adanya surat permintaan penundaan penetapan pasangan calon terpilih, Mangasi mengatakan hal tersebut tidak terlalu berpengaruh.

“Iya memang benar ada surat dari Bawaslu tadi malam. Cuma kami tetap melakukan penetapan pasangan calon terpilih. Karena berdasarkan PKPU sehari setelah putusan MK maka akan dilakukan penetapan, dan putusan MK itu adalah final dan mengikat,” ucapnya.

Setelah penetapan ini, mereka akan mengajukan pasangan calon terpilih ini ke DPRD untuk pengesahan pasangan calon terpilih dan kemudian diserahkan ke Mendagri melalui Pemerintah Sumatera Utara.

Hefriansyah, terlihat hadir dalam pleno terbuka penetapan pemenang Pilkada Kota Pematangsiantar. (lud)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.