Begini Kata Aris Merdeka Soal Anak Dan Ibunya di Selkan

0
93

SIMANTAB.COM, Labuhanbatu – Terkait anak dan ibunya yang disel kan Polsek Aek Natas,Polres Labuhanbatu Aris Merdeka Sirait selaku Ketua Perlindungan anak angkat bicara.

Katanya, Senin (21/8/2017),pelaku tindak pidana kejahatan Narkoba Rini Rambe (23)  harus mendapat penanganan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.

Jika terduga pelaku masih mempunyai bayi, maka penahanan yang dilakukan terhadap Rini Rambe harus juga mempertimbangkan keselamatan dan depentingan terbaik bayinya. Anak tidak bisa dimasukkan dalam tahanan namun terduga pelaku juga tidak dapat dibenarkan menggunakan tameng bayinya untuk tidak ditahan jika terbukti bersalah.

Demi kepentingan terbaik anak, Komisi Nasional Perlindungan Anak sebagai lembaga perlindungan anak independen di Indonesia mendorong Polres Labuhan Batu untuk segera berkordinasi dengan Kadis Sosial dan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk memberikan perlindungan terhadap  bayi terduga pelaku dengan menempatkan anak dalam rumah aman selama ibunya menjalani pemeriksaan pihak penyidik Polres Labuhan Batu,”demikian disampaikan Arist Merdeka Sirait Ketua Komnas Perlindungan Anak.

Arist Merdeka Sirait juga meminta Kapolres Labuhan Batu AKBP Frido Situmorang untuk menindak tegas anggotanya yang terbukti sengaja memeras terduga pelaku selama proses pemeriksaan di Kepolisian  dan disamping itu untuk menjaga keselamatan anak Komnas Anak juga mendesak Kapolres Labuhan Batu untuk segera mengevakuasi anak yerdiga pelaku ke rumah aman (savety house) yang disediakan Dinas Sosial Labuhan Batu.

Demi  kepentingan terbaik anak (the best interest of the child)  seperti yang diamanatkan Konvensi PBB tentang Hak Anak dan UU RI No. 35 Tahun 2014, Komnas Perlindungan Anak akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas PPPSA Labuhan Batu, tambah Aris. (Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.