Bupati Remigo Irup Hardiknas 2018 Tingkat Kabupaten Pakpak Bharat

0
203

SIMANTAB.COM, Pakpak Bharat – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Napasengkut, Salak, pada Rabu (02/05/2018) dengan disaksikan oleh Dandim 0206/Dairi, Letkol (Arh) Hadi Purwanto, SH, Wakil Ketua DPRD, Kadri Tumangger, Sekda Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, perwakilan Forkopimda, para pimpinan OPD, anggota DPRD, para Bunda PAUD dan seluruh peserta upacara yang terdiri dari unsur PNS, TNI, Polri, para Guru dan pelajar.

Secara resmi Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, melakukan soft launching Gernas Baku atau Gerakan Nasional Orang Tua membacakan buku tingkat Kabupaten Pakpak Bharat, yang ditandai dengan pemukulan gong, pada pelaksanaan upacara.

Selain itu, dilakukan pemasangan pin Gernas Baku, oleh Bunda PAUD Kabupaten Pakpak Bharat, Ny Dewi Remigo, S.Sos secara simbolis kepada perwakilan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa.

Gernas Baku ini merupakan program nasional untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan PAUD dan dimasyarakat. Kegiatan Gernas Baku merupakan kegiatan kolaborasi antara pemerintah dengan pegiat peduli PAUD, perguruan tinggi, dunia usaha dan stake holder lainnya untuk menumbuhkan budaya membaca.

Pada pelaksanaan upacara, Bupati bertindak selaku Inspektur Upacara dan membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, yang menyampaikan bahwa momentum Hardiknas dijadikan pelaksanaan Muhasabah, mesu budi atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan.

“Guru, orang tua dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia. Pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai relijius, kejujuran, kerja, gotong royong dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa,” sebutnya seraya menambahkan bahwa pada saat yang bersamaan, tantangan eksternal muncul dari perubahan dunia yang sangat cepat dan kompetitif.

“Selamat hari pendidikan nasional. Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat,” tutupnya pada upacara yang dikomandani Ipda Aldo Lubis dari Polres Pakpak Bharat.

Serangkai pelaksanaan upacara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba untuk tingkat pelajar memperingati Hardiknas yang dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya, antara lain perlombaan OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat SMP, FL2SN (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat SMP, O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) tingkat SMP, serta perlombaan untuk anak-anak TK dan PAUD se-Kabupaten Pakpak Bharat. (sudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.