Dandim 0209/LB Dan Anggota DPRD Sumut Padamkan Api di Hutan Panai Hilir, Labuhanbatu

0
110

SIMANTAB.COM, Labuhanbatu – Letkol Czi Denden Sumarlin SE Dandim 0209 Labuhanbatu beserta pejabat tinggi jajarannya serta Anggota DPRD Sumut Sujian Acan Tinjau dan padamkan api kebakaran Hutan di desa Sei Lumut, kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut, Rabu (15/8/2018).

Dandim yang ditemani personil TNI AD serta jajarannya bersama Anggota DPRD Sumut Sujian Acan turut serta memadamkan api menggunakan alat semprot pemadam kebakaran (Damkar), tidak menghilangkan rasa optimis team berjibaku pada cuaca yang sangat panas.

Letkol Czi Deden Sumarlin SE penuh tanggung jawab memberikan komando kepada jajarannya serta tak lepas juga memberikan semangat motivasi kepada seluruh team, diantaranya dinas kehutanan provinsi, Manggala Agli, pemadam kebakaran labuhanbatu.

Saat dikonfirmasi wartawan, rabu (15/8/2018) Dandim Letkol CZi Deden Sumarlin S.E menyebutkan.

“Api yang membakar lahan masih kita upayakan bersama team lainnya untuk dipadamkan, bersama team lainnya kita terus berusaha agar api tidak meluas, tanah yang terbakar, gambut berkedalaman lebih kurang 4 meter, mudah mudahan bersama team dilapangan kita dapat mengantisipasi kebakaran hutan ini” ucapnya.

Ditambahkannya, Letkol CZI Deden Sumarlin S.E Meminta kepada seluruh team serta personilnya dilapangan jangan mudah patah semangat, kita harus terus melakukan upaya antisipasi meluasnya resapan api keareal lain, menurut nya sampai hari ini sekitar 35 hektar hutan didesa sei lumut habis terbakar, mari sama kita saling membahu agar kebakaran ini dapat kita padamkan, langkah yang kita ambil harus optimis memberikan motivasi positif, sebut Letkol CZI Deden Sumarlin S.E.

Sementara Anggota DPRD Sumut Bapak Sujian Acan saat dimintai keterangannya perihal kebakaran hutan yang terletak di kecamatan Panai Hilir.

“Saya sangat prihatin atas kejadian kebakaran yang terjadi di desa sei lumut kecamatan panai hilir kabupaten labuhanbatu ini, saya akan mendorong adanya Perda terkait Keikut sertaan masyarakat pemilik lahan agar berperan aktif menanggulangi terkait kebakaran hutan bilamana lahannya terbakar, artinya pemilik lahan harus berkontribusi, tidak ada alasan bagi pemilik lahan untuk tidak bertanggungjawab, pemilik lahan harus turut serta berpartisipasi”

Ditambahkannya, Perda yang nantinya kita usulkan guna antisipasi agar pemilik lahan berhati hati menjaga lahannya jangan sampai terbakar, bentuk perda ini menciptakan kepedulian kita bersama tentang dampak negatif yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan, tandasnya.

Sampai akhir pantauan wartawan, Dandim letkol CZI Deden Sumarlin S.E bersama team lainnya masih melakukan pemadaman api dilapangan, terlihat team pemadam begitu semangat untuk memadamkan api kebakaran hutan di kecamatan Panai Hilir. (Dedi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.