Diduga Curi Septor,  Pelajar SMA Diamankan Jahtanras

0
373

SIMANTAB.COM, Simalungun – Pihak Personil Polres Simalungun, melalui unit Jatanras yang bekerjasama dengan personil unit Reskrim Polsek Pane Tongah,  telah berhasil melakukan pengungkapan kasus 363 (pencurian dengan pemberatan) berakibat hilangnya satu unit sepeda motor jenis Honda GL P diwilayah hukum Polsek Panei Tongah.

Kasus yang terjadi pada sekitaran 16 Oktober 2016 lalu tersebut,  akhirnya mendapat titik terang. Hal ini dikarenakan telah diamankannya, Trio Afandi Sidauruk (18) terduga pelaku pencurian terhadap sepeda motor tersebut.  Pengamanan terhadap Trio yang diketahui masih bersetatus pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMA) N 1 Panombean Panei, kabupaten Simalungun Simalungun,  terjadi dilokasi Kos Kosan Simpang Raya,  kecamatan Panei Tongah,  kabupaten Simalungun, Rabu (15/02/2017).

Informasi diperoleh,  diamankannya Trio berdasar dari hasil penyelidikan dan keterangan dari Vijai Pranata, salah seorang pelaku yang kini telah dititipkan kepada Kejaksaan Simalungun,  bahwa yang melakukan pencurian adalah Trio Afandi Sidauruk dan Rizky Tindaon alias Kiting (DPO). Kemudian berdasarkan LP No.  Pol : LP/13//II/2017/SU/Simal – sek  P. Tongah,  terduga tersangka dikenakan sangsi sesuai dengan  pasal 363 ayat (1) ke 3r dan 4e sub KUHPidana.

Setelah berhasil diamankan,  Trio selanjutnya dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan Siantar untuk dilakukan penyelidikan guna penyesuaian keterangan yang telah diberikan oleh Vijai Pranata.

Sebelumnya,  Vijai Pranata mengungkap jika pencurian sepeda motot GL P III Sport nomor rangka MH1KEHL154KO65735 dan nomor mesin KEHLE-1063959 adalah Trio dan Rizky alias Kiting yang saat ini DPO.

Setelah berhasil mereka bertiga mendapatkan sepeda motor tersebut,  Rizky Sitindaon alias Kiting mengarahkan Trio dan Vijai untuk ke jalan Samura, kota Kabanjahe, kabupaten Karo,  guna menjual sepeda motor tersebut. Lalu setelah mengetahui sepeda motor dijual, personil Kepolisian selanjutnya bergerak menuju Kabanjahe untuk mencari keberadaan sepeda motor.

Setelah melakukan pencarian selama  satu malam dan memeriksa saksi-saksi, sepeda motor berhasil sitemukan dan didapati nomor rangka/ mesin  telah hilang atau rusak. (Geo)
Selanjutnya unit Jatanras dan Res Pane Tongah membawa tersangka berikut barang bukti sepeda motor ke kantor Sat Reskrim Polres Simalungun untuk di proses lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.