Dinas Perpustakaan Labuhanbatu Buka Kelas Belajar Komputer dan Internet Gratis

0
5
Kelas gratis pelatihan komputer dan internet di Dinas Perpustakaan Labuhanbatu

SIMANTAB.COM, Labuhanbatu – Menyesuaikan dengan revitalisasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, Dinas Perpustakaan Labuhanbatu membuka kelas belajar komputer dan internet gratis. Program ini merupakan terobosan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Ditemui di kantornya, Rabu (30/1/2019), Kadis Perpustakaan Labuhanbatu Ir H Leo Sunarta Marpaung MMA mengatakan program itu untuk mencerdaskan masyarakat dan anak bangsa di Bumi Ikabina En Pabolo. Kelas belajar komputer dan internet itu dilaksanakn di lantai II Dinas Perpustakaan Kabupaten Labuhanbatu Jln. Meranti Rantauprapat.

“Ini salah satu terobosan untuk peningkatan taraf pendidikan masyarakat melalui membaca atau dengan mengakses perpustakaan. Kelas yang kami buka pelatihan penggunaan microsoft office dan excel yang diberikan kepada mahasiswa, SMA/SMK yang sedang melaksanakan praktek kerja lapangan di Dinas Perpustakaan dan beberapa orang tenaga pelayanan perpustakaan,” ujarnya.

Hasil yang diharapkan melalui pelatihan itu, lanjut Leo, peserta dapat mengoperasikan sistem IT untuk membaca buku atau aplikasi secara online karena perpustakaan sudah memakai aplikasi perpustakaan digital yang lebih dikenal dengan “e-Book”. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak seluruhnya lagi menggunakan buku konvensional.

“Pelatihan ini gratis. Peserta diharapkan dapat mahir menggunakan program microsoft office dan excel untuk mendukung perpustakaan yang berbasis IT. Melalui peserta kita harapkan mereke sebagai penyebar ilmu kepada teman-temann yang lain,” harap Leo.

Dia menjelaskan, pelatihan ini merupakan angkatan ke III. Untuk angkatan I dan II telah digelar Nopember dan Desember tahun lalu dengan peserta dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Tenaga pengajar memberdayakan para pegawai Dinas Perpustakaan dan tanpa diberi honor.

Seorang peserta, Mahasiswi ULB Semester IV Dewi Astuti (21) warga Pulau Padang Kecamatan Rantau Utara mengaku senang dengan pelajaran itu. Tenaga pengajarnya menyampaikan materi dengan masuk akal, sehingga nyambung dan bisa fokus.

“Selama ini saya belum paham tentang komputer. Tapi begitu mengikuti kelas gratis ini saya bisa belajar banyak. Waktu belajarnya pukul 08.30 WIB sampai 11.30 WIB setiap hari kerja dan gratis. Saya berharap Dinas Pariwisata terus mengadakan kegiatan yang bermanfaat seperti ini,” ujar Dewi.

Abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.