Dua Nagori Bertikai Akhirnya Berdamai

0
658

SIMANTAB.COM, Simalungun – Pertikaian antara masyarakat Nagori Cingkes dan masyarakat Nagori Bawang,  Kecamatan Dolok Silau,  Kabupaten Simalungun, kini usai sudah. Perdamaian kedua belah pihak dilakukan dalam adat suku Karo disebut dengan Purpur Sage, dan  dilaksanakan di dalam Gereja GBKP pada Nagori Bawang,  Kamis (04/05/2017), sekira pukul 12.00 WIB.

Kegiatan Pupur Sage atau penyelesaian permasalahan yang lebih tinggi nilainya  dengan sistem kekeluargaan yang telah terlaksana tersebut,  menurut Elias Barus,  selaku anggota DPRD Kabupaten Simalungun,  terlaksana atas keinginan masyarakat dari kedua nagori. Dalam acara tersebut Pangulu Nagori Cingkes dan Pangulu Nagori Bawang juga memberikan uang ganti rugi dan uang pengobatan terhadap masyarakat Nagori Cingkes ataupun Nagori Bawang yang mengalami kerugian harta benda ataupun yang mengalami luka pada saat pertikaian antar kedua belah Nagori.

Kemudian juga dilakukan pemberian beras purpur sage/ beras putih tanda permintaan maaf warga Nagori Cingkes kepada warga Nagori Bawang, yang memaknai permasalahan tersebut sudah putih dan warga kedua Nagori sdh saling memaafkan.

Pada acara tersebut masyarakat Nagori Bawang dan Masyarakat Nagori Cingkes sepakat untuk mengadakan perdamaian secara kekeluargaan dan tidak akan mengulangi perbuatan yang mengganggu ketentraman umum.

Sementara itu,  Kapolsek Dolok Silau AKP Tasmin Sitepu saat memberikan arahan kepada warga Nagori Bawang dan Cingkes mengatakan agar tetap menjaga ke kondusifan Nagori masing masing, dan dengan tegas menyatakan agar persoalan seperti ini tidak terulang lagi di Nagori Cingkes dan Nagori bawang ataupun secara umum di wilayah Kecamatan Dolok Silau.

Dilainnya terlihat,  selain dihadiri oleh pangulu Nagori Cingkes,  Elia Hamit Tarigan, dan pangulu Nagori Bawang,  Pelmon Sembiring,  kegiatan juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, Darius Sembiring,  Muspika setempat dan pendeta yang berasal dari GPDI Cingkes.

Sekedar mengingat,  pertikaian antara kedua warga nagori tersebut mengakibatkan satu unit rumah milik Mani Barus, dan satu unit sepeda motor merk Jupiter MX milik Donta Tarigan, serta satu unit sepeda motor merk Supra X milik Holmes Barus,  terbakar.  Selain itu terdapat tiga orang korban luka luka atas nama Luki Eframta Sembiring, Jesri Pranata,  serta Marudin Parangin angin. (Die)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.