Dua Ruko di Kawasan Pasar Gunung Tua Dilalap Si Jago Merah

0
39

SIMANTAB.COM,Paluta-Kebakaran menghanguskan satu bangunan ruko dagangan barang barang anti pecah dan melalap satu ruko grosir sembako disampingnya di Jalan Merdeka Lk II Bawah, Kelurahan pasar Gunung-tua,Kecamatan Padang bolak, Kabupaten Padang lawas utara(Paluta),Selasa  (4/12/2018) di nihari.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 00.30 WIB dini hari  ini diduga akibat  korsleting listrik yang berasal dari sebuah ruko dagangan barang-barang anti pecah  dalam keadaan tidak di huni oleh pemiliknya,kemudian api dengan cepat menjalar ke ruko grosir sembako setia jaya disebelahnya.

Seorang saksi mata,Chaniago salah satu penghuni ruko yang berada di depan ruko yang terbakar tersebut mengatakan, semula ia melihat kepulan asap yang berasal dari dalam Ruko yang menjual barang barang anti pecah milik  bermarga Daulay tersebut,kemudian dengan cepat api merambat dan melalap lantai dasar ruko grosir sembako  yang berlantai tiga disebelahnya.

“Kemudian warga berdatangan dan berusaha untuk mencoba memadamkan api dengan melempar air mineral kemasan dan juga menyiram api dari air  got depan ruko,tak berapa lama barulah datang tiga mobil damkar bang”ungkap Chaniago.

Selain itu Chaniago juga bercerita, saat 3 unit mobil damkar tiba di lokasi kebakaran,hanya satu unit mobil damkar yang bisa berfungsi dengan baik menyiram api yang sedang terbelalak di dua ruko tersebut.

“Barulah api padam di ruko grosir sembako itu,tapi sayang airnya keburu habis,sedangkan api masih mengepul di ruko si Daulay itu.Mobil Damkar  Yang dua lagi gak da pengaruhnya datang bang,soalnya gak bisa di berfungsi dengan baik alat siramnya”ungkapnya lagi.

Saat puncak kejadian kebakaran, juga sempat menimbulkan kemacetan kendaraan yang mau melintas,Namun dari pantauan saat itu,satupun personel dari Polantas Polsek Padang bolak tak ada dilokasi untuk mengatur lalu lintas.

Namun Dalam kerumunan warga yang sedang berusaha ikut memadamkan api bersama regu pemadam kebakaran di lokasi, tampak wakil ketua DPRD Paluta Basri Harahap turut memandu warga untuk memadamkan api.

Setelah hampir setengah jam,akhirnya mobil Damkar yang ditunggu dari sungai batang pane melakukan isi ulang  datang dan kemudian menyiram api yang sedang bergejolak diruko tersebut.Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 02.00 WIB dinihari tadi.

Berdasarkan keterangan dari Kasat Pol PP Paluta Yusuf MD Hasibuan saat di temui lokasi kejadian mengaku bahwa 3 unit mobil Damkar Paluta tahun 2010 bermerek Toyota Dyna dan Isuzu tersebut sudah sewajarnya masuk masa pensiun.

“Sudah mulai rongsok,maklum mobinya udah tua dan sudah saya ajukan dua unit mobil Damkar yang baru” jelas Kasatpol PP Paluta Yusup MD Hasibuan .

Dari kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa,Sementara kerugian kedua ruko yang terbakar belum dapat dipastikan jumlahnya.Aparat terkait masih melakukan penyelidikan. (febri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.