Hasil Kunker di Bekasi Akan di Implementasikan di Labuhanbatu

0
26

SIMANTAB.COM,Labuhanbatu-Komisi A dan B DPRD Labuhanbatu melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bekasi untuk mencari tahu bagaimana daerah dimaksud mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dari hasil kunjungan kerja tersebut, diketahui bahwa Kabupaten Bekasi setiap tahunnya melatih keterampilan 500 warganya untuk menjadi wirausaha baru dan memberikan bantuan peralatan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pemkab Bekasi disaat kunjungan komisi A dan B DPRD Labuhanbatu menjelaskan di aula kantor DPRD setempat, Rabu (5/12/2018).

“Pemkab Bekasi setiap tahunnya melakukan pelatihan ketrampilan bagi warganya yang berkeinginan untuk menjadi wira usaha dan mengembangkan UMKM”ujarnya.

Dalam paparannya, Kadis UMKM Bekasi itu menjelaskan bahwa kepada pelaku UMKM Pemkab Bekasi tidak memberikan bantuan uang tunai, tetapi bantuan diberikan berupa pelatihan ketrampilan untuk menjadi wira usaha yang kemudian berkembang menjadi UMKM.

Setahunnya, Dinas UMKM melakukan pelatihan ketrampilan kepada 500 wira usaha, sedangkan pelatihan yang diberikan berbagai ketrampilan, seperti menjahit, memasak berbagai kuliner bahkan aneka kerajinan tangan sampai kepada tata cara memasarkan produk hasil kerajinannya.

Dijelaskannya, salah satu upaya pemerintah bekasi membantu pemasaran produk kerajinan dan kuliner UMKM daerahnya, dengan mengadakan bazar atau pasar murah di daerah tersebut.

“Bazar difasilitasi Pemkab Bekasi itu, yang ditampilkan atau dijual berbagai produk dan kuliner karya anak daerah setempat.Tujuannya untuk mengenalkan dan memasarkan produk UMKM” jelas Kadis UMKM Pemkab Bekasi.

Disisilain DPRD Bekasi didampingi Kadis UMKM setempat kepada rombongan Komisi A dan B DPRD Labuhanbatu mengatakan bahwa Pemerintah Bekasi menyambut baik kedatangan rombongan Komisi B DPRD Labuhanbatu.

“Melalui acara ini kita mendapat kesempatan saling bertukar informasi, yang selanjutnya dapat dimanfaatkan bagi kemajuan dan perkembangan di daerah masing-masing” ujarnya.

Anggota Komisi B DPRD Labuhanbatu Ir Mara Munte di acara itu menyebutkan pihaknya sebagai wakil rakyat akan meminta Pemkab Labuhanbatu untuk mengimplemantasikan masukkan yang sudah diterapkan di Bekasi.

“Masukan dari Pemkab Bekasi bagaimana metode membina UMKM akan kita sampaikan ke Pemkab Labuhanbatu untuk dijadikan perbandingan dan di Implementasikan guna meningkatkan ekonomi kerakyatan” papar Munthe.

Senada dengan Munte, Ketua Komisi A DPRD Labuhanbatu, Munir berkomitmen akan merekomendasikan hasil kunjungan itu untuk di Implementasikan di Pemkab Labuhanbatu.

“Semua masukan yang positip yang didapat dari Bekasi yang nantinya disesuaikan dengan keuangan dan kondisi daerah, akan kita rekomendasikan ke Bupati untuk diterapkan di Labuhanbatu” ujar Munir.(Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.