Hutan Parapat Terbakar

0
138

SIMANTAB.COM, Parapat – Hutan Lindung yang berada di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun terbakar. Belum diketahui apa yang menjadi penyebabnya sehingga api menghanguskan sejumlah lahan hutan tersebut.

Pantauan Simantab.com, Sabtu (27/08/2016) titik api terlihat di daerah Dusun Sitahoan, Nagori Sipangan Bolon, api terlihat mulai menjalar diantara pepohonan Eukaliptus di areal PT Toba Pulp Lestari (TPL). Tidak ada upaya pemadaman yang dilakukan pihak TPL untuk menyelesaikan persoalan ini. Bahkan ada beberapa titik bekas kebakaran di areal berbeda, lokasinya tak jauh dari titik api yang saat ini berkobar.

Selain itu, di daerah berbeda tepatnya di belakang Terminal Parapat, terlihat juga ada titik api, kepulan asap tebal keluar dari rimbunnya pepohonan yang tumbuh di areal perbukitan. Menurut warga, titik api diperkirakan bersumber dari ada masyarakat yang tanpa sengaja membuang puntung rokok atau sedang membakar sampah. Karena lokasi kebakaran berbatasan dengan ladang masyarakat. “Itukan berbatasan sama ladang masyarakat, jadi bisa jadi karena putung rokok atau karena api yang merembet sewaktu masyarakat membakar sampah,” ucap warga bermarga Sinaga itu.

Di lokasi berbeda, tepatnya di puncak bukit di daerah Bangun Dolok, api terlihat membakar lahan yang terlihat gundul, belum diketahui apakah itu masuk kawasan hutan atau areal ladang masyarakat. (Lud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.