Ini Cara Jokowi Sejahterakan Petani

0
255
Ini Cara Jokowi Sejahterakan Petani
SIMANTAB.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki cara agar permasalahan harga hasil pertanian dapat ditingkatkan dan meningkatkan kesejahteraan petani.
Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian 2017 di Menara Bidakara, Jakarta, Kamis (05/01/2017), Jokowi meminta Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, memotong peran tengkulak dalam distribusi produk pertanian.
Caranya dengan menyiapkan sistem berbasis IT untuk memecahkan persoalan logistik yang dapat disebut logistic platform dan ritel platform. Sistem tersebut dapat mengefisiensikan mata rantai di pasar menjadi lebih singkat.

Misalnya, platform digital itu nantinya berguna bagi pembeli untuk dapat berbelanja dengan sistem online. Hal itu menurutnya dapat memotong mata rantai yang selama ini dikuasai tengkulak.

“Siapkan yang namanya logistic platform, ritel platform. Dalam dunia IT yang sekarang ini kita hadapi. Tanpa itu jangan berharap ada efisiensi sehingga mata rantai di lapangan pemasaran yang sekarang dikuasi tengkulak bisa dipendekkan dengan kita membangun sebuah logistic platform dan ritel platform,” kata Jokowi, seperti yang dilansir Detik.com.

Menurutnya, dengan terbangunnya sistem tersebut dapat meningkatkan harga di tingkat petani dan meningkatkan harga produk pertanian. Dengan demikian, program ini akan menjadi perhatian dan prioritas pemerintah.

Ini Cara Jokowi Sejahterakan Petani

“Ini akan meningkatkan harga petani dan menggerakkan harga produksi pertanian karena produk dihargai oleh konsumen pasar, naik harganya. Ini juga menjadi kunci yang harus diperhatikan serius secara detail,” tutur Jokowi. (Sn-09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.