Ini Kabar Terbaru Harimau yang Terjerat Warga di Simalungun

0
913

SIMANTAB.COM, Pematangsiantar – Apa kabar harimau yang diterjerat perangkap untuk menangkap Babi di Simalungun? Setelah seorang warga di desa Talun Sungkit kabupaten Simalungun menemukan seekor harimau sumatera, petugas kepolisian dan dinas kehutanan berusaha keras menyelamatkan satwa yang dilindungi tersebut. Setelah ditembak bius, harimau tersebut langsung diboyong ke Taman hewan yang ada di pematangsiantar.

Menjalani pemeriksaan oleh Dokter Hewan di Taman Hewan Pematangsiantar, Harimau Sumatera itu akhirnya dibawa ke Sanctuary Suaka Margasatwa Barumun, Padang Lawas Utara.

Harimau Sumatera saat hendak dipindahkan ke Paluta 

Harimau yang ditemukan pada Jumat (5/5) siang tersebut dibawa dengan mengendarai truk pada Sabtu (6/5) malam persisnya sekira pukul 20.30 WIB. Ketika dibawa, Harimau itu sempat mengaum berulang kali. Hingga akhirnya, Harimau dapat tenang setelah diberi makan.
Dilansir metrosiantar.com, Dokter Hewan Lidang Marnida Silaban MSi menuturkan bahwa kondisi Harimau tersebut dalam keadaan baik. “Harimaunya baik, sehat, hanya kakinya sedikit luka,” jelasnya.

Lidang melanjutkan bahwa jika diberi pengobatan setiap harinya, luka Harimau itu pasti sembuh. “Kalau setiap hari dikasih pengobatan pasti sembuh, tidak ada masalah yang mengkhawatirkan. Kita sudah melakukan penyelamatan. Antibiotik dari dalam dan luar sudah kita berikan, jadi nggak ada masalah,” lanjutnya. Menurut Lidang, sebelum ditemukan, Harimau sudah terjerat selama 2 hari.

“Prediksi sudah terjerat selama 2 hari,” tambahnya. Masih di lokasi yang sama, Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah II Pematangsiantar Seno Pramudita membenarkan bahwa Harimau itu akan dibawa ke areal konservasi Harimau Sumatera di Sanctuary Suaka Margasatwa Barumun, Padang Lawas Utara. “Di Sanctuary itu akan dilakukan pemulihan fisik,” katanya.

Dan setelah kondisi Harimau pulih, kata Seno, maka Harimau itu akan dilepaskan ke hutan liar. “Jika sudah memungkinkan ya dilepaskan ke hutan karena Harimau ini kan Harimau liar, jadi populasinya di hutan,” bebernya. (SN-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.