Ini Maklumat Kapolda Soal Petasan

0
212

SIMANTAB.COM, Medan – Kapolda Sumut, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengeluarkan maklumat dengan nomor Mak/03/V/2017 tentang pengaturan penggunaan bunga api dan larangan penggunaan semua jenis petasan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan maklumat kapolda yang ditandatangani pada tanggal 26 mei 2017 itu mengacu pada UU Darurat tahun 1951 Pasal 359 dan 188 KUHP, serta Peraturan Kapolri No 2 tahun 2008 tentang Pengawasan, Pengendalian dan Pengamanan Bahan Peledak.

“Masyarakat hanya diperbolehkan untuk menggunakan kembang api mainan berdiameter dua inchi dengan kandungan mesiu kurang dari 20 gram,” kata Kombes Rina, Senin (29/5/2017).

Selain itu, Kombes Rina menjelaskan penggunaan kembang api untuk pertunjukkan dengan diameter minimal dua inchi hingga delapan inchi harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak kepolisian.

“Kembang api untuk pertunjukkan itu harus ada izinnya dari kepolisian,” sebutnya.

Sanksi tegas juga diberlakukan bagi masyarakat yang menggunakan petasan di sekitar rumah ibadah, rumah sakit, sekolah, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun kereta api.

Hal itu juga berlaku di kawasan pusat perbelanjaan, bank, perkantoran serta jalan raya yang dilintasi banyak orang.

“Kami akan berikan dan berlakukan sanksi pidana kepada siapapun yang ketahuan melanggar ketentuan tersebut,” tegas Kombes Rina. (DK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.