JR Lampaui Target Nasional Capil di Simalungun

0
505

SIMANTAB.COM ,Sima lungun – Kinerja Bupati Simalungun JR Saragih terus dibuktikan. Bahkan, salah satu program kerja yang dilakukan yakni perihal catatan sipil sudah melebihi target nasional yang ditetapkan Presiden Jokowi khususnya di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Dalam salah satu fokus kerja semangat baru JR Saragih memang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya soal berkas kependudukan dan catatan sipil.

Menurutnya, pelayanan dasar ini merupakan bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Terlebih, dengan adanya berkas kependudukan akan menumbuhkan peningkatan perekonomian.

“Banyak masyarakat tidak memiliki hak dasar dalam hal berkas kependudukan dan catatan sipil padahal undang-undang mengatur soal catatan sipil. Masyarakat harus memiliki KTP, surat kematian, kartu keluarga hingga akte lahir karena ini menjadi modal penting buat masyarakat,” ucap Bupati Simalungun JR Saragih di Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (8/3/2017).

Diakuinya, pencapaian yang diperoleh dalam hal berkas kependudukan dan catatan sipil sudah mencapai 95 persen dari total jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Simalungun sebesar 1.186.055 jiwa. Tak itu saja, capaian yang ditorehkan dalam kinerja JR Saragih telah melebihi capaian target nasional.

“Target nasional sebesar 75 persen dari total penduduk yang ada di Kabupaten Simalungun. Hingga saat ini capaian kita sudah sebesar 95 persen, artinya apa yang kita lakukan sudah melebihi target nasional,” lanjutnya dengan bangga.

Meski demikian, JR Saragih tak langsung puas diri. Terlebih, keinginan yang utama di dalam kinerjanya adalah memenuhi kebutuhan masyarakat. Apalagi, dalam membangun Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara bukan sebatas persoalan jalan saja.

“Masih banyak persoalan yang lebih penting selain jalan. Dengan adanya masyarakat di Kabupaten Simalungun memiliki berkas kependudukan maka akan dengan mudah mengubah taraf kehidupan menjadi lebih baik,” tambahnya.

Keberhasilan ini juga diutarakan oleh John Damanik selaku Kepala Dinas Berkas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Simalungun. Di mana, pelayanan terus dilakukan setiap hari demi memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal kepemilikan berkas kependudukan.

“Evaluasi kita bukan dalam hitungan bulan, namun hitungan hari. Mengapa demikian? Karena jumlah penduduk di Kabupaten Simalungun terus berubah. Mulai dari angka kelahiran, penduduk yang datang, penduduk yang keluar hingga kematian. Sesuai arahan Bupati Simalungun JR Saragih pendataan harus dilakukan setiap saat sehingga kepuasaan masyarakat bisa terpenuhi,” paparnya.

Selain itu, John Damanik menegaskan bila pihaknya juga terus berupaya dalam mempercepat proses akte kematian. Pasalnya, masih banyak masyarakat di Kabupaten Simalungun enggan memilikinya.

“Kita terus sosialisasi kepada masyarakat agar betapa pentingnya surat kematian sehingga mereka (masyarakat Kabupaten Simalungun-red) bisa mendapatkan surat kematian,” bebernya lagi.

Lalu, untuk KTP Elektronik atau E-KTP Kabupaten Simalungun terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Pasalnya, beberapa wilayah masih terus didata guna mendapatkannya.

“Sisa lima persennya adalah persoalan KTP Elektronik, karena untuk hal ini harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat di Medan,” tutupnya. (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.