JR Saragih akan ‘Hidupkan’ Kembali Perekonomian Pelabuhan di Nias Barat

0
183

SIMANTAB.COM, Nias Barat – Kabupaten Nias Barat akan melakukan pembenahan di Pelabuhan Sirombu akibat bencana tsunami beberapa tahun silam, rencana tersebut mendapat dukungan ini dari Bupati Simalungun JR Saragih.

Dalam kunjungannya ke Kepulauan Nias, Bupati Simalungun JR Saragih menyempatkan diri guna menyambangi Kabupaten Nias Barat untuk membahas pertumbuhan perekonomian  Kabupaten Simalungun dengan Nias Barat. Selain itu pula, dalam pertemuannya juga membahas soal pelabuhan yang ada di Nias Barat.

Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli mengatakan Pelabuhan Sirombu merupakan pelabuhan lama yang dimiliki Kabupaten Nias Barat akan tetapi kondisinya sudah rusak akibat tsunami.

“Dulu pelabuhan ini berfungsi sebagai tempat mampirnya bahan baku semen dari Padang, Sibolga maupun dari wilayah Sumatera lainnya. Kita sudah meminta kepada pemerintah pusat untuk diperbaiki tapi belum direalisasikan, apalagi pelabuhan ini berfungsi buat petani kopra,” ungkapnya di Pelabuhan Sirombu, Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).

Adanya gagasan dari Kabupaten Nias Barat yang berencana memperbaiki pelabuhan yang dimilikinya, Bupati Simalungun JR Saragih menilai ini merupakan langkah yang tepat, terlebih
Pelabuhan  Sirombu menjadi fungsi buat masyarakat guna menumbuhkembangkan pertumbuhan perekonomian di sana.

“Pelabuhan Siboeum bisa digunakan oleh masyarakat dan membawa hasil yang datang ke Nias Barat, bahkan hasil dari masyarakat juga bisa dibawa keluar, apalagi pelabuhan ini sebagai penyambung nyawa masyarakat untuk menjalani kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Bagi JR Saragih, pelabuhan juga bisa menjadi solusi lainnya buat masyarakat Nias Barat karena memang tidak selamanya harus ditempuh melalui darat.

“Setelah gempa, pelabuhan ini tidak berfungsi dengan baik. Dengan diperbaikinya pelabuhan tersebut maka bisa memajukan perekonomian masyarakat, percepatan pembangunan pun juga bisa dilakukan,” pungkasnya. (Rel)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.