JR Saragih : Saya Akan Didik Anak – Anak Panti Asuhan Untuk Akmil dan Akpol

0
244

SIMANTAB.COM – Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM didampingi para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dijajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Zarfat Huria Kriten Indonesia (HKI) di Bah Sampuran Kecamatan Jorlang Hataran, Sabtu (05/11/2016).

Kunjungan Bupati Simalungun dan rombongan ke Panti Asuhan tersebut dalam rangka menghadiri perayaan syukuran ulang tahun ke-41 panti asuhan yang dikelola oleh HKI, sekaligus untuk bersilaturrahmi dengan para anak-anak yang ada di panti asuhan itu. Kehadiran Bupati Simalungun bersama rombongan yang juga didampingi camat dan muspika Kecamatan Jorlang Hataran, mendapat apresiasi dari pengurus dan anak-anak yang ada di Panti Asuhan.

Selanjutnya, dihadapan para jemaat dan anak-anak panti asuhan, Bupati Simalungun  mengatakan, jangan pernah merasa perlu dikasihi karena hanya menjadi anak yatim atau piatu. Karena hal itu hanya membuat mental anak-anak yang dipanti asuhan kurang berkembang dan kurang berani menghadapi tantangan di masa depan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan masa kecilnya yang tidak jauh dari  anak-anak yang ada dipanti asuhan, namun semangan untuk hidup mandiri dalam menjalani kehidupan terpacu dalam dirinya untuk meraih cita-cita. “Intinya adalah disiplin, kerja keras dan menggapai cita-cita,” ungkapnya.

Untuk itu, Bupati berpesan kepada anak-anak panti asuhan untuk tetap kuat dalam menjalani hidup untuk meraih cita-cita, jangan mudah menyerah, apalagi meminta belas kasihan.

“Kedepan, saya akan mencari bibit-bibit unggul yang ada dipanti asuhan untuk didik di akademi militer (Akmil) dan akademi polisi (Akpol), sehingga kedepan ada dari panti asuhan yang menjadi militer atau polisi. Dengan demikian ada regenerasi yang berkualitas dari Kabupaten Simalungun,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan generasi muda dari panti asuhan yang sehat dan berkualitas, Bupati Simalungun memberikan bantuan pembinaan untuk pendidikan sebesar Rp. 100 juta dan Rp. 20 juta untuk pengasuh panti asuhan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKI Pdt Dr Batara Sihombing MTh dalam sambutannya mengatakan bahwa, JR Saragih adalan sosok pimpinan yang relegius dan takut pada Tuhan-nya.

“Dulu, ketika HKI ingin bertemu dengan Bupati dikantor dinasnya, justru Bupati mengatakan, karena ini adalah layanan Tuhan, biar saya yang dating ke kantor atau Gereja HKI. Ini adalah contoh yang baik dan layak ditiru, yakni seorang pimpinan yang memiliki jiwa melayani kepada masyarakatnya dengan tulus,” paparnya.

Dikesempatan itu, Bupati menerima buku dari Ephorus HKI Pdt M Pahala Hutarabata STh MM didampingi Sekjan HKI Pdt Dr Pahala Sihombing MTh dan panitia. Buku yang diserahkan kepada Bupati berjudul “Rindu Pada Ibu KU” dan merupakan hasil loma penulisan yang diselenggarakan oleh pihak HKI.

Menurut salah seorang panitia lomba, bahwa anak-anak didiknya mengikuti lomba penulisan buku sangat antusias. Padahal waktu yang diberikan kepada peserta terbatas, hanya dua minggu untuk menjadikan tulisan mereka menjadi bacaan yang menginpirasi para pembacanya, dengan kategori penulisan berita, profil, pantun, puisi dan lain-lain.

Bupati memberikan apresiasi kepada anak-anak panitia asuhan Zarfat yang kreatif dan mampu menginspirasi para pembacanya.
“Saya kagum dengan karya tulis anak-anak ini, meski secara editorial bukan tulisan mereka, tapi harus diapresiasi. Sebeb, mereka berani, jujur dan polos menceritakan keadaan sesungguhya dalam sebuah buku,” ujarnya.

“Sesampainya dirumah nanti, buku hasil karya tulisan anak panti ini akan saya berikan kepada anak dan istri saya, agar mereka dapat belajar dan mendapat inspirasi dari karya tulisan anak panti yang ada disini. Dan juga kepada para penduduk yangada di Kabupaten Simalungun ini,” tambah Bupati.(Vin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.