JR Saragih : Simalungun Siap Gelar Event Pariwisata Tahunan

0
368

SIMANTAB.COM, Simalungun – Demi meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, melalui kinerja semangat baru Bupati Simalungun JR Saragih maka tak lama lagi Simalungun akan mengelar kembali event pariwisata tahunan berskala nasional.

Hal ini diutarakan Plt Kepala Dinas Pariwisata Pahala Resdon Sinaga yang mengatakan bila di pertengahan tahun 2017 mendatang Simalungun akan mengelar event pariwisata baru yang siap mendatangkan para wisatawan ke Simalungun, Sumatera Utara lebih besar lagi.

“Jika tidak ada halangan, maka di pertengahan 2017 ini Kabupaten Simalungun, akan memiliki event pariwisata tahunan yakni Pesta Rondang Bintang, apalagi event pariwisata ini sudah ada lebih dari 10 tahun,” ucapnya di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Jumat (17/3/2017).

Diakuinya, event pariwisata ini merupakan bagian dari budaya yang ada di Kabupaten Simalungun. Apalagi, event pariwisata ini tentu akan melibatkan 31 kecamatan yang ada di Simalungun.

Dalam Pesta Rondang Bintang ini memang sangat mengentalkan unsur kebudayaan dan adat yang ada di Kabupaten Simalungun. Pasalnya, di event ini akan ada tarian khas Simalungun, kemudian ada pula tradisi menarik rotan atau dalam bahasa Simalungun yaitu Cerita Otang, lalu ada perayaan kedinginan atau dikenal dengan Bodat Nanga Lian. Tak ketinggalan Makail atau memancing.

“Di Pesta Rondang Bintang pun juga disuguhkan tarian tor-tor somba yaitu Budaya Simalungun yang biasa digunakan untuk acara raja-raja,” paparnya lagi.

Untuk menghidupkan event pariwisata tahunan ini, tentunya pihaknya akan bekerjasama dengan stakeholder terkait serta para pelaku industri pariwisata. Otomatis, paket wisata pun juga akan disiapkan oleh Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

“Kita terus menggodok event pariwisata ini agar nantinya ketika wisatawan melihatnya menjadi sesuatu yang menarik untuk dilihat. Kemasan paket wisata pun juga akan dirampungkan, sehingga ini bisa menjadi salah satu rangkaian dalam menghidupkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas,” bebernya.

Dengan melihat hal ini, tentunya disambut baik oleh Bupati Simalungun JR Saragih. Terlebih, Pesta Rondang Bintang sebagai salah satu cara untuk mempertahankan budaya dan adat yang ada di Kabupaten Simalungun.

“Simalungun siap gelar event pariwisata tahunan, gempuran teknologi di perkembangan jaman ini membuat generasi muda sekarang seakan mulai melupakan tradisi budaya dan adat yang ada di Kabupaten Simalungun. Dengan hadirnya Pesta Rondang Bintang ini tentu akan mempererat kebudayaan yang ada di Simalungun,” tambahnya.

JR Saragih juga optimis bila event pariwisata ini bisa membuat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Simalungun akan bertambah. Dari sisi promosinya pun juga akan dikuatkan.

“Hingga kini, Kabupaten Simalungun belum memiliki event pariwisata berkelas nasional. Kehadiran Pesta Rondang Bintang tentu akan membuat perputaran roda perekonomian di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara lebih hidup,” tukasnya. (Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.