Kelompok Tani Mekar Jaya nyaris Bentrok dengan Karyawan PTPN IV

0
208

SIMANTAB.COM, Simalungun – Kelompok Tani Mekar Jaya yang berada di Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, memasang plang bahwa lahan tersebut milik Kelompok Tani Mekar Jaya, aksi pemasangan itu nyaris mendapatkan perlawanan dari karyawan PTPN IV Unit Kebun Laras, Kamis (31/05/2018) pagi.

Berdasarkan surat dari Kelompok Tani Mekar Jaya tanggal 27 Mei 2018, yang ditujukan kepada Manager PTPN IV Kebun Laras, perihal rencana aksi Kelompok Tani Mekar Jaya yang akan melakukan pendudukan lahan di areal HGU PTPN IV Kebun Laras tepatnya di Blok 97 AD Afdeling 2 dengan tulisan ” Tanah ini milik masyarakat Kelompok Tani Mekar Jaya, berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sumatera Utara nomor : 592.1.208/SIM/I/1985.

Kelompok Tani Mekar Jaya menuntut pelepasan lahan areal HGU PTPN IV Kebun Laras seluas 131 hektar berdasarkan SK Gubernur Sumut nomor : SK.208/HM/LR/1968, SK Gubernur Sumut nomor : SK.592- 208/SIM/I/1985, Peta Kolektif tahun 1968.

Namun aksi mereka mendapatkan perlawanan dari pihak perkebunan, sejumlah karyawan dari PTPN IV Unit Kebun Laras menghalangi aksi kelompok tani tersebut. Namun, Kasat Intelkam Polres Simalungun AKP H Sinaga melakukan penggalangan kepada pengurus Kelompok Tani Mekar Jaya agar tidak melakukan pemasangan plang diareal HGU Kebun Laras dengan alasan bahwa pihak Kelompok Tani Mekar Jaya tidak memiliki legalitas yang sah atas lahan tersebut.

Kemudian, Kasat Intel Polres Simalungun juga melakukan koordinasi dengan Asisten Kepala Perkebunan untuk menarik karyawan telah berada di lokasi untuk menghindari bentrok dengan Kelompok Tani Mekar Jaya. Namun, massa dari Kelompok Tani Mekar Jaya yang dikoordinir Senen tetap ingin memasang plang.

Kemudian, setelah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian akhirnya pada pukul 11.00 WIB, massa akhirnya mau membubarkan diri dari lokasi pemasangan plang. (Lud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.