Kisah Inspiratif Fony Sitanggang Dalam Kunjungan Presiden Jokowi

0
192

Siantar -Jelang kedatangan Presiden Joko Widodo ke Pematangsiantar, Sumatera Utara, Senin (27/11/2017), panitia aca mengadakan berbagi kegiatan inspiratif kepada 7000 lebih warga yang hadir. Salah satunya adalah kisah inspiratif dari Fony Sitanggang, pendiri Kyan Ulos yang cukup ternama di Pematangsiantar.

Dikisahkannya, pendirian Perusahaan tenun ulos dan desain berbagai busana Kyan Ulos terisnpirasi dari panggilan hati yang melihat banyaknya potensi-potensi warga, khususnya kaum ibu yang mampu bertenun secara manual.

“Saya melihat Home Industri kaum ibu ini sangat sayang jika dibiarkan begitu saja. Selain nilai jualnya yang rendah, jika dibiarkan begitu saja, ulos yang merupakan budaya kita akan tenggelam oleh perkembangan zaman. Oleh sebab itu maka saya mendirikan Kyan Ulos, dan sekarang sudah menjelali desain pakaian yang dipadu dengan ulos,” ujarnya.

Ibu Tiga anak ini juga menjelaskan, awalnya ide kreatifnya ini banyak diragukan masyarakat, khususnya para pelaku usaha yang sama. Namun seiring berjalan waktu, ide-idenya itu kini telah menjamur, bahkan hingga keluar daerah.

“Awalnya untuk mengembangkan ide sekaligus usaha ini, saya masuk ke Dinas Koperasi. Dari situ saya diberi panggung untuk masuk di setiap event, dab menawarkan hasil karya saya,” terangnya.

Kini usaha yang sudah digelutinya selama puluhan tahun ini menjadi besar, dan sudah membuka cabang hingga ke Jakarta. (Wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.