Kisah Pasien BPJS di RSUP Adam Malik Medan, Dokter Ahli Cuti, Retno Penderita Tumor Otak Meninggal

0
952

SIMANTAB.COM, Medan – Retno Anwar Coy Sihombing (10), warga Juma Sibira Desa Kuta Tengah, Kecamatan SiempatNempuh Hulu, Kabupaten Dairi, harus meregangnyawa, setelah mendapat perawatan sejak Sabtu 24 Desember 2016, karena penyakit tumor otak, pada Minggu (1/1) sekira pukul 07.00 Wib di RSUP Adam Malik. Retno merupakan anak bungsu dari enam bersaudara pasangan Sakkabona Sihombing ( 46) dan Saina Br Hutasoit ( 46). Retno yang juga masih duduk di bangku kelas 5 SD di salah satu SD Negeri dekat kediamannya.

Retno merupakan pasien yang dirujuk pihak RSUD kabupaten Dairi ke RSU Sari Mutiara Medan pada 20 Desember 2016. Hasil diagnosa dari pihak RSU Sari Mutiara, Retno menderita penyakit tumor di otak dengan kondisi benjolan di otak telah membengkak.

Kemudian, karena sesuatu hal akan peralatan yang tidak memadai pihak RSU Sari Mutiara merujuk Retno ke RSUP Adam Malik. pada Sabtu tanggal 24 Desember 2016 Retno bersama ibunya dan abangnya ditempatkan di ruang neurologi Rindu A Lantai II.
Setibanya di RS Adam Malik, Menurut ibu Retno, Saina boru Hutasoit (45), selama dirujuk ke RSUP Adam Malik, Retno direkomendasikam untuk ditangani seorang Profesor ahli syaraf dan bedah syaraf, bernama Prof Sabri dan dokter Andre.

Saina merasa kecewa, setibanya di RS Adam Malik , ia meneriam informasi yang disampaikan seorang perawat jaga, bahwa Profesor tersebut ternyata sedang cuti sejak dari tanggal 20 Desember lalu.

“Saya tidak mengerti bagaimana pengobatan dirumah sakit ini. Yang jelas, anak saya tidak pernah mendapat kunjungan dari dokter ahli yang dibilang sedang cuti itu. Anak saya yang sudah menderita penyakit serius tersebut, tidak mendapatkan perawatan maksimal,” kata Saina boru Hutasoit saat ditemui di RSUP Adam Malik, Jumat (30/12/2016).

Menurut perawat, seperti yang disampaikan Saina bahwa si Profesor tersebut, akan kembali pada 9 Januari 2017. Kemudain, penanganan diagnosa penyakit Retno pun diwakilkan kepada dokter PPSD (ini dokter yang sedang kuliah mengambil keahlian neurologi ). Bahkan pihak RS Adam Malik mengabaikan akan hasil diagnosa dari RS sari mutiara bahwa Retno telah menderita penyakit kanker otak.

” Kalaulah benar, dokter ahli itu cuti, kenapa pihak rumah sakit tidak merekomedasikan penanganan penyakit anak kami kepada dokter ahli yang lain, yang tidak cuti. Memangnya hanya dokter yang sedang cuti itu saja, dokter ahli di RSUP Adam Malik,” kata Saina menyesali sikap sang dokter.
Nyawa Retno tidak lagi tertolong karena tidak mendapat penanganan yang serius dari pihak dokter maupun pihak RS Adam Malik . Sebelum tiba di RS Adam Malik ditempatkan diruang pasien yang tanpa harus menerima penanganan serius dari sang dokter.
Orang tua Retno berupaya untuk meminta pertolongan penanganan medis dari sang dokter yang kemudian Harus menahan kesedihan akan keluhan derita sakit yang dialami anaknya. Sang ibu hanya bisa meneteskan air mata dan berdoa Agar sang anak dapat kembali sembuh dan berkumpul di tengah keluarga.
Namun pada minggu pagi tanggal 1 Januari 2017 Retno menghembuskan nafas terakhir nya setelah mengeluhkan sakit yang di deritanya pada bagian kepala.

Retno dibawah ke kediamannya , dan dikebumikan pada Senin (2/1), kedua orang tuanya dan Sanak saudara serta keluarga menangisi dan meratapi Jenasahnya . Keluarga seakan tidak percaya kepergian Retno mengenang bahwa keseharian nya seorang periang dan yang baik hati serta taat kepada kedua orang tua dan gurunya di sekolahnya.

Sang ibu berharap dan berpesan kepada para dokter yang khususnya bekerja di RS Pemerintah agar melaksanakan tugas pokok dan fungsi nya secara baik dan benar. Karena sang dokter bekerja menangani akan setiap nyawa manusia.
Ia bertanya apakah karena Retno pasien Bpjs kesehatan kelas III sehingga anaknya tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan benar.
Dimanakah tupoksi sang dokter yang telah mengangkat sumpah? (Fra)

Kisah Pasien BPJS di RSUP Adam Malik Medan,
Dokter Ahli Cuti, Retno Penderita Tumor Otak Meninggal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.