Korsel Diguncang 260 Ribu Demonstran

0
1001
SIMANTAB.COM, Seoul – Presiden Korea Selatan Park Geun-hye menghadapi tekanan atas tuntutan warga agar dirinya mengundurkan diri. Para demonstran melakukan aksi besar-besaran di jalan pusat kota Seoul.
Dilansir Detik.com, polisi setempat memperkirakan jumlah demonstran mencapai 260 orang. “Park Geun-hye! Hari ini mundur, segera mundur sekarang!” kata para pengunjuk rasa berteriak di depan kantor kepresidenan, Blue House, Sabtu (12/11/2106).Jumlah massa ini lebih besar dari aksi sebelumnya dan diikuti warga yang tinggal jauh dari Seoul. Salah satunya adalah Park Min-hee (34) yang rela melakukan perjalanan 7 jam untuk bergabung dengan pengunjuk rasa yang berada di Seoul.

“Aku di sini agar negara ini bisa menjadi tempat yang lebih baik untuk anakku,” kata Min-hee. “Park Geun-hye melakukan kesalahan. Dia harus mundur sekarang,” imbuhnya.

Unjuk rasa besar-besaran ini adalah salah satu aksi terbesar selama 3 minggu terakhir sejak permintaan maaf Park Geun-hye yang pertama kepada publik 25 Oktober lalu. Saat itu Park mengakui dirinya meminta nasihat dari temannya, Choi Soon-sil.

Demonstran yang Desak Presiden Korsel Mundur Capai 260 Ribu OrangFoto: REUTERS/Kim Hong-Ji

Diduga kedekatan Choi dengan Presiden Park juga membuatnya dapat mempengaruhi urusan pemerintahan dan mengambil keuntungan pribadi melalui sejumlah yayasan non-profit miliknya.

Dilaporkan sejumlah media, dengan memanfaatkan kedekatannya pada Presiden Park, Choi ‘meminta’ uang dari konglomerat-konglomerat Korsel dengan dalih sebagai donasi untuk yayasan-yayasannya. (SN-09)

Demonstran yang Desak Presiden Korsel Mundur Capai 260 Ribu OrangFoto: REUTERS/Jeon Heon-kyun/Pool

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.