KPAD Simalungun Sosialisasikan Penanggulangan HIV/AIDS

0
134

SIMANTAB.COM, Siantar – Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Simalungun melakukan pemeriksaan dan sosialisasi terhadap bahaya HIV/AIDS, Rabu (19/10/2016) siang.

Ada beberapa populasi kunci yang wajib diperiksa terhadap penularan HIV/AIDS, yakni, Waria, Lelaki Suka Lelaki (LSL), Pekerja Seks Komersial (PSK), Pengguna Narkoba Jarum Suntik (Pemasun) dan Ibu Hamil (Bumil). 

Hal itu terungkap dalam pertemuan yang di gelar Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kabupaten Simalungun dengan beberapa Komunitas Aktivis peduli HIV/AIDS diantaranya Aisyiyah, Caritas, CBR Foundation, Simalungun Support, Badan KB dan Dinas Kesehatan Simalungun di Kantor KPAD Simalungun Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Ketua KPAD Simalungun Rasjidin Harahap menerangkan pertemuan ini akan dilaksanakan 3 bulan sekali dalam rangka membahas persoalan persoalan HIV/AIDS. “Dulu kita tahu pemeriksaan untuk korban HIV/AIDS bisa saja dilakukan tanpa melihat populasi kuncinya, tetapi dari pertemuan ini, kita dapat Informasi dari Agus Marpaung LSM CBR Foundation yang bergerak di Caritas bahwa pemeriksaan hanya bisa dilakukan terhadap 6 popularitas kunci tersebut” jelasnya.

dr Sariden Saragih yang bertugas di RS Djasamen Saragih berharap pelayanan terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) sangat perlu ditingkatkan.

Utamanya fasilitas alat kesehatan, kesejahteraan penjangkau, peningkatan kualitas kader/relawan yang bergerak di bidang HIV/AIDS.

Tambahnya, penanganan penyelesaian kasus HIV/AIDS harus melibatkan berbagai elemen, agar permasalahan ini bisa dituntaskan. (Sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.