Kunjungi Nias, JR : Kita Ingin Kerjasama Dengan Nias

0
211

SIMANTAB.COM, Gunungsitoli – Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Pemerintah Kota Gunungsitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara bertekad untuk memajukan dan bekerjasama dalam bidang pariwisata.

Pernyataan ini dilontarkan oleh masing-masing kepala daerah saat pertemuan Pesta Ya’ahowu di Taman Ya’ahowu, Kawasan Pantai Luaha, Kota Gunung Sitoli Kamis (24/11/2016) kemarin.

Bupati Simalungun JR Saragih menyatakan, pihaknya mengaprsiasi kepada Wali Kota Gunungsitoli, Pulau Nias, yang dianggapnya telah mampu melestarikan budaya lintas suku dan etnis. Dengan budayalah ada rasa keterikatan persaudaraan. “Suku dan Agama boleh beda. Akan tetapi siapa pun yang menjunjung tinggi budaya berarti menghormati leluhur pendahulunya,” ungkap JR Saragih.

Dijelaskan pula oleh mantan Prajurit TNI ini, baik Kabupaten Simalungun maupun Kota Gunungsitoli dalam konteks ini memiliki kesamaan yaitu memajukan pariwisata. Kabupaten Simalungun misalnya memiliki Danau Toba yang sedang dikembangkan dan dilakukan percepatan sebagai salah satu dari 10 destinasi unggulan baru setelah Bali.

“Oleh karena memiliki semangat yang sama dalam menggerakan pariwisata dan kita ingin kerjasama dengan Nias maka saya hadir dalam event pesta Ya’ahowu ini untuk membicarakan bentuk kerjasamanya,” tambah Bupati Simalungun usai menyaksikan rangkaian event Pesta Ya’ahowu.

Sementara itu, Lakhomizaro Zebua, Wali Kota Gunungsitoli, Pulau Nias menyatakan, pihaknya memang sedang mengembangkan wilayahnya sebagaimana yang telah diarahkan oleh Presiden RI. Salah satunya yang akan dikembangkan dalam rangka memajukan pulau ini adalah melalui pariwisata.

Ditambahkan oleh Wali Kota Gunungsitoli, kegiatan pariwisata yang sedang dikembangkan salah satunya adalah melalui seni budaya. “Pemerintah Kota Gunung Sitoli berkomitmen dengan pemerintah kabupaten lain yang ada di seluruh pulau untuk mengembangkan pariwisata,”jelasnya. (lud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.