Lagi, Mie Berformalin Diamankan dari Siantar

0
81

SIMANTAB.COM, Pematangsiantar – Sebanyak 1,5 ton serta sejumlah bahan campuran seperti formalin, boraks dan beberapa unit mesin pembuatan mie kuning diamankan Balai Besar Pengawas Obat dan makanan medan yang berkerja sama dengan Korwas dari polda sumut.

Penangkapan terhadap usaha home industri  mie  yang diduga mengandung formalin dan boraks ini dilakukan di tiga lokasi terpisah, yakni dilokasi tanah jawa kabupaten simalungun dan dua lokasi dikota pematangsiantar pada Rabu,(6/9/2017) .

Menurut kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Dr. Yunus Caramento Tarigan.Apt mengatakan, penangkapan terhadap home industri pembuatan mie berformalin dilakukan berdasarkan informasi masyarakat, sehingga pihaknya  BPOM Medan bersama korwas polda langsung melakukan penyelidikan dan pengamanan di TKP.

Sedikitnya 1,5 ton mie yang diduga mengandung formalin, 5 liter dan serbuk  boraks, dan 6 unit mesin produksi mie kuning diamankan Tim.

” Kita mengamankan mie yang diduga mengandung formalin dan boraks dari tiga lokasi yang berbeda. Satu di tanah jawa, dan dua lagi di Siantar, dari hasil peneylidikan dan penangkapan kita mengamankan mie kurang lebih sebanyak 1,5 ton bersama 6 alat produksi serta 5 liter formalin dan tepung boraks, selanjutnya kepada para pemilik home industri ini masih kita lakukan pemeriksaan” kata Dr. Yunus.

Selanjutnya kepada pemilik home industri mie, akan dijerat dengan undang undang no. 12 tentang pangan dengan sanksi pidana 2 tahun penjara dan denda  sebesar 4 milyar dan undang undang no 8. Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan pidanan penjara 5tahun serta denda sebesar 2 milyar. (TS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.