Lapas Siantar Rayakan HUT HDKD Kemenkumham ke- 72

0
255

SIMANTAB.COM, Simalungun – Lapas Klas II A Pematangsiantar yang berada di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, melaksanaan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Karyadhika (HDKD) Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham), Senin (30/10/2017) di dalam Lapas.

Dalam pelaksanaan upacara peringatan HDKD yang ke-72 Tahun 2017 itu, Lapas Klas II A Pematangsiantar melaksanakan berbagai kegiatan seperti upacara dengan mengenakan pakaian adat, dan acara hiburan. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh pegawai dari Imigrasi Pematangsiantar, Lapas Narkotika Raya, yang juga turut memeriahkan acara ulang tahun tersebut.

Dengan Tema Kerja Bersama, Kami PASTI melayani (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, Inovatif), Kalapas Siantar M Sukardi Sianturi yang membacakan pidato dari Yasonna Laoly Mentri Menkumham, menyatakan bahwa kepada unit pelayanan teknis Pemasyarakatan, Rumah Tahanan (Rutan), Lembaga Penempatan Anak Sementara (LPAS), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Balai Pemasyarakatan (Bapas) perlu untuk membuat wadah perpustakaan atau ruang tulisan dan bacaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), sehingga mereka dapat berekspresi atau menyalurkan ” keluh kesah ” nya walau dalam keterbatasan, kata Yasonna, di dalam amanat yang dibacakan.

Masih didalam amanat Yasona Laoly, Kemenkumham telah menjalin kerjasama melalui nota kesepahaman dengan perpustakaan Nasional RI, Kompas Gramedia, PT Pos Indonesia ( Persero) , Pustaka Bergerak, Forum lingkar Pena tentang Peningkatan budaya membaca dan menulis bagi tahanan, anak, Narapidana dan klien Pemasyarakatan.

Kalapas Klas II A Pematangsiantar, M Sukardi Sianturi mengatakan dalam hal membangun minat baca, pihaknya juga akan memanfaatkan selurug pegawai Lapas Klas II A agar berpartisipasi meningkatkan perpustakaan yang ada di dalam Lapas. “Kita akan minta kepada seluruh pegawai agar bersedia menyumbangkan buku ke perpustakaan kita, yang nantinya antar pegawai bisa membaca dan mau menulis,” ungkapnya didampingi KPLP Lapas Klas II A Pematangsiantar saat sesi wawancara.

Selain itu, Kalapas juga akan memperbaiki fasilitas yang ada di perpustakaan agar nantinya para pembaca dapat membaca dengan nyaman dan juga pihaknya akan memberikan fasilitas bagi siapa saja yang ingin menulis. “Nanti kita akan perbaiki fasilitas yang ada di dalam perpustakaan, selain itu nanti kita akan pindahkan perpustakaan agar warga binaan mudah untuk mengakses buku-buku yang ada di perpustakaan itu,” jelasnya.

Terkait pengawasan, pihaknya juga terus berupaya untuk melakukan pembenahan salah satunya dengan memasang CCTV. “Proses pengamanan saat ini lapas melakukan tiga prosedur pemeriksaan. Mulai dari pintu masuk, hingga ke dalam ruang tamu yang dilengkapi setiap sudutnya dengan perlengkapan kamera CCTV,” ujar Kalapas. (Lud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.