Lebih dari 20 ribu Guru SMA dan SMK Akan Diambil Alih Pemprov Sumut

0
145

SIMANTAB.COM, Medan – Pemprov Sumut mendapat limpahan 20 ribuan PNS lebih. Jumlah PNS sebanyak itu terdiri guru dan tenaga administrasi 600 SMA/SMK dari 33 kabupaten/kota.

“Para PNS ini dialihkan statusnya ke Pemprov Sumut mulai 1 Januari 2017 sesuai amanat UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemeritahan Daerah,” kata Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi, Senin (11/7/2016) sebagaimana dilansir medansatu.com.

Tengku Erry mengatakan, pengalihan urusan tersebut merupakan pekerjaan berat yang butuh perhatian. Menurutnya, Pemprov Sumut harus segera menyikapi aturan dan berkembang dari implementasi UU No. 23 tahun 2014 yang menimbulkan banyak perubahan signifikan terkait kewenangan pemerintah kabupaten/kota yang ditarik ke pemerintah provinsi.

UU ini mengamanahkan peralihan beberapa urusan di antaranya urusan pendidikan SMA dan SMK dialihkan menjadi urusan pemerintah provinsi. “Ini perlu perhatian serius. Kita harus satu persepsi, jangan ada hal yang terlupakan terkait pengalihannya,” imbuhnya.

Dia mengingatkan Dinas Pendidikan untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan SKPD terkait, juga dengan 33 kabupaten/kota.

“Saya mohon perhatian. Saya merasa ini sangat penting, Perlu koordinasi dan sinkronisasi dengan Bappeda, Biro keuangan, Biro Perlengkapan dan Aset, BKD dan lai-lain. Ini harus benar-benar masuk Renja (Rencana Kerja) 2017, hingga tidak ada lagi yang tertinggal. Berapa ASN (PNS) yang masuk dan penganggaran hak-hak sebagai ASN perlu diperhitungkan,” tandasnya (SN-07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.