Maret, Musrenbang Pemkab Simalungun Rampung Dilaksanakan

0
269

SIMANTAB.COM, Simalungun – Dijadwalkan pertengahan Maret 2017 pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kabupaten Simalungun sudah harus selesai disusun dan diserahkan kepada Provinsi Sumatera Utara untuk dapat diselaraskan dengan program pembangunan melalui Musrenbang tingkat provinsi.

Ini dikatakan oleh Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Simalungun, Sari Muda Purba, melalui sekertarisnya, Eva Tambunan, Kamis (09/02/2017). Dijelaskan olehnya, saat ini tahapan jadwal pelaksanaan Musrenbang tahun 2017, masih sampai tingkat kecamatan.

Pelaksanaan Musrenbang kecamatan itu dilaksanakan berdasar dari usulan rencana pembangunan pemerintah nagori (desa). Setelah usai Musrembang pada tingkat kecamatan, maka dilanjutkan musyawarah tingkat kabupaten.

Selanjutnya setelah selesai tahapan, maka pihak esekutif (pemerintah) melalui tim kuasa anggaran membentuk Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Rencana Kebijakan Umum Anggaran (KUA) – Plapon Pengerjaan Anggaran Sementara (PPAS). ” Tidak semua hasil usulan pembangunan yang telah diberikan dapat langsung dilaksanakan pembangunannya. Ada penyaringan yang dilihat dari tingkat kebutuhan, anggaran, dan keselarasan dari rencana kerja pembangunan daerah, ” ujar Eva.

Dilanjutkan olehnya, setelah adanya rencana KUA – PPAS maka diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Simalungun untuk dapat dilakukan pembahasan bersama antara pihak eksekutif dengan Badan Anggaran (Banggar) yang telah dibentuk oleh DPRD (Legeslatif).

” Setekah dilakukan pembahasan dan penjaringan, hasil rapat anggaran bersama eksekutif dan legeslatif tersebutlah menjadi dasar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang nantinya dapat di sahkan melalui sidang Paripurna dan kemudian dieksaminasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, ” ujar dirinya.

Dijelaskannya kembali, hingga minggu ini dari 31 kecamatan se kabupaten Simalungun, baru 5 kecamatan yang telah melaksanakan. Yaitu, kecamatan Siantar, kecamatan Bosar Maligas, kecamatan Silau Kahean, kecamatan Raya Kahean, dan kecamatan Ujung Padang. Sementara untuk yang lainnya dilaksanakan pekan depan secara bertahap.

Kalau mengenai pemamfaatan anggaran dana desa yang terkucur, pembangunan juga berdasar dari hasil penyusunan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) desa. Untuk prioritas pemamfaatan tahun ini pada insfrastruktur sebesar 75%. ” Pelaksanaan anggaran dana desa akan dilakukan serentak pada 386 nagori dikabupaten Simalungun. Rencananga pada bulan April mendatang, ” pungkasnya. (Die)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.