Melalui Wasbang, Dandim 0209/LB Persiapkan Pelajar Hadapi Proxi War

0
155

SIMANTAB. COM, Labuhanbatu –Dandim 0209/LB Letkol. CZi Denden Sumarlin SE, gelar pembinaan Wawasan Kebangsaan (wasbang) kepada pelajar di SMU Negeri 1 Kecamatan Rantau Utara, Labuhanbatu, Senin (16/4/2018).

Kegiatan itu di lakukan, sebagai upaya TNI untuk memberikan edukasi terhadap pelajar, dalam membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter, berwawasan kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat Ke Bhineka Tunggal Ikaan, dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Diera Globalisasi ini, kita tidak menghadapi perang Konfensional, yaitu perang terbuka yang memakai senjata untuk membunuh dan dibunuh. Tetapi, yang kita hadapi sekarang ini adalah (Proxy War) adalah perang ketika lawan kekuatan menggunakan pihak ketiga sebagai pengganti berkelahi satu sama lain secara langsung” terang Dandim.

Realisasi wasbang ini pula, jelas Dandim, di harapkan menyasar kepada pemuda sebagai penerus perjuangan generasi terdahulu, untuk menjadi Indonesia Emas 2045. Maka dari itu, di pesankan kepada seluruh pelajar untuk menjauhi Narkoba, yang dapat merusak generasi penerus Bangsa.

“itu harapan kita semua, dan jadilah pelajar yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa,” sebut Dandim.

Di samping itu, imbuh Denden, Kekurangan yang kita miliki saat ini bukan merupakan suatu penghalang atau rintangan untuk menjadi sukses. Contohnya para atlit lompat galah yang hanya memiliki satu kaki namun bisa menjadi Juara. Juga, atlit renang yang tidak memiliki tangan tapi bisa menjadi juara, dan masih banyak lagi contoh lain, dan semoga ini dapat memotivasi kita untuk tambah bersemangat.

“Apakah pemuda sudah siap untuk menjadikan Indonesia Emas 2045? jawabannya ada di tangan kita semua. Belajarlah sungguh-sungguh, semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rahmat dan hidayahnya kepada kita, Amin,” tutup Dandim.

Dalam kesempatannya, Kepala Sekolah SMU N 1 Rantau Utara, Drs. Jaliluddin Harahap SPd, mewakili para guru dan siswa SMU N 1 Rantau Utara, mengucapkan ribuan terimakasih kepada Dandim 0209/LB yang telah membekali siswa SMU N 1 Rantau Utara dengan Wawasan Kebangsaan.

“Perlu di ketahui Bapak Dandim, bahwa SMU N 1 Rantau Utara ini berada di lingkungan Kodim 0209/LB, dan semoga apa yang telah di sampaikan oleh Bapak, dapat menjadi bekal dan dasar pondasi untuk menjadikan pelajar sebagai pemuda yang handal, ulet dan tangguh dalam hal mencapai Indonesia Emas 2045,” ucap Kepsek.

Tampak hadir, Ka UPT Dinas Pendidikan Provsu, Drs Khairul Akbar Tanjung, para guru Se SMU N 1 Rantau Utara, personil Kodim 0209/LB, serta 150-an pelajar di SMU setempat.(Abi). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.