Maksimalkan Festival Danau Toba, Nikson Nginap di Desa Terpencil

0
223

SIMANTAB.COM, Taput – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi instansi terkait Kunjungi Pulau Sibandang dan Dermaga Muara dalam rangka mengecek persiapan Festival Danau Toba Tahun 2016 Tapanuli Utara sebagai tuan rumah dan bertemu langsung dengan masyarakat dalam sebuah kebersamaan yang indah, dihibur dengan pagelaran seni yang menampilkan opera dan mossak si marhoda-hoda oleh Karang Taruna yang dipusatkan di Desa Papande Kecamatan Muara. Bupati Taput berangkat pada hari Minggu (28/08) ke Pulau Sibandang dan kembali menggelar pertemuan dengan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Muara di Dermaga Muara, Senin (29/08).

Rapat bisa dilakukan dimana saja
Rapat bisa dilakukan dimana saja

Hari pertama, Minggu (27/08) Rombongan Bupati Taput pukul 15.30 wib menuju Dermaga Muara dengan menggunakan sepeda motor dan menyebrang ke Pulau Sibandang dengan menggunakan kapal Ferry dan sesampai di Pulau Sibandang langsung mengitari beberapa desa menggunakan kendaraan roda dua, menyapa masyarakat dan langsung menaburkan bibit ikan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Tapanuli Utara di Danau Toba.

Selanjutnya pada malam hari, pukul 19.00 wib, kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan dengan seluruh masyarakat yang dipusatkan di Papande. Di sana masyarakat menyampaikan segala permohonan dan berlangsung diskusi yang hangat dengan beberapa kepala desa. Pada saat itu, masyarakat dan Karang Taruna menyajikan pagelaran seni yang mampu melestarikan budaya yang selama ini telah hilang dan hampir punah. Pertemuan berakhir dengan sebuah kebersamaan yang melekat di hati dan dilanjutkan dengan menikmati api unggun di tepi pantai dan diakhiri dengan beristirahat melewatkan malam bagi Bupati dan rombongan di rumah-rumah penduduk.

Bupati Taput Menyaksikan Pagelaran Tari - Tarian
Bupati Taput Menyaksikan Pagelaran Tari – Tarian

“Saya ingin mengecek secara langsung kesiapan Kecamatan Muara dalam menghadapi pagelaran Festival Danau Toba Tahun 2016. Saya langsung turun ke Pulau Sibandang dan menginap disana untuk melihat dan merasakan apa yang diinginkan pengunjung dan wisatawan nantinya untuk dilengkapi di Pulau Sibandang. Jalan ringroad Pulau Sibandang saya kelilingi langsung dan akan segera kita benahi semua. Masalah air bersih juga segera kita tindak lanjuti. Semua persiapan harus saya cek satu persatu,” ujar Bupati mengawali.

Mengecek langsung Persiapan festival Danau Toba
Mengecek langsung persiapan festival Danau Toba

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa kehadiran Pemimpin Taput di Pulau Sibandang menunjukkan antusiasme yang tinggi. “Masyarakat sangat antusias dengan menyajikan pagelaran seni budaya yang sangat kaya akan budaya adat Batak Toba, mulai dari tortor siswa/I tingkat SD sampai SMA, tortor lansia, opera Karang Tarutung dengan judul si Boru Tumbaga dan juga tari mossak si Marhoda-hoda. Budaya yang selama ini sudah mulai hilang dari sajian pagelaran seni budaya batak dapat kita nikmati kembali disana. Kebersamaan yang indah dan menyenangkan dan diakhiri dengan api unggun bersama,” ujar Bupati mengakhiri.

“Pulau Sibandang adalah sebuah pulau kecil yang kita miliki, dengan keindahan alam yang sangat luar biasa dan pepohonan yang rindang dan menghijau, pohon mangga yang terkenal dari Pulau Sibandang semakin menambah daya tarik yang indah dan menyejukkan. Ini akan kita poles dan maksimalkan sebagai tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun internasional,” ujar Bupati mengakhiri.

Pada hari kedua pukul 09.00 wib, Bupati dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Muara dengan menyebrang kembali menggunakan kapal Ferry dan tiba di Dermaga Muara dan Bupati langsung memimpin rapat dengan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Muara, aparat dengan dan seluruh staf Kantor Camat Muara. Bupati Taput didampingi Kadis Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara menyampaikan paparan tentang pagelaran Festival Danau Toba dan menerima masukan dari seluruh Kepala Desa dan aparat desa yang hadir. Rapat berlangsung dengan diskusi yang hangat dan saling melengkapi untuk kesiapan festival Danau Toba Tahun 2016.

Bupati pulang ke Tarutung
Bupati pulang ke Tarutung

Pukul 14.00 Wib Bupati dan rombongan kembali melanjutkan perjalanan pulang menuju Kota Tarutung, ibukota Kabupaten Tapanuli Utara dengan membawa harapan Festival Danau Toba akan berjalan dengan lancar dan sukses dan Kota Muara menjadi kota yang ada di hati semua orang, menjadi tujuan wisata yang digemari wisatawan lokal dan internasional. Majulah Kabupaten Tapanuli Utara. (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.