Nahkoda dan ABK Tinggalkan Kapal yang Angkut TKI

0
239

SIMANTAB.COM, Belawan – Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tampangan melalui Kepala Dinas Penerangan ( Kadispen ) Lantamal I Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga mengatakan ” Pasintel Lanal Tba mendapatkan info dari masyarakat bahwa akan masuk TKI ilegal dari Malaysia dengan tujuan Tanjung Balai Asahan.

Mendapat kabar tersebut Pasintel selanjutnya langsung berkoordinasi dengan Pasops yang selanjutnya mengerahkan unsur Patkamla SSG II-1-47 melaksanakan anak Jarkaplid.

Yang terjadi pada hari jumat 27 Jan 2017 pkl 03.30 WIB Patkamla SSG langsung bertolak dari Poskamla Bagan Asahan menuju arah target melaksanakan patroli terbatas.
Dan tepat arah kompas TW.0127.0710 WIB posisi 02 55 145 U -100 08 390 T (perairan Tg. Siapi Api Asahan) telah dilaksanakan penangkapan sebuah kapal kayu dengan nama KM.Berkah yang sedang lego jangkar ditengah.

Dari Hasil pemeriksaan yang didapat penumpang TKI ilegal dari Malaysia tujuan Tba ini ada berjumlah 60 orang yang terdiri dari 48 orang laki-laki dan termasuk 1 balita yang masih berumur 8 bulan dan wanita 12 orang,dan Nakhoda beserta Abk tidak ditemukan.

Menurut keterangan dari penumpang TKI, nakhoda dan ABK telah meninggalkan kapal tersebut pada pukul 01.00 WIB dengan alasan mencari BBM,setelah dicek BBM ternyata benar kosong.

Selanjutnya kapal tersebut saat ini digandeng menuju Tanjung Balai Asahan guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.tandas ” Kadispen Mayor Laut Sahala Sinaga. (Die)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.